cara membuat bot telegram
in ,

Cara Membuat Bot di Telegram Anti Ribet Tanpa Koding

Banyak orang mengetahui aplikasi Telegram, namun masih asing dengan istilah Bot Telegram. Secara umum, Bot Telegram merupakan sebuah robot yang diprogram sedemikian rupa sehingga mampu melakukan intruksi sesuai perintah yang diberikan. Berikut ini akan disajikan informasi mengenai cara membuat bot di Telegram tanpa harus mengetik kode program:

1. Menciptakan Bot Telegram

Langkah awal dan paling utama untuk menciptakan bot pada Telegram adalah dengan menciptakan bot-nya. ManyBot merupakan bot yang akan membantu siapa saja demi terciptakan bot baru. Bot tersebut termasuk ke dalam bot ternama dan sudah sering dimanfaatkan untuk membuat bot baru.

Cara yang dilakukan untuk membuatnya adalah membuka ManyBot dengan mengetik https://t.me/Manybot kemudian pilih “Create a New Bot”. Selanjutnya, akan muncul sebuah tulisan dan tindakan selanjutnya adalah mengeklik @BotFather agar memperoleh token yang berasal dari API serta dapat men-create bot baru. Perlu diketahui bahwasanya BotFather merupakan official bot yang berguna untuk menghasilkan new bot.

2. Menyalin Token Yang Dikirimkan Oleh API

Informasi penting yang harus diketahui oleh pengguna adalah token dari API ini menjadi juru kunci untuk menciptakan new bot. Token ini umumnya dipakai dalam pembuatan kode program, namun berhubung cara membuat bot di telegram ini tidak menggunakan kode program maka langkah lainnya adalah mengirimkan token API yang telah diperoleh ke ManyBot.

Proses ini dimulai dengan memasuki Bot Father menggunakan link https://t.me/botfather. Kemudian, ketik tanda “/” pada kolom command bot dan klik new bot. Setelahnya, pembuat bot ini diperintahkan untuk mengetik nama bot beserta dengan username-nya. Token API pun akan segera muncul dan jangan lupa untuk menyalinnya.

3. Mengirim Token dari API ke ManyBot

Mengirim token ini merupakan langkah yang paling mudah karena pembuat bot hanya melakukan perintah untuk mengirim Token API yang sudah disalin ke ManyBot. Proses tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama dan pastinya sangat mudah untuk dipahami.

Bot Telegram yang baru pun telah tercipta. Untuk membuktikannya dapat dicek secara langsung dengan cara klik link username-nya atau mengirimkan perintah simpel seperti klik /skip jika ingin melewati pesan dari ManyBot. Bagaimana, tidak sulit bukan melakukan langkah ini?

4. Konfigurasi Bot Telegram

Agar selalu memperoleh informasi setiap ada postingan yang baru dari Instagram, Blog, Twitter, Youtube, dan  medsos lainnya, maka perlu dilakukan konfigurasi RSS feed dengan Bot Telegram.  Langkah ini penting dilakukan agar tidak tertinggal information update dari medsos.

Hal yang perlu dilakukan adalah dengan membuka bot yang sudah tercipta sesuai dengan nama yang sudah dipilih, kemudian akan muncul keyboard dan klik “setting”. Selanjutnya, pilih “autoposting” dan klik tambah RSS feed. Terakhir, masukkan link RSS feed yang berasal dari Instagram, Blog, Twitter, Youtube dan medsos lainnya.

5. Melakukan Percobaan Pada Bot

Setelah berhasil melakukan konfigurasi Bot telegram, tunggulah sampai beberapa menit untuk mendapatkan new message dari RSS feed. Pesan tersebut berisi mengenai link yang dapat dilihat sebagai bukti bahwa postingan yang ada di medsos dapat juga dikirim ke bot yang telah dibuat.

Agar lebih percaya, coba saja klik link yang telah tersedia dan lihatlah apa yang muncul di layar. Jika berisi postingan yang telah diunggah pada media sosial berarti konfigurasinya telah berhasil dilakukan. Dengan demkian, postingan baru apapun di media sosial tidak akan luput dari perhatian Bot Telegram.

Cara membuat bot di telegram anti ribet tersebut sangat mudah sekali untuk dicoba dan pastinya tidak membutuhkan waktu yang lama. Segera buktikan saja sendiri dan rasakan manfaat yang luar biasa dari adanya bot di Telegram.

Leave a Reply

Your email address will not be published.