cara membuat alamat di google maps lewat hp
in ,

Cara Membuat Alamat di Google Maps Lewat HP Ternyata Mudah

Menemukan sebuah alamat tentu tidak mudah, seiring perkembangan teknologi, hal tersebut dapat terbantu. Salah satunya memakai navigasi digital berupa sebuah aplikasi Google Maps, selain itu aplikasi tersebut pun dapat menambahkan alamat baru. Cara membuat alamat di Google Maps lewat HP dapat dilakukan, jika alamat rumah tidak terdeteksi di aplikasi.

Penambahan alamat dapat dilakukan untuk bermacam kategori, seperti alamat rumah, perkantoran, hingga pusat perbelanjaan. Sehingga pengguna dapat menemukan titik yang tepat ketika akan menuju sebuah lokasi. Pengguna pun dapat melakukannya secara mandiri, serta mampu menjadi kontributor untuk penambahan lokasi lainnya. Berikut penjelasan cara menambahkan alamat di Google Maps menggunakan HP:

1. Buka Aplikasi

Kebanyakan aplikasi Google Maps sudah tersedia di setiap HP, tetapi jika di HP yang akan digunakan tidak terdapat aplikasi tersebut, unduh terlebih dahulu. Pengguna dapat mengunduh Google Maps di Google Playstore, pada aplikasi terdapat gambar berupa peta dengan tanda pin.

2. Klik Opsi

Setelah aplikasi Google Maps telah dibuka dan menampilkan halaman utama dari aplikasi, klik tanda tiga garis pada bagian pojok kiri atas. Pada tanda tersebut terdapat beberapa pilihan menu yang dapat diklik oleh pengguna. Untuk menambahkan alamat baru, pengguna dapat memilih dan klik menu yang tersedia, yaitu tambahkan tempat.

3. Tambahkan Tempat

Kemudian, cara membuat alamat di Google Maps lewat HP dengan cara menambahkan tempat yang memiliki alamat lengkap. Selain itu, jika yang ditambahkan merupakan sebuah tempat usaha, pastikan tidak berubah atau memiliki tempat yang tetap.

Tempat yang tetap dapat memudahkan pengguna untuk mencarinya. Namun, apabila alamat tersebut pindah, pengguna dapat menghapus titik pada alamat sebelumnya dan membuat titik pada alamat baru.

4. Masukkan Alamat

Selanjutnya, memasukkan alamat yang lengkap, seperti nama daerah atau jalan yang terdapat di wilayah tersebut. Setelah itu, tentukan titik untuk menempatkan alamat tersebut, pastikan titiknya sesuai dengan alamat. Pilih kategori yang sesuai dengan alamat yang akan dimasukkan, kategori yang tersedia seperti rumah, kantor, rumah sakit, maupun yang lainnya.

Untuk penempatan titik pada Google Maps perlu diperhatikan, agar tidak salah menyimpan titik. Apabila titik tidak sesuai atau melenceng terlalu jauh, akan berdampak pada pengguna lainnya yang akan menuju tempat tersebut.

5. Kirim

Apabila alamat lengkap, titik penempatan, serta kategori telah dipilih dan disesuaikan. Pengguna bisa mengirimnya untuk kemudian diverifikasi oleh pihak Google Maps. Setelah alamat berhasil diverifikasi, alamat tersebut perlu mendapatkan review serta rating untuk memunculkan alamat tersebut supaya terlihat pada tampilan Google Maps. Jika review atau rating sedikit, pengguna harus zoom terlebih dahulu pada peta untuk melihat titik pasti dari alamat tersebut.

6. Menjadi Kontributor

Pengguna yang ingin menjadi kontributor di Google Maps, harus memasukkan alamat seperti beberapa cara yang telah dijelaskan. Pengguna juga dapat memberi rating serta review kepada tempat yang telah dikunjungi. Selain itu, pengguna juga dapat menambahkan foto pada review tempat-tempat yang sudah didatangi.

Berbagai cara mudah untuk menemukan tempat tujuan menggunakan aplikasi navigasi dari Google. Cara membuat alamat di Google Maps lewat HP pun mempermudah untuk menampilkan alamat yang belum tersedia pada aplikasi, seperti alamat rumah maupun tempat makan. Cukup ikuti arahan dari Google Maps, berupa arah panah maupun suara, maka pengguna akan diarahkan sesuai dengan tempat tujuan yang telah diketik pada kolom yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published.