download tertunda google playstore
Photo by Mika Baumeister on Unsplash
in ,

Cara Mengatasi Download Tertunda di Google PlayStore

Cara Mengatasi Download Tertunda di Google PlayStore — Google Play Store atau Playstore, merupakan sebuah layanan yang menjadi tempat untuk men-download berbagai aplikasi yang dibutuhkan untuk sistem android. Walaupun terbilang canggih, bukan berarti layanan ini tidak memiliki masalah. Salah satu masalah yang umum  terjadi pada Google Play Store adalah download tertunda. Hal ini tentu membuat kamu menjadi bingung serta kesal. Namun tenang saja, karena LiteTekno akan membahasnya.

Penyebab Terjadinya Download Tertunda di Google PlayStore

Apa sih menjadi penyebab masalah ini terjadi? Permasalahan ini memang tidak bisa ditebak kapan datangnya. Namun, jika di teliti lebih lanjut ada beberapa penyebab download tertunda di PlayStore yang kemungkinan besar kamu alami.

  1. Koneksi internet tidak lancar: Tentu koneksi internet yang bermasalah menghambat proses pengunduhan di PlayStore. Oleh karena itu kamu pastikan koneksi internet dalam keadaan baik.
  2. Ada aplikasi lain yang sedang di-Download: Sebenarnya Google PlayStore sering melakukan update secara otomatis untuk aplikasi lain. Ini yang menjadi permasalahan Google PlayStore menunggu download artinya aplikasi yang ingin kamu download sedang masuk dalam antrian. Jadi pastikan tidak ada aplikasi yang sedang update secara otomatis.
  3. Memori internal tidak cukup: Hal ini juga dapat menjadi penyebab terjadinya download Jika Smartphone Android kamu punya spesifikasi yang terbatas dan memori internal yang tidak cukup, masalah download tertunda di PlayStore bisa saja terjadi.

Itulah beberapa penyebab terjadinya download tertunda pada Google PlayStore. Nah setelah mengetahui apa penyebabnya tentu perlu tau juga bagaimana cara mengatasinya. Bagi yang belum tau caranya mari simak dibawah ini.

Cara Mengatasi Download Tertunda di PlayStore

Setelah kamu tahu beberapa penyebab Download tertunda pada Google PlayStore, sekarang kita bakal ulas secara lengkap mengenai cara mengatasi download tertunda di PlayStore.

1. Ubah Pengaturan Download dengan Koneksi WiFi

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengubah pengaturan download. Kadang-kadang masalah utama dari proses pengunduhan di PlayStore adalah karena Koneksi Internet yang kurang memadai. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa mencoba metode beralih ke mode jaringan.

2. Bersihkan Cache Layanan PlayStore

Apa itu Cache? Secara gampangnya, Cache adalah file sampah yang dapat kamu hapus dengan mengikuti beberapa langkah mudah berikut.

  • Pergi ke menu Settings dan pilih Apps untuk melihat semua aplikasi pada Smartphone Android kamu.
  • Lalu, cari aplikasi Google PlayStore. Di sini kamu tinggal pilih Penyimpanan.
  • Dan yang terakhir, Kamu bisa menghapus Cache dan data dengan pilihan Hapus Data atau Hapus Memori pada aplikasi Play Store.

3. Update PlayStore Versi Terbaru

Beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk Update PlayStore terbaru.

  • Untuk melakukan Update aplikasi PlayStore, kamu cukup akses Ikon Hamburger yang di pojok kiri atas.
  • Lalu, tinggal pilih menu Setelan dan geser layar ke bawah sampai menemukan Versi PlayStore
  • Untuk Update, kamu tinggal Ketuk beberapa kali bagian versi PlayStore hingga muncul pilihan Update.
  • Selanjutnya kamu tinggal melakukan Update dan tunggu hingga proses update selesai.

4. Periksa Kapasitas Memori Internal Android

Ada pun kalau ada masalah download tertunda di PlayStore, kemungkinan juga karena memori internal sudah terlalu penuh. Di sini kamu bisa juga melakukan berbagai cara, misalnya menghapus sampah supaya “melegakan” ruang memori internal di android.

Nah, itulah dia mengenai penyebab dan cara mengatasi Download tertunda di PlayStore yang bisa kamu ikuti untuk menyelesaikan permasalahannya. Temukan artikel menarik lainnya di LiteTekno. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0