7 Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan tanpa Menghapus Aplikasi
in

Begini Cara Daftar Aplikasi MyPertamina yang Mudah untuk Isi BBM

Seiring dengan munculnya berita bahwa PT Pertamina (Persero) telah memperluas wilayah wajib pendaftaran di website MyPertamina, tentu membuat hampir setiap orang mencari cara daftar aplikasi MyPertamina agar bisa mendapatkan BBM jenis Pertalite dan Solar Subsidi. 

Dari 50 kota/kabupaten yang diwajibkan, hingga Juli kemarin sudah ada 220 ribu kendaraan roda empat yang mendaftar. Jika Anda masih belum termasuk ke dalam salah satunya, sebaiknya segera daftarkan diri Anda di aplikasi MyPertamina. 

Mengapa Cara Daftar Aplikasi MyPertamina Ini Perlu Diketahui?

Cara Daftar MyPertamina wajib diketahui oleh setiap pemilik kendaraan bermotor yang lebih senang menggunakan bahan bakar minyak bersubsidi. Pasalnya, hanya pengguna terdaftar yang bisa menikmati BBM bersubsidi dari Pertamina. 

Aplikasi ini bisa Anda unduh dengan mudah dan bisa dipasang pada smartphone ataupun laptop. Tujuan dari pembelian BBM bersubsidi ini ialah agar subsidi BBM bisa lebih tepat sasaran. Pasalnya, selama ini BBM jenis solar dan Pertalite yang disubsidi menggunakan dana dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

Panduan Cara Daftar Aplikasi MyPertamina

7 Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan tanpa Menghapus Aplikasi

Untuk bisa mendaftar di aplikasi MyPertamina, ada beberapa langkah yang mesti Anda lakukan. Mulai dari mempersiapkan persyaratan, pendaftaran, hingga menunggu approval. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita lalu step by step cara daftar MyPertamina ini.

1. Persyaratan Identitas

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mendaftar aplikasi MyPertamina ialah dengan menyiapkan beberapa identitas yang diperlukan. Beberapa diantaranya seperti foto kendaraan, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan beberapa dokumen pendukung lainnya. 

2. Mendaftar via Situs

Setelah semua persiapan terkumpul, selanjutnya Anda bisa mengunjungi situs subsiditepat.mypertamina.id. Lalu centang informasi setelah Anda memahami persyaratannya. Klik ‘Daftar Sekarang’, dan ikuti arahan yang diberikan oleh sistem untuk menyelesaikan pendaftaran.

3. Menunggu Pencocokan Data

Setelah pendaftaran selesai, Anda masih harus menunggu proses pencocokan data yang diinput. Biasanya, proses ini akan memakan waktu sekitar 7 hari kerja. Pencocokan ini akan dilakukan melalui email yang Anda masukan saat proses pendaftaran.

Agar tidak ketinggalan informasi, Anda bisa mengecek pendaftaran melalui website secara berkala. Langkah terakhir, Anda akan diminta untuk mengunduh QR Code yang akan dibutuhkan untuk mengecek status pendaftaran secara berkala.

Cara Membeli Pertalite dan Solar Subsidi Menggunakan MyPertamina

7 Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan tanpa Menghapus Aplikasi

Setelah pendaftaran Anda disetujui, selanjutnya Anda bisa membeli Pertalite menggunakan aplikasi MyPertamina. Adapun caranya yaitu sebagai berikut.

  • Unduh aplikasi MyPertamina melalui Play Store atau App Store.
  • Silakan isi data lengkap dan PIN keamanan transaksi. 
  • Aktivasi aplikasi tersebut dengan cara masukan kote OTP yang diterima melalui SMS.
  • Silakan masuk kembali ke akun MyPertaminan menggunakan nomor telepon dan PIN. 
  • Hubungkan akun MyPertaminan Anda dengan akun LinkAja.
  • Jika sudah berhasil dan Anda memiliki saldo yang cukup, maka pembayaran bisa langsung dilakukan. Caranya dengan klik ‘bayar’. 
  • Arahkan kamera ponsel Anda pada mesin EDC SPBU Pertamina, selanjutnya scan QR Code akan ditampilkan. 
  • Jika harga dan jumlah liter BBM subsidi Pertalite sudah sesuai, silakan konfirmasi pembayaran dengan klik ‘Bayar’.
  • Konfirmasi ulang pembayaran dengan PIN akun LinkAja.
  • Kini Anda akan menerima notifikasi pemberitahuan bahwa pembayaran BBM subsidi telah berhasil.  

Demikianlah beberapa cara daftar Aplikasi MyPertamina lengkap dengan cara pembayarannya. Semoga Anda bisa mengikutinya dengan mudah dan bisa mendapatkan BBM subsidi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.