Cara Membuat Google Form di Laptop
in

Simak Cara Membuat Google Form di Laptop Ini, Lengkap dan Mudah!

Google Form adalah salah satu layanan yang disediakan oleh Google untuk menyebarkan formulir secara online. Meskipun saat ini sudah banyak digunakan, tapi masih ada sebagian orang yang belum tahu cara membuat Google Form di laptop. 

Mengisi sebuah formulir adalah kegiatan sehari-hari yang sudah umum dilakukan untuk berbagai kegiatan. Hampir semua orang pasti pernah mengisi formulir. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi, kini formulir sudah tersedia dalam bentuk digital. Contohnya yaitu Google Form. 

Apa itu Google Form?

Google Form merupakan sebuah fitur formulir online yang disediakan oleh Google. Melalui fitur ini, kita dapat membuat dan membagikan formulir secara daring melalui laptop. Kemudahan cara membuat Google Form di laptop ini tentu memberikan sejuta manfaat. 

Kini, para akademisi yang sedang melangsungkan penelitian bisa dengan mudah mendapatkan lebih banyak responden tanpa harus repot-repot mencarinya di suatu wilayah tertentu. Selain itu, melalui form ini suatu perusahaan bisa mendapatkan survei kepuasan pelanggan dengan jangkauan yang lebih luas. 

Layanan Google Form ini bisa Anda gunakan secara gratis, hanya membutuhkan modal jaringan internet saja. jika dibandingkan dengan formulir konvensional yang membutuhkan banyak waktu, kertas, dan tenaga, tentu Google Form ini bisa dikatakan lebih unggul. Pasalnya, layanan ini lebih praktis, murah, dan mudah untuk digunakan. 

Selain itu, Google Form juga sangat mudah untuk diedit apabila ada kekeliruan pada saat membuatnya. Karena itulah banyak orang yang kini mulai beralih menggunakan Google Form ketimbang formulir konvensional. 

Cara Membuat Google Form di Laptop

Cara Membuat Google Form di Laptop

Setelah sedikit berkenalan dengan Google Form, tentu Anda semakin penasaran dengan cara membuat Google Form di laptop. Caranya sangat mudah, dimulai dengan mempersiapkan pertanyaan terlebih dahulu. Pertanyaan tersebut yang nantinya akan dimasukan pada formulir. 

Selain itu, pastikan Anda telah memiliki akun yang aktif. Selanjutnya, Anda bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini untuk membuat Google Form. 

  • Kunjungi laman Google Form melalui forms.google.com.
  • Klik simbol + pada halaman tersebut untuk membuka form baru.
  • Silakan masukan judul dan deskripsi dari formulir yang akan Anda buat.
  • Selanjutnya, masukan pertanyaan yang sebelumnya telah Anda siapkan. 
  • Pilih jenis jawaban yang akan diterapkan pada pertanyaan tersebut. Disini, Anda bisa memilih pilihan ganda (multiple choice), kotak centang (checkboxes), skala linear (linear scale), dan sebagainya.
  • Jika sudah menentukan pilihan, klik tombol Send di sudut kanan atas untuk mendapatkan tautan formulir tersebut. 
  • Selesai.

Serangkaian cara membuat Google Form di laptop tersebut merupakan cara umum yang bisa Anda lakukan. Sementara itu, untuk melakukan beberapa hal lain dalam Google Form kami telah menyiapkan beberapa tutorial lainnya yang bisa Anda ikuti. Berikut tutorialnya.

1. Cara Membuat Google Form di Laptop untuk Ujian

Jika Anda ingin membuat Google Form untuk ujian, maka bisa menggunakan fitur Quizzes dalam Google Form. Cara membuatnya sama seperti membuat formulir biasa. Setelah selesai, Anda bisa masuk ke Settings > Quizzes > Make this a quiz > Save.

2. Cara Mengedit Google Form

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, bahwa Google Form bisa kita edit kapan saja sekalipun tautannya sudah dibagikan pada orang lain. Caranya yaitu, Anda bisa mengunjungi kembali forms.google.com. Lalu buka formulir yang ingin diedit. Maka Anda sudah bisa memperbaiki atau memperbarui formulir tersebut. 

3. Cara Menambahkan Gambar atau Video pada Google Form

Google Form tidak hanya memungkinkan kita untuk membuat formulir yang isinya teks saja. Anda juga bisa menambahkan beberapa gambar atau video pendukung pada pertanyaan pilihan ganda atau kotak centang.

Caranya yaitu, buka formulir lalu pilih pertanyaan atau jawaban yang ingin disisipkan gambar. Klik ikon tambah gambar/video pada sudut kanan, lalu pilih gambar atau video yang diinginkan. Upload pilihan objek tersebut, maka hasilnya akan muncul pada bagian yang Anda pilih sebelumnya.

4. Cara Mengubah Tampilan Google Form

Dengan menggunakan Google Form, Anda tidak hanya bisa membuat sebuah formulir biasa. Namun, Anda juga bisa mengubah tampilan dari Google Form tersebut agar terlihat lebih menarik. Warna yang bisa diubah yaitu warna utama dan warna latar. 

Anda bisa mengubahnya dengan menekan ikon Theme pada sudut kanan atas, pilih gambar tajuk, warna, hingga jenis huruf yang diinginkan. Selanjutnya, tema form tersebut akan terlihat sesuai dengan konfigurasi yang baru saja Anda lakukan.

5. Cara Memilih Lokasi Penyimpanan Jawaban Google Form

Setelah formulir dibagikan, maka akan ada sekumpulan tanggapan yang bisa Anda terima. Anda bisa mengumpulkannya pada formulir atau terpisah pada Google Spreadsheet. Untuk memilih tempat penyimpanan ini, Anda bisa membuka Google Form terlebih dahulu.

Selanjutnya, pilih opsi ‘Tanggapan’ pada sudut kiri atas. Pilih ‘Lainnya’, lalu pilih tujuan tanggapan. Anda bisa memilih salah satu dari dua pilihan, yaitu:

  • Buat spreadsheet baru: membuat spreadsheet baru untuk menyimpan tanggapan.
  • Pilih spreadsheet yang ada: menyimpan data tanggapan pada spreadsheet yang sudah ada.

6. Cara Melampirkan Dokumen pada Google Form

Melalui Google Form, Anda bisa mengizinkan responden untuk melampirkan dokumen pada formulir yang dibagikan. Umumnya, fitur ini akan digunakan untuk pendaftaran yang menuntut pendaftar harus mengirimkan dokumen tertentu.

Namun, untuk bisa melampirkan dokumen tentu responden harus masuk terlebih dahulu ke Google. Adapun cara mengizinkan responden menyisipkan dokumen pada formulir yaitu sebagai berikut.

  • Buka Google Form.
  • Klik ‘Tambahkan Pertanyaan’.
  • Masukan pertanyaan untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.
  • Klik panah bawah, lalu pilih upload file.
  • Tentukan jenis file yang harus diunggah oleh responden tersebut. 
  • Pilih ukuran maksimum dari file tersebut.
  • Setelah mendapatkan respon berupa dokumen yang dibutuhkan, Anda bisa melihat dokumen tersebut melalui Google Form > Tanggapan.
  • Untuk melihat semua file yang diterima, pilih ‘Ringkasan’. Jika Anda ingin melihat dokumen individu, klik individual dan pilih dokumen yang ingin dibuka. 

Itu dia cara membuat Google Form di laptop yang sangat mudah untuk dilakukan. Dari beberapa tutorial di atas, dapat kita ketahui bahwa Google Form sangat bermanfaat untuk perusahaan, akademisi, atau masyarakat umum. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.