cara mematikan komputer dengan benar
in

Penting, Begini Cara Mematikan Komputer dengan Benar Agar Tidak Cepat Rusak

Gimana sih cara mematikan komputer dengan benar? Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang biasa bagi pemula yang ingin mempelajari komputer lebih jauh lagi dan dapat terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan bagi komputer mereka ketika akan mematikannya.

LiteTekno memandang hal ini menjadi sebab wajibnya bagi kamu yang punya komputer di rumah, dan ingin tahu ilmu komputerisasi secara keseluruhan. hingga, cara mematikan laptop dan pc dengan benar ini menjadi sebuah materi wajib yang pertama. Maka, kami membuat tutorial ini.

Pentingnya Mematikan Komputer dengan Benar

Banyak cara singkat dan mudah untuk mematikan komputer. Misal saja copot stop kontak atau pencet tombol power yang ada di komputer. Komputer pasti mati.

Namun, amankah metode tersebut bagi file dan aplikasi yang ada didalamnya. Pun bagaimana dengan perangkat keras (hardware) yang ada di komputer tersebut. Ini yang harus kamu tahu.

Saat kita mematikan komputer dengan paksa , file dan aplikasi yang sedang berjalan beresiko mengalami crash. Sedangkan Hardware dalam komputer tersebut pun beresiko mengalami konsleting listrik.

Jika kita terbiasa mematikan dengan paksa maka otomstis secara tidak langsung kita merusak komputer dengan cepat. Maka, cara ini baiknya jangan dilakukan. Kecuali, jika memang ada keadaan darurat.

Salah satu hal yang sering terjadi adalah banyak folder yang tidak bisa dihapus dan kadang komputer mudah reboot dengan sendirinya. Jika hal ini terjadi, bersiaplah datang ke tukang service komputer.

Cara Mematikan Komputer Dengan Benar Yang Umum Dilakukan

Cara Mematikan Komputer Secara Manual

Tak dapat di bantah lagi baik oleh para ahli ataupun para pemula bahwa cara mematikan komputer dengan benar yang paling mudah adalah melalui start menu.

Cara ini memang yang paling praktis dan mudah, tak dapat di pungkiri bila banyak orang menggunakan cara yang ini.

Yang paling penting dan sangat perlu untuk kamu ketahui, yaitu jika kamu jendak menonaktifkan komputer kamu, pastikan terlebih dahulu semua program komputer sudah dalam keadaan tidak aktif, kecuali jika memang otomatis, misal seperti maintenance, software, anti virus, dan yang lainya.

Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis

Mematikan komputer secara otomatis dapat dilakukan dengan menggunakan atau memanfaatkan software pihak ketiga, agar lebih mudah untuk komputer kamu.

Caranya yaitu dengan memakai kode dan menginputnya di menu Run.

Jika kamu masih bingung, berikut ini akan dijelaskan cara mematikan komputer dengan benar secara otomatis.

Coba klik tombol windows+R untuk menampakkan jendela menu Run pada keyboard kamu.

Selanjutnya coba ketik kode berikut ini “shutdown-s-t 1800”

Kode (-s) dapat kamu ganti dengan kode (-1) sebagai perintah log off, atau kode (-r) untuk melakukan reboot. Angka 1800 merupakan satuan detik yang berarti perintah tersebut hendak berjalan setelah sekian detik.

Cara Mematikan Komputer Melalui Menggunakan CMD

Metode ini merupakan cara lain yang dapat kamu gunakan untuk mematikan komputer selain dengan menggunakan mouse seperti yang umumnya di gunakan.

Cara ini memanfaatkan fasilitas keyboard yaitu dengan menggunakan teknis satu fungsi pada system komputer, yang banyak kita kenal dengan istilah CMD.

Nah, berikut ini adalah cara mematikan komputer menggunakan perintah dari CMD;

  • Klik tools windows+R untuk menampilkan jendela RUN.
  • Setelah muncul, lalu ketik CMD dan klik enter.
  • Setelah itu akan secara otomatis tampak jendela CMD.
  • Cara mematikan komputer melalui jendela ini yaitu, cukup dengan mengklik shut down-S.
  • Cara yang terakhir yaitu tekan enter dengan kode ini, maka kamu telah usai melakukan perintah shut down komputer.

Dari 3 cara mematikan komputer dengan benar di atas, biasanya proses mematikan komputer dengan melewati istilah shut down, jika komputer kamu shut down, maka dapat dipastikan komputer kamu sudah mati.

Leave a Reply