cara memindahkan foto ke word
in ,

Cara Memindahkan Tulisan di Foto ke Word dengan Mudah Menggunakan OneNote

Pernah mendapatkan tugas yang mengharuskan untuk menyalin teks gambar menjadi suatu tulisan yang utuh? Hal seperti ini tentunya sudah sering terjadi pada beberapa orang. Teks berupa gambar ini biasanya merupakan hasil screenshot maupun foto. Permasalahan seperti inilah yang pada akhirnya membuat kebanyakan orang mencari cara memindahkan tulisan dari foto ke word.

Sebagian orang mungkin akan memilih untuk mengetiknya kembali supaya menjadi teks yang utuh. Namun, sebenarnya ada cara lain untuk menyalin tulisan di foto ke word yang lebih praktis, yaitu menggunakan aplikasi Microsoft OneNote. Simak ulasannya berikut ini:

1. Buka Aplikasi OneNote

Membuka aplikasi OneNote tentu saja menjadi langkah pertama yang harus dilakukan. Aplikasi ini bisa ditemukan pada icon yang telah tersedia di desktop. Bisa juga gunakan menu start dan temukan opsi Microsoft OneNote pada all programs. Aplikasi bawaan Microsoft inilah nantinya yang akan membantu untuk melakukan convert dari foto menjadi tulisan. Kelebihan melakukan convert menggunakan Onenote ini adalah mudah dan cepat, sehingga pengguna tidak memerlukan waktu yang lama.

2. Pilih Menu Insert

Apabila pengguna telah menemukan dan membuka aplikasi OneNote maka, selanjutnya adalah pilih gambar yang akan di convert menjadi tulisan. Gunakan menu insert yang ada pada toolbar menu atas. Menu ini nantinya akan mengarahkan pengguna pada jendela baru yang memuat banyak dokumen pada perangkat lunak. Silahkan pilih dimana letak penyimpanan foto yang akan diubah menjadi tulisan. Pengguna bisa lakukan klik menu open untuk menempatkan gambar atau foto ke dalam halaman Microsoft OneNote.

3. Pilih Menu Copy Text from Picture

Cara memindahkan tulisan dari foto ke word menggunakan Microsoft OneNote selanjutnya adalah melakukan copy text from picture. Pengguna bisa menemukan menu satu ini saat melakukan klik kanan pada foto yang telah di insert sebelumnya. Menu inilah yang nantinya bisa merubah foto menjadi tulisan. Menu copy pada umumnya  secara otomatis akan menyalin object dengan bentuk dan format yang sama seperti aslinya. Nah, copy text from picture ini memiliki perbedaan format dimana menu ini digunakan untuk merubah format teks gambar menjadi tulisan.

4. Paste di Tempat Kosong

Langkah selanjutnya setelah melakukan copy text from picture adalah lakukan paste di tempat kosong. Klik kanan pada menu ini nantinya akan memunculkan empat opsi  paste yang bisa dijadikan pilihan oleh pengguna. Keep source formatting, merge formatting, keep text only dan picture adalah pilihannya.

Pastikan untuk menggunakan paste option dan pilih keep text only saat melakukan paste. Hal ini dilakukan supaya nantinya teks gambar dapat diubah menjadi tulisan dan selanjutnya pengguna bisa mulai mengedit.

5. Mulai Edit Teks

Pengguna bisa mulai lakukan perubahan pada teks yang sebelumnya telah diubah dari gambar menjadi tulisan. Gambar yang telah diubah tersebut secara otomatis akan bisa di edit sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Teks ini bahkan juga bisa disalin ke Microsoft Word dengan mudah. Tentunya dengan menggunakan paste keep text only.

Nah, itulah tadi cara memindahkan tulisan di foto ke word menggunakan aplikasi Microsoft OneNote. Cara satu ini terbilang mudah dan lebih cepat dilakukan saat diharuskan untuk menuliskan kembali teks  gambar menjadi satu tulisan yang utuh. Pengaplikasiannya juga dapat dibilang cukup mudah dimana pengguna hanya perlu melakukan copy paste seperti biasanya.

Leave a Reply