cara daftar aplikasi zoom
in

2 Cara Daftar Aplikasi Zoom Plus Cara Menggunakan Aplikasinya

Cara Daftar Aplikasi Zoom – Pengguna aplikasi Zoom Meeting untuk saat ini bukan lagi hanya didominasi oleh para pekerja kantor yang sedang menjalankan bekerja dari rumah, para pelajar pun ikut mendominasi menggunakan virtual meeting ini.

Aplikasi virtual meeting ini saat ini sangat sering sekali diakses di sektor pendidikan, apalagi saat pemerintah menghimbau masyarakat agar tetap aman dirumah saja karena adanya pandemi COVID-19. Yang lebih utamanya lagi bagi guru juga para murid yang sedang melalsanakan kegiatan belajar mengajar dari rumah atau dengan cara online.

Walau kuota host untuk zoom gratis hanya bisa diisi 100 partisipan selama 40 menit. Namun, hal tersebut cukup jika hanya digunakan skala kelas dan meeting standar. Untuk menghandle jumlah peserta yang lebih banyak, baiknya upgrade ke akun zoom pro atau bisnis.

Aktifitas Virtual Meeting dan Virtual Edukasi di Masa Pandemi

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, pemerintah pusat sampai saat ini masih menghimbau tiap-tiap daerah tepatnya yang saat ini sedang berada dalam zona kuning, oranye, dan merah untuk tidak membuka sekolah atau memulai kegiatan belajar mengajar terlebih dahulu.

Aplikasi zoom Meeting ini sendiri mulai diluncurkan pada Januari 2013 yang lalu. Tidak hanyabtersedia dengan berupa aplikasi pada perangkat android lho, aplikasi Zoom Meeting ini juga bisa diakses dengan melalui situs web baik untuk sistem operasi Windows, Linux, iOS, OS Mac, juga Android.

Sebelumnya mungkin masih ada yang belum tau bagaimana sih cara daftar aplikasi zoom ini?, Karena sebelum kamu menggunakan, pasti kamu harus daftar terlebih dahulu. Nah, berikut ini akan ada sedikit ulasan, bagaimana cara daftar aplikasi zoom meeting.

Cara Daftar Aplikasi Zoom Meeting

Cara daftar aplikasi zoom meeting atau menggunakanya itu terbilang sangat mudah juga tanpa dipungut biaya sepeserpun alias gratis, baik kamu daftar melalui website ataupun daftar melalui aplikasi pada ponsel kamu. Berikut ini cara daftar aplikasi zoom:

Cara Daftar Aplikasi Zoom Melalui Android

  • Bukalah aplikasi Zoom yang sudah kamu unduh di ponsel kamu, lalu tekan Sign Up.
  • Selanjutnya kamu masukkan alamat email kamu. Lalu isi nama depan dan nama belakang yang ingin tampilkan untuk pengguna yang lain. Sebelumnya jangan lupa untuk memberi centang untuk persetujuan Terms of Service terlebih dahulu. Setelah itu, tekan Sign Up.
  • Setelah itu akan ada email yang dikirimkan ke alamat email yang kamu gunakan saat mendaftar sebelumnya. Lalu tekan Activate Account pada email yang tertera tersebut.
  • Kemudian kamu masukkan password sesuai dengan yang diperintahkan untuk akun Zoom. Proses pendaftaran kamu sudah selesai. Dan akhirnya akun Zoom kamu sudah dapat digunakan.
  • Yang ini adalah cara daftar aplikasi zoom apabila kamu sudah mempunyai akun Zoom Meeting sebelumnya, lalu kamu dapat memilih tombol Sign In. Kamu hanya perlu memasukkan alamat email dan password yang sudah kamu daftarkan sebelumnya.

Cara Daftar Aplikasi Zoom Melalui Website

  • Pertama-tama kamu kunjungi dulu website us, kemudian tekan tombol Sign UpSelanjutnya kamu isi kolom email dan nama yang sudah tersedia.
  • Yerakhir, cek email dan lakukanlah aktivasi.

Apabila sebelumnya kamu sudah memiliki akun, kamu dapat memilih Sign In. Dan kamu hanya perlu memasukkan alamat email juga password kamu yang sebelumnya sudah kamu daftarkan.

Bagaimana? Sangat mudah kan?. Semoga dapat dengan mudah untuk dipahami para pembaca. Itulah beberapa cara daftar aplikasi zoom melalui android juga website.

Baca juga cara hapus akun zoom di hp android jika hanya ingin menggunakan zoom di Laptop / Komputer saja.

Untuk selanjutnya ada bonus nih, yaitu bagaimana sih cara menggunakan aplikasi virtual meeting ini?. Nah, berikut ulasanya :

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting

Sebelumnya para guru harusnya sudah mempersiapkan ruang Zoom Meeting bagi orangtua atau anak didiknya. Akan ada yang hanya perlu klik link yang sudah tersedia atau ada yang memang harus perlu memasukkan meeting ID dan password yang sudah disediakan oleh guru ataupun admin.

Bagi para guru yang memiliki peran sebagai host maka para guru harus lebih dulu membuat ruang pada Zoom Meeting. Host sebaiknya memanfaatkan laptop atau komputer karena akan menjadi lebih mudah saat digunakan. Salah satu kelebihannya dapat merubah background zoom saat meeting dilakukan. Cara menggunakan aplikais zoom meeting adalah sebagai berikut:

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Zoom Meeting
  2. Kemudian klik Start pada pilihan My Personal Meeting ID
  3. Setelah itu pilih Invite Others. Invite Others bisa dilakukan lewat email atau dengan cara menyalin link yang susah tertera dan kirimkan pada masing-masing peserta didik ataupun orangtuanya.
  4. Tunggu terlebih dahulu hingga semua peserta sudah hadir di ruang meeting. Pada menu security terdapat juga pilihan Lock Meeting yang bisa diberi tanda centang.
  5. Apabila meeting atau kegiatan belajar sudah selesai, maka host bisa klik pilihan End Meeting for All yang sudah ada pada Zoom Meeting tersebut.

Demikianlan, panduan singkat tentang cara daftar aplikasi zoom. Semoga dapat membantu aktifitas virtual Anda selama pandemi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.