lens - lensa
Photo by Anthony Garand on Unsplash
in ,

Cara Copy Teks Dari Gambar di Android [Tanpa Ketik]

Cara Copy Teks Dari Gambar di Android — Bagi sebagian orang, mengetik bisa dilakukan dengan lebih cepat dibandingkan menulis secara langsung menggunakan tangan. Dengan syarat, orang tersebut sudah hafal posisi huruf di keyboard, dan terbiasa menggunakannya.

Saat ini, mengetik juga sudah mulai menggeser posisi tulisan tangan. Lihat saja di sekitar kita. Orang yang sudah lulus dari sekolah, atau tidak memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan menulis, sangat jarang menulis di buku.

Orang-orang cenderung lebih memilih mengetik di handphone atau komputer, dibandingkan menulis di buku. Selain lebih cepat dan praktis, kita dapat menyalin teks dengan mudah jika sudah mengetiknya.

Cara Copy Text Dari Gambar di Android

Lalu, bagaimana jika kamu diminta untuk mengetik teks dari gambar? Mau tidak mau harus mengetiknya secara manual. Namun seiring perkembangan jaman, sekarang kita sudah bisa melakukannya dengan mudah secara langsung menggunakan aplikasi Google Lens.

Kali ini LiteTekno akan membahas bagaimana cara copy text dari gambar di Android. Simak penjelasannya di bawah ini:

  • Biasanya, handphone Android sudah dilengkapi dengan aplikasi Google Lens. Namun jika belum ada, silahkan install terlebih dahulu di Google Play Store. Atau melalui link ini.
  • Saya membuka Google Lens dengan menggunakan shortcut google seperti pada gambar.

cara copy teks dari gambar

  • Ketika Google Lens sudah terbuka, tekan tombol Teks pada bagian bawah.

cara copy teks dari gambar

  • Arahkan kamera mu ke gambar atau buku yang ingin disalin teksnya. Pastikan kamu berada di tempat dengan cahaya yang memadai. Jika gambar sudah stabil, tekan tombol foto berbentuk lingkaran di tengah.

cara copy teks dari gambar

  • Tekan tombol Pilih Semua untuk menyalin semua teks.

cara copy teks dari gambar

  • Namun jika ingin menyalin sebagian dari teks, seleksi bagian yang diinginkan. Kemudian untuk menyalinnya, cukup tekan tombol Salin Teks. Sekarang teks sudah berhasil di-copy.

cara copy teks dari gambar

Jika kamu menggeser tombolnya ke sebelah kiri, terdapat beberapa fitur menarik. Ada tombol Dengarkan yang jika ditekan, maka Google akan membacakan teks mu.

Selain itu, ada juga tombol Terjemahkan. Gunanya untuk menerjemahkan teks yang sudah disalin, ke dalam bahasa yang diinginkan.

cara copy teks dari gambar

Itulah langkah-langkah cara copy teks dari gambar di android. Beberapa handphone model lama mungkin belum mendukung aplikasi Google Lens.

Jika kamu ingin menyalin teks dari file gambar, kami sudah menyiapkan artikel cara copy teks dari gambar secara online tanpa aplikasi. Ini juga bisa menjadi alternatif jika handphonemu tidak mendukung aplikasi Google Lens.

Nantikan update menarik lainnya hanya di LiteTekno. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0