live streaming facebook pc
Photo by AronPW on Unsplash
in

Cara Live Streaming di Facebook Menggunakan PC dengan OBS Studio

Cara Live Streaming di Facebook Menggunakan PC — Dulu, kegiatan live streaming tidak begitu terkenal. Karena konten live streaming memakan lebih banyak kuota. Dan dulu harga kuota tidak semurah sekarang.

Namun di zaman modern saat ini, live streaming sudah dapat disebut sebagai pekerjaan yang menguntungkan. Terlebih lagi jika kita sudah memiliki pengikut setia.

Streamer adalah orang yang bekerja melakukan live streaming. Kita dapat membuat konten apapun selama live streaming, selama tidak melanggar peraturan. Misalnya bermain game, diskusi, mengobrol, dan masih banyak lagi. Berbeda dengan konten video, live streaming dapat dilakukan hingga berjam-jam.

Facebook adalah salah satu platform media sosial yang sering digunakan untuk live streaming. Dan kali ini litetekno.com akan membahas cara live streaming di Facebook menggunakan PC.

Cara Live Streaming di Facebook Menggunakan PC

Sebelum mulai, terdapat beberapa beberapa alat yang harus disiapkan, yaitu:

  • Komputer (PC)
  • Microphone
  • Webcam
  • Internet

Setelah itu, kamu harus menginstall OBS Studio. Jika belum punya, download OBS Studio melalui situs resminya. Saya anggap kamu sudah selesai menginstall OBS Studio. Langkah selanjutnya adalah:

1. Siapkan Facebook Page

Kenapa harus memiliki Facebook Page? Karena Facebook hanya mengizinkan penggunanya melakukan live streaming melalui page. Tidak bisa menggunakan akun pribadi. Membuat Facebook Page sangatlah mudah.

Kamu dapat membaca artikel 6 langkah cara membuat Facebook Page sebagai referensi. Jika sudah menyiapkan Facebook Page, kamu dapat mengikuti langkah selanjutnya.

2. Unduh dan Install OBS Studio

Open Broadcaster Software atau OBS merupakan software yang digunakan untuk live streaming di PC. OBS Studio telah mensponsori merk terkenal seperti Facebook, YouTube, dan Twitch. Kamu dapat mendownloadnya melalui situs resmi OBS.

3. Dapatkan Stream Key

Setelah selesai menginstall OBS Studio, kamu harus mendapatkan Stream Key. Stream Key bisa didapat melaui pengaturan Facebook Page. Di bagian atas Facebook Page, terdapat Publishing Tools. Klik menu Videos di bagian kiri, lalu pilih menu +Live. Kamu akan langsung mendapat Stream Key. Kamu dapat mengatur judul dan informasi lain tentang live streaming pada bagian ini.

live streaming di facebook

4. Hubungkan OBS Studio dengan Facebook

Langkah selanjutnya, kamu harus menghubungkan OBS Studio dengan Facebook. Pilih Settings > Stream > Service > Facebook Live >  Masukan Stream Key.

live streaming di facebook

5. Mulai Live Streaming Facebook

Jika semua Settings telah diatur, kamu dapat langsung melakukan live streaming. Kamu dapat memilih sumber video. Apakah ingin melalui webcam, atau layar komputer. Klik tombol Start Streaming untuk memulai streaming. Tunggu beberapa saat, lalu tekan tombol Go Live di Facebook.

live streaming di facebook

Melakukan live streaming di Facebook memerlukan internet berkecepatan tinggi. Kecepatan minimal yang diperlukan adalah 2 Mbps. Lebih lambat dari itu, maka proses live streaming akan terputus-putus dan terganggu.

Itulah artikel tentang cara live streaming di facebook menggunakan PC. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.