Cara Mempercepat Koneksi Internet Modem
in

Cara Mempercepat Koneksi Internet Modem yang Jarang Orang Tahu

Problematika kehidupan di zaman ini semakin bertambah. Dulu masalah yang sangat berat hanya sebatas pangan, sandang, dan papan. Namun kali ini masalah internet dan koneksinya juga menjadi masalah yang sangat berat. Apalagi semua sinyal WIFI menggunakan modem. Cara mempercepat koneksi internet modem menjadi sesuatu yang paling dicari-cari. Apalagi mereka para pengguna WIFI.

Pemasangan Wifi di rumah menjadi alasan paling besar orang mencaritahu cara mempercepat koneksi internet tersebut. Ketika pertama kali memasang Wifi biasanya koneksi internetnya stabil dan malah tergolong cepat. Namun beberapa bulan kemudian, koneksi internet menjadi tidak stabil dan bahkan mengerikannya dapat menurun dratis. Internet menjadi sangat lemot dan sulit digunakan.

Koneksi Internet Lemot dan Penggunanya

Ada beberapa faktor yang mengakibatkan koneksi internet lemot. Cuaca di sekitar rumah biasanya kerap mempengaruhi mengapa koneksi internet menjadi sangat lemot. Belum lagi anggota rumah yang memakainya melebihi kapasitas. Itu juga bisa membuat koneksi internet lemot. Selain itu ada pula faktor lainnya yakni mendekati akhir bulan atau pembayaran Wifi. Biasanya koneksi akan sangat lemot.

Permainan Provider

Permainan provider juga kerap membuat kamu dan yang lainnya menggelengkan kepala. Internet yang di awal pemasangan memiliki koneksi dan kecepatan internet yang stabil, entah kenapa di beberapa bulan berikutnya, koneksi menjadi buruk dan lemot. Bahkan ada yang hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi WhatsApp saja.

Hal itu merupakan strategi marketing dari mereka agar pelanggan berganti paket menjadi paket yang jauh lebih mahal. Meskipun Mpbs-nya sesuai dengan yang tertera, tetap saja ketika dicek Mpbs-nya akan kurang dari hal itu.

Karena kalau tidak begitu, provider akan mengalami kerugian. Paket lain yang jauh lebih mahal dan memiliki Mpbs yang jauh lebih tinggi akan kalah saing dengan paket yang memiliki harga murah karena koneksi internetnya terus stabil. Pelanggan pun juga akan tetap memilih yang murah. Karena buat apa yang mahal kalau yang murah saja sudah bagus.

Untuk menghindarkan dari kerugian, maka sudah bukan menjadi rahasia lagi apabila provider mempermainkan koneksi internet agar pelanggan berganti ke paket yang lebih mahal. Permainan ini sebenarnya bisa diakali dengan cara mempercepat koneksi internet modem dan Wifi. Cara manual ini bisa kamu coba di rumah atau di mana ada modem di situ.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Modem

Buat kamu yang terus-menerus merasa kesal karena tidak stabilnya koneksi internet modem Wifi atau modem laptop, tenang karena ada solusi untuk itu semua. Kamu hanya tinggal mencobanya dan dijamin cara ini cara yang paling jitu untuk mempercepat koneksi internet yang sudah mulai lelet.

Ada beberapa cara yang bisa kamu tempuh. Jika cara yang pertama masih belum berhasil kamu perlu cara yang kedua sampai kamu menemukan cara yang tepat untuk bisa mempercepat koneksi internet yang kian hari kian lelet.

Karena apa dengan mencoba cara ini kamu tidak melakukan hal yang sia-sia. Ketimbang kamu mengumpat dan memprotes provider berkali-kali dan hanya ditanggapi dengan ramah tanpa ada tindakan sedikit pun, lebih baik mencoba cara ini.

Siapa tahu dengan cara ini kamu bisa mempercepat koneksi internet sendiri tanpa menunggu provider yang hanya mengumbar janji. Nah berikut ini cara-caranya:

1. Merestart Router

Cara Mempercepat Koneksi Internet Modem

Router yang menyala kadang membutuhkan restar setiap dua hari sekali agar koneksi internetnya stabil. Karena kalau dihidupkan terus-menerus, Router tidak memprogram hal yang baru sehingga kemungkinan hasil koneksi internet yang dikeluarkan tidak sesuai dengan harapanmu.

Bagaimana caranya supaya Router mengeluarkan koneksi internet yang cepat lagi? Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Mencabut aliran listrik dari Router secara manual
  • Memasangkan kembali aliran listrik tersebut ke Router
  • Tunggu kurang lebih 1 menit sebelum dihidupkan kembali
  • Menghidupkan Router dengan menekan tombol power on/off
  • Atau bisa melalui browser yang sudah tersedia
  • Koneksi internet akan cepat seperti semula lagi setelah kamu berhasil menghidupkan Router kembali

2. Install Aplikasi Antivirus

Cara Mempercepat Koneksi Internet Modem

Virus yang ada di komputer juga merupakan sesuatu yang bisa menghambat kecepatan koneksi internet. Belum lagi adanya malware yang juga bisa menghambat. Untuk mengatasi kedua parasit pengganggu ini, kamu perlu memasang aplikasi Antivirus di kompet atau laptop yang sering kamu gunakan.

Selain itu ada hal yang mengerikan lagi apabila kamu tidak memasang aplikasi antivirus ini di komputer atau laptop yang kamu miliki. Data-data penting seperti data pribadi yang seharusnya tersimpan aman, bisa diambil atau diretas oleh virus-virus tersebut.

Makanya sangat dianjurkan komputer atau laptop yang dimiliki itu dipasang antivirus. Pilih salah satu yang menurutmu bagus dan tidak membuat komputer atau laptop lelet. Jika sudah data-data pentingmu akan terjaga dengan nyaman.

Lalu bagaimana caranya agar antivirus dapat mempercepat koneksi internet? Kamu tinggal menyimak dan menjalankan saja langkah-langkah berikut ini:

  • Unduh antivirus pilihanmu di internet
  • Pasang aplikasi tersebut di komputer atau laptop setelah berhasil diunduh
  • Apabila sudah terpasang, kamu tinggal tekan tombol bersihkan
  • Secara otomatis antivirus tersebut menghilangkan semua virus yang mengganggu koneksi internet dan folder-folder milikmu
  • Tunggu sampai proses pembersihan berakhir
  • Jika sudah rasakan perbedaannya, internetmu yang semula lelet menjadi lebih cepat dua kali lipat

Antivirus hanya bisa digunakan untuk menghapus virus-virus yang mengganggu kecepatan koneksi internet. Mereka bukan sinyal pencari koneksi internet agar lebih cepat. Jadi kalau kamu memiliki pikiran tersebut, sebaiknya kamu buang jauh-jauh.

3. Pasang Aplikasi Browser yang Aman

Cara Membuka Internet Positif di PC dengan Mudah

Aplikasi browser yang sering kamu gunakan untuk berselancar di internet juga bisa mempengaruhi kecepatan internet yang kamu akses. Karena aplikasi browser yang tidak aman akan membawa virus dan bisa ada beberapa bagian yang terblokir dan tidak terdeteksi.

Selain mengganggu koneksi internetmu, browser yang tidak aman bisa mengambil semua data-data atau riwayat pencarianmu selama berselancar di internet. Ada browser aman yang sampai saat ini kualitasnya tidak bisa diragukan lagi. yakni Google Chrome, UC Browser, Opera, Mozila Firefox.

Jika kamu ingin mengunduh film atau lagu, browser yang paling tepat kamu gunakan adalah UC Browser. Karena UC Browser sendiri dilengkapi dengan fitur mempercepat koneksi internet ketika mengunduh dan streaming film.

Lalu bagaimana cara agar kecepatan koneksi internet ketika mengunduh terasa lebih cepat saat menggunakan UC Browser? Berikut ini caranya:

  • Unduh UC Browser di halaman resminya di internet
  • Pasang UC Browser tersebut sampai prosesnya berhasil
  • Masuk dan ikuti langkahnya agar UC Browser bisa digunakan dengan baik
  • Tuliskan situs yang ingin kamu akses untuk mengunduh film
  • Jika tidak bisa, gunakan DuckDuckGo dengan cara menekan lambang Google
  • Download film tersebut dan nanti akan muncul pilihan untuk mempercepat koneksi
  • Tekan simbol roket yang menyimbolkan kecepatan internet
  • Selesai deh

Sebenarnya masalah kecepatan koneksi internet modem tidak hanya karena faktor internalnya saja. Melainkan ada faktor eksternal juga. Makanya cara mempercepat koneksi internet modem tidak hanya modemnya saja melainkan faktor eksternalnya saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.