cara membuat tag youtube
in

Cara Membuat Tag Youtube Supaya Banyak Viewers

Dalam mengelola youtube, hal pertama agar video kita tampil di kolom pencarian youtube adalah dengan mengoptimalkan SEO pada setiap video kita. Untuk itulah kita perlu membuat tag di youtube agar bisa masuk ke halaman pertama pencarian video.

Sebelum itu, kamu harus mengenal dulu tentang SEO. SEO atau Search Engine Optimation adalah suatu upaya atau tindakan optimasi agar konten yang kita buat itu berada pada peringkat atas dari hasil penelusuran.

SEO tidak hanya diterapkan pada youtube saja, melainkan bisa diterapkan pada situs web atau blog. Namun kali ini kita akan berpacu pada youtube.

Dalam penerapan SEO di youtube, salah satu caranya adalah dengan menambahkan tag youtube pada video kita.

Cara Membuat Tag Youtube di Video

Tag youtube merupakan potongan kata kunci yang ditunjukkan dalam sebuah informasi tertentu. Salah satu fungsinya untuk menunjukkan keyword yang berhubungan dengan video, agar dapat ditemukan oleh mesin penelusuran youtube.

Oleh karena itu pemasangan video youtube sangatlah penting sekali. Selain dari judul, yang dapat terbaca oleh mesin penelusuran adalah tag.

Untuk memberikan tag pada setiap video yang di upload sangatlah mudah, berikut langkah-langkahnya.

  • Upload terlebih dahulu video kamu ke youtube
  • Kemudian isikan judul video dan lain-lain seperti biasa, dan jangan lupa isi juga deskripsi video
  • Kemudian di bagian paling bawah, nanti ada form berisi Tag yang perlu kamu isi berkaitan dengan video

Agar tidak ribet untuk mengisi satu-persatu dalam pengisian tag video youtube, ada cara untuk membuatnya otomatis dengan menggunakan tools. Tools ini gratis dan bisa dipakai secara bebas.

Ubersuggest

Ubersuggest merupakan website yang dapat mencari keyword secara otomatis. Dengan melakukan riiset keyword yang ingin digunakan, kamu bisa menyesuaikan dengan konten video yang akan kamu buat. Cara untuk melakukan risetnya sangatlah mudah.

  • Pertama masuk ke situs Ubersuggest.
  • Kemudian ketik keyword video yang telah kamu buat, misalkan di judul video “Tutorial membuat rumah“, maka kamu ketikkan dengan tutorial membuat rumah pada formnya.
  • Setelah pilih bahasa yang digunakan agar keyword bisa mencarinya dengan tepat.
  • Lalu setelah kamu klik Search, maka akan muncul beberapa keyword yang berhubungan dengan kata kunci yang kamu masukkan tadi.
  • Setelah ketemu keyword tersebut, selanjutnya kamu tinggal copy paste ke bagian Tag yang ada di youtube kamu.
  • Jangan lupa ketika memasukkan tag, setiap kata harus diberi tanda koma agar tag tersebut terisi masing-masing per kata.

Selain menggunakan tools Ubersuggest, kamu juga dapat mengambil tag milik kompetitor lain selama kamu mampu melawan kompetitor tersebut dengan konten yang telah kamu buat.

Caranya kamu tinggal ketikkan saja di youtube penelusuran dengan mengisi tema konten yang telah dibuat. Nanti akan muncul beberapa judul kompetitor dan kemudian kamu copy sebagian judulnya dan buatlah judul baru tetapi jangan sampai terlalu mirip dengan judul kompetitor yang telah kamu salin.

Ada pula cara lainnya agar tag lebih banyak, yaitu buka video konten youtube kompetitor lalu tekan CTRL+U untuk membuka View Page Source.

Setelah itu tekan CTRL+F dan ketik tag. Nanti akan muncul bagian script yang menunjukkan tag dengan tulisan berikut.

<meta property=”og:video:tag” content=”ISI TAG VIDEO”>

Kamu tinggal copy semua keyword yang ada di bagian content nya dan paste-kan pada tag youtube video kamu.

Begitulah beberapa cara membuat tag youtube agar video lebih sering dicari dan viewers menjadi bertambah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.