in

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Microsoft Word

 

Pada kali ini LiteTekno akan membagikan cara membuat daftar pustaka otomatis di Microsoft Word, bagi kamu para mahasiswa atau siswa yang di sibukkan dengan makalah ataupun para penulis yang di kejar oleh deadline, tentunya pengen dong pekerjaannya cepet selesai?

Ketika membuat sebuah jurnal ataupun buku pasti akan banyak kutipan yang harus di jadikan referensi. Dan sudah pasti kamu harus mencantumkan nama dan identitas lainnya dari suatu buku satu persatu hingga menjadi halaman daftar pustaka. Pasalnya hal ini cukup menyita waktu, karena semakin banyak kutipan yang di jadikan sumber maka semakin banyak juga identitas yang harus di cantumkan. Apalagi penulisan daftar pustaka yang unik membuat banyak waktu yang terkuras.

Tapi tahukah kamu, Microsoft Word ternyata sudah menyiapkan fitur otomatis untuk membuat daftar pustaka lho. Penasaran bagaimana caranya? Yuk kita simak.

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Microsoft Word

  1. Masuk ke Microsoft Word dan pilih menu References

cara membuat daftar pustaka

  1. Tekan panah ke bawah pada menu Style, dan pilih style yang dinginkan. Di Indonesia sendiri biasa yang digunakan adalah APA Fifth Edition atau APA Sixth Edition

cara membuat daftar pustaka

  1. Setelah itu, klik Insert Citation dan Add New Source untuk menambah identitas buku.

cara membuat daftar pustaka

  1. Lalu pilih jenis source yang dibutuhkan, apakah untuk Buku, Jurnal, Report, atau yang lainnya.

  1. Isi dari mulai Penulis, Judul Buku, Tahun Terbit, Kota, dan Perusahaan Penerbit dengan benar. Dan untuk identitas yang lebih lengkap bisa kamu centang checkbox Show All Biblioghraphy Fields.

 cara membuat daftar pustaka

  1. Maka akan muncul identitas lainnya yang lebih lengkap, dan bisa kamu isi jika dibutuhkan. Klik OK jika sudah selesai.

 cara membuat daftar pustaka

  1. Jika muncul teks seperti dibawah, blok dan hapus saja.

 

  1. Selanjutnya klik panah kebawah pada menu Bibliography dan pilih Insert Biblography. 

cara membuat daftar pustaka

  1. Maka secara otomatis identitas yang kita tadi isi akan muncul dalam bentuk penulisan daftar pustaka.

 cara membuat daftar pustaka

Mudah bukan? Keunggulan lainnya dari fitur ini adalah setiap identitas sumber yang kamu isi, akan otomatis tersimpan. Sehingga apabila ada identitas yang tak sengaja terhapus, tak perlu mengulang dari awal, cukup klik menu Insert Citation  dan pilih identitasnya. Nah itulah cara membuat daftar pustaka otomatis di Microsoft Word. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0