baterai laptop
Photo by Panos Sakalakis on Unsplash
in

Cara Menangani Baterai Laptop Cepat Habis [Mudah]

Cara Menangani Baterai Laptop Cepat Habis — Dibalik kepraktisan dan keefisienannya, Laptop juga memiliki beberapa kelemahan. Salah satu diantaranya adalah cepat habisnya baterai.

Hal tersebut sangat merepotkan. Misalnya ketika kamu mengerjakan tugas di luar, lalu tiba-tiba baterai habis, dan lupa membawa charger, hal itu akan mempersulit pekerjaan.

Apalagi jika pekerjaanmu belum tersimpan. Tentu ini akan menjadi masalah yang serius jika harus mengerjakannya lagi dari awal. Penyebanya karena laptopmu mati ketika kehabisan baterai. Namun tidak perlu khawatir, kali ini LiteTekno akan membahas Cara Menangani Baterai Laptop Cepat Habis.

Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis

Ada beberapa penyebab yang membuat baterai laptop cepat habis, diantaranya:

  • Pemakaian laptop yang tidak wajar.
  • Men charger ketika daya baterai laptop masih banyak.
  • Tegangan daya yang masuk kurang stabil.
  • Umur dari baterai yang sudah tua.
  • Kurang terawat, seperti debu yang tidak dibersihkan secara berkala.

Masalah di atas kerap dianggap sepele oleh sebagaian orang. Padahal jika dilakukan terus menerus, tentu akan menghasilkan efek yang tidak baik untuk kesehatan laptop.

Cara Menangani Baterai Laptop Cepat Habis

Lalu, bagaimana tips dan trik untuk kamu yang sudah terlanjur mengalami permasalahannya? Yuk kita simak cara mudah menangani baterai laptop yang cepat habis.

1. Mengaktifkan Fitur Power Saver

Caranya cukup mudah dan simple.

  • Klik kanan pada ikon baterai di laptop kamu.
  • Pilih menu Power Options.
  • Di sebelah kiri layar, pilih menu Create a Power Plan.
  • Lalu aktifkan Mode Power Saver.

2. Memperhatikan Tempat Sebelum Mulai Digunakan

Tak banyak yang tahu jika kesalahan tempat ketika menggunakan laptop juga berpengaruh lho. Pasalnya jika digunakan di tempat dengan alas yang empuk seperti bantal atau kasur, ternyata akan membeuat sirkulasi udara pada laptop tersendat oleh benda-benda tersebut. Sehingga akan lebih cepat panas dan baterai cenderung akan mudah habis.

3. Rajin Membersihkan Debu Yang Menempel

Seperti hal nya badan kita yang setiap hari harus dibersihkan, laptop pun memiliki sifat yang sama. Banyak debu yang sering menempel di sudut-sudut bagian dari laptop. Yang menjadi persoalannya, jika banyak debu yang menempel karena tidak dibersihkan, ini akan membuat tersumbatnya  sirkulasi udara panas yang keluar, sehingga baterai akan cepat habis.

4. Mengatur Kecerahan layar

Kecerahan yang tinggi ternyata akan menguras sekali daya pada baterai. Aturlah kecerahan sesuai kebutuhan. Sebisa mungkin jangan terlalu tinggi. Karena tidak baik untuk mata dan kekuatan baterai  itu sendiri. Namun, bukan berarti tidak boleh meningkatkan kecerahannya ya. Tetapi disarankan untuk lebih mengaturnya dengan baik.

5. Jangan Paksa Untuk Dipakai Ketika Baterai Sudah Benar-benar Habis

Pastikan untuk selalu mengecek isi dari baterai. Jangan mengabaikannya hingga benar-benar habis apalagi sampai membuatnya mati seketika. Itu sangat tidak baik untuk kesehatannya dan berpengaruh bagi umur baterainya sendiri. Maka dari itu, lengkapi alat-alat pendukung laptop seperti charger dengan lebih teliti supaya ketika di luar tidak terjadi kehabisan daya sampai 0%.

Demikianlah beberapa penyebab dan kiat-kiat seputar baterai laptop. Mulai sekarang rajin-rajinlah untuk merawatnya secara berkala supaya umur baterai lebih panjang dan kemungkinan untuk rusak yang lebih kecil. Semoga bermanfaat.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0