cara memindahkan data fingerprint ke komputer
in

Cara Memindahkan Data Fingerprint ke Komputer dari Mesin Absensi

Saat ini banyak instansi yang menggunakan absen dengan memanfaatkan sidik jari atau fingerprint. Selain lebih praktis dan ramah lingkungan, cara ini juga dapat meminimalisir titip absen kepada rekan. Artikel ini akan menjelaskan tahap-tahap mudah cara memindahkan data fingerprint ke komputer dari mesin fingerprint scanner.

 Apa Itu fingerprint?

Fingerprint atau sidik jari adalah pola berbentuk garis berkelok yang berada pada setiap jari manusia. Para ahli menyatakan bahwa pola sidik jari yang dimiliki oleh semua orang tidak ada yang sama persis. Oleh karena itu, sidik jari dapat digunakan sebagai identitas manusia, karena berbeda antar satu dan yang lain.

Pola sidik jari yang dimiliki manusia tidak akan berubah dari manusia lahir hingga dewasa dan meninggal. Sidik jari adalah pola biometrik yang sangat unik, bahkan dari kedua puluh jari tangan dan kaki yang dimiliki seorang manusia tidak ada yang sama.

Pemanfaatan fingerprint pada teknologi

Setiap ruas pada sidik jari berisi pori-pori yang berisikan kelenjar keringat, oleh karena itu dapat meninggalkan bekas apabila bergesekan dengan benda padat. Oleh karena itu sidik jari banyak dimanfaatkan untuk teknologi keamanan, seperti pembuka kunci pintu, ponsel, dan laptop. Selain itu saat ini banyak pula instansi dan perusahaan yang memanfaatkan fingerprint untuk sistem absensi.

Pola sidik jari manusia yang unik dan tidak ada kesamaan pada semua manusia di bumi menjadikannya sebagai sumber identitas konkrit bagi seseorang. Hal ini mengilhami enginer untuk merancang alat yang dapat mengidentifikasikan identitas manusia dengan memanfaatkan sidik jari sebagai sesuatu yang tidak bisa ditiru dan direkayasa, salah satunya adalah mesin absensi.

Cara memindahkan data sidik jari ke Komputer

Sidik jari yang telah dipindai melalui fingerprint scanner dapat dipindah ke komputer yang dimiliki. Berikut adalah cara memindahkannya data sidik jari ke komputer.

  1. Yang pertama dan utama adalah pindai terlebih dahulu sidik jari yang dibutuhkan dengan menggunakan mesin pemindai.
  2. Langkah selanjutnya adalah unduh dan pasang aplikasi Attedance Management yang dapat ditemui di Google secara gratis.
  3. Setelah terpasang dengan sempurna, kemudian buka aplikasi tersebut.
  4. Sambungkan perangkat komputer dengan mesin finerprint scanner dengan menekan tombol connect.
  5. Jika aplikasi dan mesi telah tersambung, maka akan muncul tulisan connected.
  6. Langkah selanjutnya klik download user info and FP untuk mengunduh data, kemudian pilih all users.
  7. Klik users in device.
  8. Terlihat data semua pengguna yang telah melakukan pemindaian sidik jari.
  9. Jika data sidik jari belum juga terlihat, klik download dan tunggu hingga proses selesai.

Ketika proses unduh selesai maka bukan berarti proses pemindahan data juga berakhir begitu saja. Masih ada langkah lanjutan untuk memasukkan data ke perangkat komputer.

  1. Pilih menu data
  2. Klik Pengaturan USB
  3. Klik self service reader/colour version
  4. Tekan import data user
  5. Pilih import from U disk
  6. Proses pemindahan data berakhir.

Kelebihan dan Kelemahan

Seperti teknologi pada umumnya, penggunaan pemindaian sidik jari juga memiliki kelebihan dan kelemahan. Kelebihan yang dimiliki adalah otentik, orisinil, efisien, dan tidak bisa ditiru. Hanya orang yang sidik jarinya telah terdaftar sebelumnya yang dapat terpindai.

Di samping kelebihan, terdapat juga kelemahan, yaitu apabila jari terlalu berkeringat, bawah, atau kotor maka sidik jari akan sulit dipindai. Jari harus selalu dalam keadaan bersih dan kering agar sidik jari dapat dibaca oleh sistem.

Demikian adalah sekilas info mengenai sidik jari, pemanfaatannya, serta bagaimana cara memindahkan data fingerprint ke komputer. Kemajuan zaman, juga diimbangi dengan kemanjuan teknologi yang semakin hari semakin signifikan. Modernitas teknologi ini harus dimanfaatkan dan disikapi dengan bijaksana.

Leave a Reply

Your email address will not be published.