in

Mengenal Apa itu NFC dan Bagaimana Cara Kerja NFC?

Kemudahan dalam bertransaksi di zaman ini menjadi hal yang paling dicari. Hampir sebagian transaksi dilakukan secara elektronik. Munculnya beragam dompet digital dan yang lainnya membuat transaksi mau tidak mau harus menggunakan tekhnologi. Salah satunya dengan menggunakan NFC. Apa itu NFC dan bagaimana cara kerja NFC yang sebenarnya?

NFC apabila ditinjau dari bahasa memiliki arti komunikasi jarak dekat. Namun apabila ditinjau dari istilah akan sangat luas. Sebenarnya NFC ini sering dipakai untuk melakukan pembayaran secara digital. Misalnya pembayaran Google Pay, Apple Pay, Samsung Pay, e-money dan sebagainya.

Mengenal NFC

Fitur NFC ini sudah sering digunakan di luar negeri untuk urusan pembayaran cashless. Atau sederhananya mirip sistem kerja kartu kredit atau kartu elektronik. Tetapi ada keunggulan dari ponsel yang dilengkapi dengan NFC ini, kamu tidak perlu membayar dengan menggunakan kartu elektronik lagi. Cukup dengan mendekatkan ponsel kamu ke alat pembayaran maka prosesnya pun akan berhasil.

Penggunaan NFC

cara kerja NFC

Seiring berkembangnya zaman, NFC juga dikembangkan cara penggunaannya. Bahkan saat ini nyaris semua smartphone memiliki fitur NFC ini. Hal itu tentu bertujuan agar smartphone lebih unggul dan penggunanya akan lebih mudah melakukan transaksi hanya dengan menggunakan NFC ini.

Nah kamu perlu tahu kalau ternyata ada 3 bentuk NFC apabila ditinjau dari penggunaannya. Berikut 3 bentuk NFC tersebut:

1. NFC Card Emulation

Untuk bentuk atau model yang pertama ini, NFC berperan sebagai kartu elektronik. Sistem beroperasinya mirip sekali dengan kartu elektronik. Jadi kamu bisa membeli sesuatu atau melakukan transaksi pembayaran elektronik tanpa menggunakan kartu. Cukup menggunakan smartphone yang sudah dilengkapi dengan NFC ini.

2. NFC Reader/Writer

Ketika kamu datang di suatu tempat yang di sana kamu tidak mengenal siapa-siapa dan baru pertama kali datang, pastinya kamu akan mencari informasi yang ada. Mungkin apabila di stasisun kamu akan mencari dinding di mana di sana ada informasi yang penting buatmu.

Nah ketika melihat dinding tersebut hanya berisikan barcode dan di atasnya bertuliskan informasi peta wilayah sekitar, kamu tidak perlu bingung atau risau. Karena jika kamu memegang smartphone yang dilengkapi dengan fitur NFC ini, kamu bisa membaca barcode itu menggunakan smartphonemu.

Nanti informasi mulai dari peta sampai yang paling detail pun akan muncul di layar smartphone milikmu. Sehingga kamu tidak kebingungan lagi mau ke mana dan bisa pulang lagi dengan selamat nantinya.

3. NFC Peer-to-Peer

Untuk bentuk yang satu ini pasti kamu akan teringat infrared. Fitur pengiriman yang mirip dengan bluetooth hanya saja caranya dengan mendekatkan ponsel sedekat mungkin. Karena jarak inframerah hanya beberapa centi meter saja.

Cara kerja NFC yang satu ini mirip dengan inframerah. Jadi ketika kamu hendak berkirim gambar atau yang lain, kamu harus mendekatkan ponsel milikmu dengan ponsel lain agar bisa berhasil. Tetapi dengan catatan, ponsel lawan yang akan kamu kirimi gambar juga harus mempunyai inframerah. Jika tidak maka gambar atau pengiriman akan gagal.

Cara Mengetahui Fitur NFC di Smartphone

cara kerja NFC

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan perihal fitur NFC. Salah satu tentang fitur NFC yang ada di smartphone ini. Tidak semua smartphone dilengkapi dengan fitur ini. Jadi ketika membeli smartphone yang ingin menggunakan NFC juga, sebaiknya mengeceknya terlebih dulu.

Lalu bagaimana cara mengecek atau mengetahui kalau smartphone sudah dilengkapi NFC atau belum? Mudah sekali caranya. Kamu tidak perlu memakan waktu banyak untuk mengeceknya. Sehingga ketika hendak membeli smartphone penjual smartphone tidak curiga karena kamu terlalu lama mengeceknya. Berikut caranya:

  • Cari dan buka menu pengaturan di smartphone
  • Pada menu Wirelles & Network, tekan tombol more/lanjutan
  • Scroll ke bawah. Jika smartphone itu sudah didukung dengan NFC, maka otomatis ada pilihan fitur NFC-nya.

Lebih mudahnya lagi kamu tinggal melihat di belakang smartphone atau di kardus smartphone-nya itu atau kalau tidak kamu tinggal mencari informasi tentang smartphone apa saja yang sudah didukung dengan fitur ini.

Cara Kerja NFC

cara kerja NFC

Sebenarnya bagaimana sih cara kerja NFC itu? Kamu tidak perlu susah-susah memikirkan bagaimana cara kerjanya karena cara kerjanya begitu simple. Jika kamu sudah pernah melihat cara kerja Bluetooth, wifi, dan infra merah, maka kamu sudah mengetahui cara kerjanya.

Prinsipnya sama dengan cara kerja perangkat yang disebutkan tadi yakni mengirim data entah apa itu. Hanya saja untuk NFC ini melalui gelombang radio bukan sinyal atau sebagainya. Makanya ketika hendak mengirim data menggunakan NFC ini jangan samakan dengan Bluetooth. Kamu dilarang berjauhan karena NFC bisa bekerja dalam jarak beberapa senti saja jaraknya.

Perbedaan NFC dengan Bluuetooth Serta Kelebihannya

Ketika melihat cara kerjanya saja kamu pasti sudah mengetahui antara NFC dan Bluetooth memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan tersebut menyajikkan kelebihan serta kekurangan masing-masing. Untuk itu kamu perlu mengetahuinya sebagai informasi atau pertimbangan ketika ingin menggunakan keduanya.

Beberapa perbedaan yang akan dijelaskan di bawah ini perlu dicermati untuk menambah wawasan atau untuk pertimbangan ketika hendak menggunakan keduanya:

  1. Daya yang dikonsumsi oleh NFC lebih rendah ketimbang daya yang dikonsumsi oleh Bluetooth. NFC pasif itu hanya bisa berjalan ketika menggunakan induksi magnet saja.
  2. Akan tetapi untuk masalah kecepatan koneksi, NFC lebih unggul dari Bluetooth. NFC tidak memerlukan pairing seperti yang diperlukan oleh Bluetooth. Apa sih pairing itu? Pairing itu merupakan kegiatan mengisikan kode angka ketika hendak menyambungkan dengan Bluetooth lain.

Cara Menggunakan NFC dengan Benar

Nah ini pasti sesuatu yang paling kamu tunggu-tunggu. Setelah sekian banyaknya membaca informasi perihal NFC dan Blueetooth, berikut ini cara menggunakan NFC dengan benar agar kamu tidak keliru atau kebingungan saat hendak menggunakannya:

1. Syarat

Syarat yang paling pokok ada tiga yaitu smartphone harus dilengkapi dengan fitur NFC, kedua ketika mengirim data harus berada pada jarak sektika 10 cm dan yang terakhir paling penting tidak boleh dalam keadaan sleep atau layar mati.

2. Cara Mengaktifkan

Pergi ke menu setting dan cari fitur NFC. Jika sudah klik hingga NFC on. Apabila lampu tanda menyala dengan terang maka secara otomatis NFC sudah menyala dan siap digunakan.

3. Cara Mengirim Data

Jika kedua cara di atas sudah berhasil, selanjutnya ikuti langkah ini untuk mengirim data:

  • Tentukan dan pilih file yang ingin kamu kirim di folder smartphone-mu
  • Kedua smartphone yang digunakan hendaknya didekatkan dengan cara saling membelakangi.
  • Jika berhasil menyambung maka akan muncul nada konfirmasi pada kedua smartphone tersebut.
  • Pilih tulisan Touch to Beam pada layar. Maka proses pengiriman akan berlangsung dengan sangat cepat.
  • Tunggu hingga proses selesai.
  • Ketika proses pengiriman sudah selesai akan muncul suara pemberitahuan bahwa pengiriman sudah berhasil.

Sudah banyak orang yang menggunakan NFC ini. Namun adapula yang belum mengetahui cara kerja NFC tersebut. Tidak mengapa semuanya tidak ada yang salah. Apabila kamu sudah mengetahui dan ada tetangga atau teman ingin tahu sebaiknya kamu memberitahunya, berbagi ilmu itu bermanfaat bagi diri sendiri juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.