cara cek suhu laptop
in

Termudah 2021, 3 Cara Cek Suhu Laptop Cukup 5 Menit Saja

Cek Suhu laptop sangatlah penting untuk dipantau, terutama buat kamu yang sangat sering menggunakan laptop dengan waktu lama misal kamu buat untuk bekerja. Terlebih jika kamu seorang gamer yang otomatis penggunaan laptopnya diatas rata-rata.

Apalagi jika pekerjaannya termasuk dalam kategori kerja yang berat, seperi rendering animasi 3D, desain grafis, atau untuk bermain game. Suhu laptop ini merupakan salah satu tolak ukur kinerja komputer grafis dan gaming saat ini.

Cara Cek Suhu Laptop Paling Mudah

Jika kamu tidak memonitor suhu laptop, maka laptop kamu akan kelewat panas yang apabila kamu biarkan dalam jangka waktu yang lama, akan dapat merusak komponen laptop kamu.

Namun pertanyaanya disini adalah, bagaimana sih cara untuk cek suhu laptop? Berikut tim LiteTekno.com bagikan cara mudahnya :

1. Real Temp

Real Temp ialah sebuah aplikasi yang berguna untuk memonitor suhu laptop yang di desain untuk semua prosesor Intel, baik single core, dual core, quad core ataupun core i7. Akan tetapi tidak tahu mengapa aplikasi ini tidak mendukung prosesor pentium 4.

Real Temp juga menyajikan informasi temperatur sesuai dengan data yang disajikan oleh Fluke 62 IR Thermometer, yang merupakan perangkat yang sudah ada di motherboard.

Aplikasi ini juga sangat mendukung untuk digunakan di OS lawas, mulai dari Windows 2000, XP, Vista, Windows 7 dan 8. Juga dapat berjalan dengan begitu lancar pada OS baru seperti Windows 10, baik 32bit maupun 64bit.

Cara Cek Suhu Laptop Menggunakan Aplikasi Real Temp

  • Instal aplikasi Real Temp di Laptop atau Komputer Kamu.
    Jika kamu ingin mendownloadnya , kunjungi situs pemiliknya di TechPowerUp.com
  • Jalankan aplikasi Real Temp
  • Lihat Suhu Laptop Kamu secara real time

Yuk lindungi laptop kesayangan kamu dengan pakai aplikasi ini. Agar tetap awet dan performanya tetap stabil sesuai harapan.

2. CPU Thermometer

Aplikasi untuk cek suhu laptop yang direkomendasikan ini adalah CPU Thermometer. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini berguna seperti thermometer untuk laptop kamu, yaitu berguna untuk mengecek suhu. Ukurannyapun sangat ringan, tidak lebih dari 613kb.

Aplikasi CPU Thermometer Bisa dipakai pada laptop dengan prosesor Intel ataupun AMD. Aplikasi ini bisa langsung berjalan ketika laptop dinyalakan. Jadi kamu tak perlu menjalankannya dengan cara manual.

Jika ingin mendownloadnya , kunjungi situsnya di CPUTheermometer.com ya.

Setelah Download , pastikan instal aplikasi yang sangat berguna ini.

Kelebihan CPU Thermometer

Salah satu kelebihan aplikasi CPU termometer adalah dalam aplikasi ini ditambahkan beberapa fungsi yang kita bisa setting sesuai kebutuhan.

Beberapa fungsi misalkan saat laptop kita overheat kita bisa membuat perintah untuk auto shutdown, reboot atau hanya penyampaian warning saja.

Bermanfaat sekali kan aplikasi ini. Yuk segera instal di Laptop atau komputer kamu segera.

3. Melalui BIOS

Berikut adalah bagaimana cara cek suhu laptop tanpa aplikasi melalui BIOS:

  • Matikan laptop kamu
  • Kemudian nyalakan kembali
  • Klik tombol F1, F2, F8, Del beberapa kali
  • Laptop kamu akan langsung masuk ke menu BIOS
  • Saat laptop kamu sudah berada pada menu BIOS, silahkan kamu cari informasi suhu laptop

Bagaimana Sangat mudah sekali kan?

Oh, ya. Untuk fungsi tombol F1 sampai dengan Del, itu tergantung laptopnya ya, Biasanya beda merk juga beda tipe mbed tombol juga akan berbeda.

Demikianlah Tips dan Trik Komputer mengenai cara cek suhu laptop paling mudah. Sampai jumpa di artikel kita selanjutnya ya.

.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0