Membuat Email Baru
in

10 Manfaat dan Cara Membuat Email Baru di HP yang Mudah

Istilah email mungkin sudah bukan sebuah hal yang asing lagi di telinga kita. Meskipun begitu, ternyata masih ada sebagian orang yang belum tahu manfaat dan bagaimana cara membuat email baru di HP. Padahal, email saat ini memiliki peran yang cukup penting dalam kehidupan sehari-hari.

Email adalah sebuah singkatan dari electronic mail, yaitu sebuah pesan yang dikirimkan melalui pos elektronik. Fungsinya yaitu untuk bertukar pesan secara instan bersama pengguna lain dengan menggunakan internet. Adapun pesan ini bisa berisi dokumen, teks, gambar, atau lampiran lainnya yang ditujukan untuk individu atau kelompok. 

10 Manfaat Email dalam Kehidupan Sehari-hari

Membuat Email Baru

Sebelum membahas cara membuat email baru di HP, tahukah Anda jika email memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Setidaknya, ada 10 manfaat yang bisa kita dapatkan dari menggunakan email. 

1. Media Pengirim Surat

Email adalah salah satu media pengiriman surat secara cepat dan tepat yang bisa kita gunakan. Dengan bantuan koneksi internet yang memadai, Anda bisa mengirim surat dalam hitungan detik saja menggunakan email. Sekalipun penerima yang dituju memiliki jarak yang cukup jauh, tidak akan mempengaruhi kecepatan pengiriman email tersebut. 

Saat menggunakan surat biasa dan mengirimkannya menggunakan pos Anda akan membutuhkan jangka waktu lebih lama terlebih jika alamat tujuan penerima cukup jauh. Sementara itu email tidak pernah terpengaruhi oleh jarak pengiriman, baik itu dalam negeri maupun luar negeri.

2. Bermanfaat untuk Mengirim Dokumen

Selain bisa mengirimkan berbagai surat dengan cepat, email juga memungkinkan Anda untuk mengirim berbagai dokumen. Melalui fitur file attachment, nda bisa mengirimkan sebundel dokumen dalam sekali klik saja. 

Dokumen yang bisa dikirimkan menggunakan email harus berupa soft file. Karena itu, jika Anda ingin mengirimkan dokumen yang berupa hard file, bisa di-scan terlebih dahulu agar formatnya bisa berbentuk soft file. Setelah itu, Anda bisa langsung mengirimkannya melalui email.

3. Berbagi Gambar tanpa Merusak Kualitasnya

Email juga bisa dikatakan sebagai salah satu media sharing gambar atau foto terbaik. Pasalnya, kualitas gambar yang dikirimkan akan sama seperti aslinya. Email tidak pernah mengurangi resolusi gambar pada saat dikirimkan. 

Berbeda halnya ketika Anda mengirim gambar menggunakan WhatsApp, Facebook, atau sosial media lainnya. Biasanya, foto akan terlihat lebih buram dari aslinya. Hal ini karena beberapa media tersebut mengurangi jumlah pixel foto sehingga kualitas gambar yang diterima akan menurun. 

Gambar atau foto tersebut akan tampak buram atau pecah pada saat diperbesar. Sementara pengiriman foto menggunakan email tidak akan menurunkan jumlah pixel sehingga kualitas gambar lebih terjaga.

4. Efektif dan Efisien

Proses pengiriman surat melalui email merupakan cara paling efektif dan efisien yang bisa kita lakukan saat ini. Berkat email, Anda bisa mengirim surat tanpa harus pergi ke kantor pos. selain itu, waktu pengirimannya pun tidak terbatas oleh waktu. Anda bisa melakukannya kapan saja selama 25/7. 

Dilihat dari sisi penerima, pengiriman surat menggunakan email juga sangat efisien. Receiver akan langsung menerima email Anda dengan cepat sehingga surat tersebut pun bisa sampai dengan lebih cepat. 

Selain itu, Anda juga tidak membutuhkan waktu berhari-hari untuk menunggu balasan. Anda tinggal menunggu balasan email tersebut dalam waktu beberapa menit saja. Jika masih belum ada balasan, kemungkinan penerima yang dituju masih belum menyadari ada email masuk atau masih belum memiliki waktu untuk membalasnya. 

5. Media Komunikasi

Untuk bertukar komunikasi, kita tidak hanya bisa memanfaatkan telepon saja. Email juga merupakan salah satu media komunikasi yang bisa kita manfaatkan. Anda bisa membuat sebuah grup diskusi yang terdiri dari beberapa email address. 

Dengan demikian, komunikasi yang dilakukan akan berlangsung lebih cepat. Anda juga bisa menggunakan email untuk menjalin komunikasi secara personal dengan keamanan yang sudah pasti terjaga dengan baik. 

6. Media Promosi

Seperti yang kita ketahui, baru-baru ini ada banyak toko online atau online shop bermunculan di Indonesia. Pasalnya, sejak adanya pandemi banyak kebiasaan masyarakat yang berubah. Salah satunya yaitu kebiasaan dalam belanja. Masyarakat jadi lebih senang untuk belanja secara online melalui ponsel genggamnya. 

Dengan cara membuat email baru di HP, Anda bisa memanfaatkannya sebagai media promosi produk yang Anda jual kepada para pelanggan yang memiliki email. tentunya, cara promosi ini dinilai lebih efisien dan ekonomis jika dibandingkan promosi menggunakan brosur. 

7. Alat Akses ke Dunia Kerja

Cara membuat email baru di HP juga mempermudah kita dalam melakukan lamaran pekerjaan. Pasalnya, kini sudah tidak zaman menenteng surat lamaran dari kantor ke kantor. Dengan menggunakan email, Anda bisa langsung mengirimkan satu file lamaran ke berbagai perusahaan secara satu per satu.

Selain itu, pada era teknologi ini sudah banyak perusahaan yang menerima surat lamaran melalui email. Bukan lagi menggunakan berkas dokumen seperti dulu. 

8. Dasar Membuat Akun Media Sosial

Saat ini, hampir semua orang menggunakan media sosial. Dengan memiliki email, kita bisa membuat akun berbagai media sosial dengan langkah yang lebih mudah. Tidak perlu lagi mengisi data-data secara manual untuk mendaftar akun, Anda tinggal menautkannya pada akun email maka registrasi akan secara otomatis berlangsung. 

9. Akses Mudah ke Situs Internet Tertentu

Pada beberapa situs internet, terkadang mereka meminta kita untuk log in terlebih dahulu untuk bisa menikmati konten yang mereka bagikan. Tentunya ini cukup membuat Anda kerepotan karena harus mengisi data-data untuk melakukan proses registrasi.

Beberapa situs seperti ini biasanya berupa situs download musik, film, atau musik. Biasanya mereka akan meminta kita untuk masuk terlebih dahulu menggunakan email sebelum mengizinkan untuk mengunduh file tersebut. Namun, jika sebelumnya Anda sudah melakukan cara membuat email baru di HP, maka bisa langsung mengakses situs tersebut dengan mudah. 

10. Media Informasi

Email bisa membantu kita selangkah lebih mudah untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan. Dengan mengikuti beberapa saluran, Anda akan mendapatkan informasi update dari saluran tersebut. 

Cara Membuat Email Baru di HP

Cara membuat email baru di HP sebenarnya sangat mudah. Anda bisa membuatnya melalui HP dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini. 

  • Buka aplikasi Gmail, lalu klik Icon Profile Picture di sisi kanan atas.
  • Selanjutnya, pilih menu “Add Another Account”.
  • Pilih Google pada halaman Set up email. 
  • Pilih Create Account pada halaman Sign In. 
  • Tentukan akan membuat akun email untuk diri sendiri atau bisnis.
  • Silakan isi nama depan, nama tengah, dan nama belakang.
  • Klik Next.
  • Masukan tanggal lahir dan jenis kelamin.
  • Pilih salah satu alamat email yang direkomendasikan oleh Google. Anda juga bisa membuatnya sendiri secara custom
  • Buat password yang sulit ditebak, lalu pilih Next.
  • Ketika Anda menemukan kotak Privacy & Terms, silakan baca dengan saksama. Setelah itu beri ceklis pada “I Agree”.

Demikianlah informasi mengenai manfaat dan cara membuat email baru di HP. Setelah email tersebut jadi, Anda bisa memanfaatkannya untuk berbagai keperluan seperti yang telah kami sampaikan di atas. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.