Cara Membuat Konten YouTube yang Menarik untuk Pemula
in

9 Cara Membuat Konten YouTube yang Menarik untuk Pemula

Cara membuat konten YouTube yang menarik untuk pemula kini menjadi sebuah topik yang banyak dicari. Wajar demikian, karena penghasilan dari YouTube tidak bisa dianggap remeh. Bahkan, kini banyak YouTuber andal yang menjadikan YouTube sebagai sumber penghasilan utamanya.

Namun, sebelum menjadi seseorang yang andal tentu mereka juga berawal dari pemula terlebih dahulu. Karena itu, tidak perlu berkecil hati jika Anda baru memiliki niat menjadi YouTuber sekarang. 

9 Trik dan Cara Membuat Konten YouTube yang Menarik untuk Pemula

Membuat konten yang menarik adalah senjata pamungkas yang harus dimiliki untuk menjadi seorang YouTuber andal. Karena itu, mari perhatikan beberapa trik dan cara membuat konten YouTube yang menarik untuk pemula di bawah ini.

1. Buat Konten yang Anda Kuasai

Cara Membuat Konten YouTube yang Menarik untuk Pemula

Trik pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat konten YouTube yang menarik ialah dengan ketahui terlebih dahulu apa yang Anda kuasai. Selanjutnya, Anda bisa membuat konten dari keterampilan tersebut. 

Misalnya, Anda memiliki keterampilan memasak. Maka, tidak ada salahnya jika Anda membuka channel YouTube yang berisi tentang berbagai resep masakan. Dengan membuat konten yang dikuasai, Anda bisa mendapatkan lebih banyak ide untuk membuat konten selanjutnya. 

Selain itu, Anda juga bisa membuat inovasi dari konten tersebut. Tujuannya agar berbeda dengan Youtuber lain yang memiliki tema channel yang sama dengan Anda. Selain itu, jika Anda memiliki keterampilan bermusik, Anda bisa membagikan tutorial atau free audio karaoke dari berbagai lagu yang sedang tren.

2. Pilih Target Penonton

Cara Membuat Konten YouTube yang Menarik untuk Pemula

Sama seperti menjalankan sebuah bisnis, Anda juga perlu memilih target saat menjadi Youtuber. Pasalnya, ada banyak kalangan penikmat YouTube dengan hobi yang berbeda. dengan menentukan target, Anda bisa mengetahui konten seperti apa yang mereka butuhkan.

Misalnya, Anda membuat target kalangan anak-anak. Maka, Anda bisa membuat konten YouTube berisi review mainan anak, konten gaming, kumpulan lagu-lagu anak, film anak-anak, dan masih banyak lagi. 

3. Libatkan Audiens

Cara Membuat Konten YouTube yang Menarik untuk Pemula

Cara membuat konten YouTube yang menarik untuk pemula berikutnya yaitu dengan melibatkan audiens dalam pembuatan konten. Maksudnya adalah Anda bisa bertanya pada mereka konten apalagi yang mereka inginkan. Ini juga bisa menjadi salah satu cara yang cukup ampuh untuk menjalin engagement dengan audiens.

Di akhir video, Anda bisa meminta audiens untuk memberikan feedback atas video yang baru mereka tonton. Disadari atau tidak, hal ini bisa memacu semangat kita untuk terus membuat konten yang lebih baik kedepannya.

Selain itu, dengan melibatkan penonton Anda juga bisa melakukan evaluasi pada beberapa video sebelumnya. Tentunya, ini akan berdampak positif pada konten-konten berikutnya agar bisa lebih menarik. Anda juga bisa mengandalkan trik ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) dari Youtuber lain. Meskipun begitu, hindari meniru konten tersebut secara plekketiplek.

4. Buat Deskripsi Video dengan Jelas

Cara Membuat Konten YouTube yang Menarik untuk Pemula

Banyak orang yang seringkali menganggap remeh deskripsi video pada channel YouTube-nya. Padahal ini merupakan salah satu cara membuat konten YouTube yang menarik untuk pemula. Melalui deskripsi tersebut, Anda bisa menjelaskan inti dan value yang ditawarkan dari video tersebut.

Dengan memberikan jabaran singkat, penonton biasanya akan lebih tertarik untuk menonton video tersebut. Misalnya, Anda akan membuat video review beberapa lip cream. Pada deskripsi video, Anda bisa menuliskan lip cream apa saja yang akan di-review

Jika audiens menemukan lip cream yang sedang mereka cari pada deskripsi tersebut, tentunya mereka akan lanjut menonton video konten tersebut hingga selesai. 

5. Buka Giveaway untuk Subscriber

Cara Membuat Konten YouTube yang Menarik untuk Pemula

Membuka giveaway untuk para subscriber bisa jadi salah satu cara paling jitu untuk membangun engagement bersama mereka. Selain itu, cara ini juga cukup ampun untuk meningkatkan jumlah subscriber yang Anda miliki. 

Mendengar kata giveaway saja, audiens akan langsung tertarik untuk berkunjung ke channel Anda. Jika konten-konten yang Anda sajikan sesuai dengan minat mereka, tentunya mereka tidak akan ragu untuk mengikuti channel YouTube Anda. Bukan hanya karena ingin memenangkan hadiah giveaway-nya saja.

Bisanya, selain meminta untuk subscribe channel, syarat lainnya untuk memenangkan giveaway tersebut ialah dengan like dan comment video tersebut. Cara ini juga cukup efektif untuk membuat video konten YouTube terkait terus naik dan menjangkau lebih banyak orang. 

6. Optimasi SEO

Cara Membuat Konten YouTube yang Menarik untuk Pemula

Banyak Youtuber pemula yang masih kurang memperhatikan optimasi SEO dari konten YouTube yang mereka buat. Padahal, ini merupakan salah satu upaya untuk membuat konten semakin banyak mendatangkan penonton. 

Optimasi bertujuan untuk membuat video yang Anda buat lebih mudah ditemukan oleh audiens, baik itu oleh subscriber ataupun bukan subscriber. Dengan begini, tentu jumlah viewers Anda akan terus naik setiap harinya. 

Strategi optimasi SEO YouTube ini merupakan rahasia para Youtuber andal untuk membuat konten mereka viral. Semakin banyak penonton yang mampir, maka akan semakin besar pula kemungkinan channel Anda akan dikenal orang.

7. Konsisten 

Cara Membuat Konten YouTube yang Menarik untuk Pemula

Salah satu kunci sukses dalam membangun YouTube dan membuat konten terlihat menarik di mata audiens ialah konsisten. Hal ini diungkapkan langsung oleh seorang Youtuber sukses di Indonesia, Atta Halilintar. Ia menyarankan agar kita selalu konsisten dalam membuat konten. 

Mikro-komitmen dibutuhkan sebagai bentuk keseriusan Anda dalam membangun channel YouTube yang bermanfaat bagi banyak orang. Dengan adanya mikro-komitmen, Anda akan merasa memiliki tanggung jawab agar selalu membuat konten video untuk channel YouTube yang sedang dibangun. 

8. Menerima Kritik dan Saran

Cara Membuat Konten YouTube yang Menarik untuk Pemula

Salah satu kesalahan yang sering terjadi ialah kita menutup diri dari kritik dan saran, padahal ini bisa menjadi salah satu bahan untuk mengembangkan konten agar lebih menarik. Melalui feedback ini, Anda bisa mengetahui konten seperti apa yang diminati dan disukai oleh penonton. 

Ketika penonton mencoba memberikan kritik dan saran, cobalah untuk terbuka dengan feedback tersebut. Sekalipun yang diberikan berupa hujatan atau kritik pedas, tidak ada salahnya Anda tetap mempertimbangkannya jika ada hal baik yang bisa diambil. 

Misalnya, konten yang Anda usung ialah review berbagai produk smartphone. Ketika ada orang yang memberikan masukan berupa kualitas video yang masih kurang, suara noisy yang masih banyak, cara review yang masih kurang oke, atau kritik lainnya, maka ini bisa jadi bahan evaluasi dalam pembuatan video berikutnya.

9. Kolaborasi dengan YouTuber Lain

Cara Membuat Konten YouTube yang Menarik untuk Pemula

Menjalin kolaborasi dengan sesama YouTuber merupakan cara membuat konten YouTube yang menarik untuk pemula. Biasanya, cara ini sering dilakukan oleh YouTuber andal untuk menarik banyak viewers ke video mereka. Namun, tidak ada salahnya jika Anda juga mencoba trik ini.

Anda bisa berkolaborasi dengan Youtuber lain dengan tema channel yang sama. Dengan begitu, Anda bisa menarik viewers dari channel YouTuber orang tersebut ke channel YouTube Anda. 

Itulah beberapa cara membuat konten YouTube yang menarik untuk pemula. Namun perlu diingat, sebanyak apapun trik dan tips yang Anda ketahui, jika tidak diterapkan dengan baik maka hasilnya pasti tidak akan memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.