cara flash Asus Fonepad 7 via PC
in

Cara Flash Asus Fonepad 7 Via PC (Paling Mudah & Aman)

Sebagai pengguna android tentu saja kamu pernah mengalami masalah yang namanya bootloop. Masalah ini terjadi karena berbagai macam alasan. Ada yang gagal saat mengupgrade sistem atau malah sistem yang tidak pernah diupgrade sama sekali. Buat kamu pemilik Asus Fonepad 7 dan mengalami hal tersebut, kamu bisa mencoba cara flash Asus Fonepad 7 via PC.

Karena hanya dengan flash tersebut masalah seperti itu bisa teratasi. Jika tidak segera diatasi, takutnya nanti akan membuat sistem kamu rusak dan beberapa data di dalamnya menjadi korupt dan tidak bisa dibuka sama sekali. Bootloop memang kerap tidak bisa diprediksi. Tiba-tiba ponsel atau tablet mati dengan sendirinya dan hanya hidup sampai simbol android. Perlu kehati-hatian khusus untuk hal itu.

Bootloop

Bootlop menjelma sebagai masalah serius ketika kedatangannya seperti Jalangkung. Datang tak diundang dan sulit untuk disuruh menghilang. Sebenarnya andai mau ditelisik secara mendalam, Bootloop terjadi karena keteledoran penggunanya. Sebab beberapa aktivitas yang berkaitan android tanpa disadari mengakibatkan bootloop muncul secara tiba-tiba. Ponsel hidup mendadak mati seketika.

Penyebab Ponsel atau Tablet Terkena Bootloop

cara flash Asus Fonepad 7 via PC

Semua sistem pasti memiliki masalahnya sendiri-sendiri. Secanggih apapun sistem tersebut pasti memiliki masalah yang membuat sistem itu tidak dapat bekerja. Bahkan ada kendala tersebut berasal dari dalam sistemnya itu sendiri. Terlambatnya memperbarui atau gagalnya dalam memproses sesuatu membuat sistem mengalami eror dan bahkan mengerikannya lagi merusak sistem itu sendiri.

Begitupula yang terjadi pada sistem android. Sebagai pengguna android kamu tentu mengetahui, hampir beberapa bulan sekali android meminta pembaharuan sistem di perangkatnya masing-masing. Nah di sini nih kadang masalah muncul. Karena kurang sempurnanya menginstall pembahruan sistem dapat mengakibatkan bootloop itu muncul di ponsel kamu.

Makanya perlu kehati-hatiaan dan ketelitian khusus. Sekiranya sinyal belum stabil dan kurang, kamu tahan dulu keinginanmu untuk memperbarui sistem android di ponsel kamu. Karena kalau tidak, sistem yang dipaksa dengan internet yang tidak stabil akan kesulitan mengunduh dan berpeluang gagal di tengah jalan.

Lebih detailnya berikut ini penyebab mengapa ponsel atau tablet terkena bootloop:

1. Flashing Penyimpanan Internal

Penyebab pertama mengapa bootloop terjadi adalah flashing custom ROM baru. Ketika perangkat Custom ROM sudah rusak karena gagal di tengah proses membuat android kamu mendadak bootloop. Android yang mulanya hidup akan mati seketika dan apabila dihidupukan hanya muncul logo android rusak.

2. Memasang Aplikasi Mod

Aplikasi mod merupakan sebuah aplikasi yang biasanya digunakan untuk memunculkan fitur-fitur yang sebelumnya tidak bisa didapat di aplikasi originalnya. Biasanya mereka yang kerap sekali memasang aplikasi mod ini merasa tidak puas dengan fitur yang diberikan oleh aplikasi aslinya.

Padahal mereka tidak tahu, seringnya memasang aplikasi mod juga bisa mengakibatkan sistem android mengalami bootloop. Aplikasi mod yang tidak bertanggung jawab dalam pembuatannya dapat merusak penyimpanan internal dan membuat sistem android mendadak mati dan bootloop.

3. Mengaktifkan Izin dari Sumber yang Tidak Dikenal

Seringkali pengguna android tidak puas dengan aplikasi-aplikasi yang ditawarkan oleh Play Store atau marketplace resmi yang mempunyai izin dari android. Karena tidak puas dan kadang aplikasinya sangat terbatas, membuat pengguna android berinisiatif mendownload aplikasi dari internet.

Beberapa sistem android memiliki fitur yang digunakan untuk mengakses atau mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak dikenal. Nah biasanya fitur ini berada di pengaturan. Pengguna android yang ingin mengunduh aplikasi tersebut dari internet tentu saja harus mengaktifkan izin dari sumber yang tidak dikenal tersebut saat memasangnya.

Tahukah kamu? Hal tersebut juga merupakan salah satu penyebab mengapa bootloop terjadi pada sistem android yang ada. Karena sumber yang tidak dikenal tersebut dapat membawa virus yang mengakibatkan rusaknya sitem android.

Cara Mengatasi Bootloop

cara flash Asus Fonepad 7 via PC

Setelah mengetahui penyebab terjadinya bootloop, cara mengatasi bootloop juga wajib diketahui agar sewaktu-waktu ketika bootloop itu datang kamu tidak akan gelagapan atau terkejut karena hal tersebut. Selain itu kamu juga tidak mengeluarkan banyak biaya untuk masalah ini.

Masalah ini bisa kamu atasi sendiri tanpa membawanya ke tempat service. Lalu bagaimana mengatasi bootloop tersebut? Berikut ini caranya:

  • Matikan android kamu yang hanya menampilkan logo android rusak
  • Tekan agak lama volume bawah dan tombol power secara bersamaan
  • Setelah muncul beberapa pilihan, kamu pilih saja menu Andvanced
  • Selanjutnya kamu pilih opsi Wipe dalvick-cache
  • Klik menu mounts and storage
  • Langkah berikutnya pilih opsi Wipe/cache
  • Terakhir kamu pilih reboot

Setelah mengikuti langkah tersebut, coba kamu hidupkan kembali android kamu yang mengalami bootloop tadi. Harapan untuk dapat menghidupkan kembali tidak akan menjadi sia-sia ketika kamu mengikuti langkah-langkah tersebut. Kamu bisa menggunakan ponsel kamu tanpa mengeluarkan banyak uang.

Cara Flash Asus Fonepad 7 Via PC

cara flash Asus Fonepad 7 via PC

Nah buat kamu pengguna tablet Asus Fonepad 7 yang ternyata mengalami kesialan karena bootloop datang tanpa kamu undang dan tanpa kamu persiapkan sebelumnya, berikut ini ada cara mudah untuk menghidupkan kembali tablet kamu tersebut.

Cara flash Asus Fonepad 7 via PC ini akan membantumu mengatasi masalah-masalah seperti bootloop dan sebagainya. Atau mungkin dengan cara ini pula kamu bisa mengukir tonggak sejarah dalam karir memperbaiki ponsel atau tablet pada kehidupanmu. Selain bisa menghidupkan tablet yang kamu miliki, kamu juga bisa membantu teman-teman atau saudara-saudara kamu ketika mengalami hal serupa.

Nah berikut ini cara flash Asus Fonepad 7 yang bisa kamu coba dan akan berjalan 100%:

  • Pasang intel usb dirver terlebih dulu pada komputer atau laptop kamu
  • Setelah berhasil memasang, salin ketiga file (boot.img, fastboot.img dan splashscreen.img) fastboot tersebut masukan ke dalam folder platfrom tool.
  • Rename file firmware menjadi berikut zip, selanjutnya kamu salin nama tersebut dan tempel pada SD card dan kemudian pasang ke tablet tersebut.
  • Masukkan tablet milik kamu ke mode droidboot dengan cara menekan lama tombol volume atas + power secara bersamaan dan selanjutnya kamu sambungkan ke komputer atau laptop kamu.
  • Lihatlah kembali komputer dan laptop kamu tadi dan setelah driver android tersebut terpasang, kamu buka folder platfrom-tools, tekan agak lama tombol shift di keyboard dengan diikuti klik kanan.
  • Tekan open command windows here
  • Maka akan muncul tampilan command prompt di layar.

Sampai sini apa kamu sudah mengetahuinya? Jika sudah mengetahuinya pastikan langkah tersebut berhasil kamu lakukan sehingga kamu bisa melakukan langkah berikutnya yang ada di bawah ini. Berikut ini beberapa langkah selanjutnya:

  • Lanjutkan dengan mengetik fastboot flash fastboot fastboot.img (tanpa blod) jika sudah menuliskannya kamu tinggal menekan tombol enter.
  • Kemudian ketik lagi fastboot flashboot.img (tanpa blod) dan enter.
  • Terakhir kamu perlu menuliskan fastboot flash splashscreen splashscreen.img dengan tekan enter.
  • Kemudian coba hidupkan kembali tablet kamu dan secara otomatis tablet akan berhasil.

Cara flash Asus Fonepad 7 via pc ini bisa kamu gunakan untuk mengatasi bootloop yang terjadi sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Jika sudah bisa menguasai cara tersebut, kamu tinggal membantu teman-teman atau keluarga lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.