Cara Cek Ram Samsung J1 Ace [Mudah]
in

Cara Cek Ram Samsung J1 Ace [Mudah]

Setiap tipe hp Samsung memiliki tipe ram yang berbeda-beda. Ram sendiri merupakan komponen penting dalam smartphone untuk mempercepat kinerja dari smartphone itu sendiri. Sebagai pengguna Samsung, kamu tentunya ingin mengetahui berapa besarnya ram di hp kamu itu. Apalagi kamu pengguna Samsung J1 Ace. Cara cek ram Samsung J1 Ace adalah sesuatu yang paling kamu kepoin.

Ram berperan sangat penting perihal kecepatan kinerja smartphone. Dia merupakan komponen yang membantu aplikasi berjalan dengan cepat. Lelet atau tidaknya aplikasi yang dijalankan di android salah satunya dipengaruhi oleh ram ini. Kalau kamu ingin bermain game dengan ukuran besar, hp kamu harus memiliki kapasitas ram yang besar pula.

Ram dan Aplikasi

Aplikasi-aplikasi yang berjalan memakan banyak ruang ram. Lalu apa sih fungsi dari ram tersebut? ram berfungsi untuk menyimpan sementara penyimpanan aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone kamu. Sehingga apabila kamu memiliki 10 aplikasi, tentu saja ram yang ada di smartphone kamu juga terbagi menjadi 10 aplikasi tersebut. makanya kamu perlu ukuran ram yang besar untuk aplikasi besar pula.

Perbedaan Ram dan Penyimpanan Internal

Masih sering orang-orang di luar sana yang menganggap antara ram dan penyimpanan internet sama. Padahal secara kegunaan dan pengertiannya pun sangat berbeda walaupun ada kesamaan juga di antara keduanya. Tahukah kamu perbedaan antara ram dan penyimpanan internal?

Penyimpanan internal berfungsi untuk menyimpan data-data yang ada di dalam aplikasi. Misalnya save-save an game, dokumen, foto, video dan file-file penting lainnya yang nantinya masih bisa digunakan lagi.

Sedangkan ram berguna ketika aplikasi tersebut dijalankan. Dialah yang membantu proses jalannya aplikasi dengan menjadi penyimpan data sementara ketika aplikasi itu berjalan. Sehingga kamu tidak bisa menyimpan data yang bersifat selamanya. Seperti data-data tadi.

Mereka juga memiliki kesamaan yakni sama-sama perangkat yang tertanam pada smartphone dan tidak bisa dilepas-lepas seperti kartu SD atau memori eksternal lainnya. Ram dan penyimpanan internal ini bersifat abadi dan tidak bisa diubah-ubah atau dilepas-lepas sesuka hatinya. Kecuali jika ingin memperbaikinya.

Spesifikasi Samsung J1 Ace

Sebelum beranjak ke cara cek ram smartphone ini, kamu perlu mengetahui spesifikasi dari Samsung J1 Ace ini. Siapa tahu dengan mengetahui spesifikasi ini kamu tertarik untuk membelinya. Tidak ada salahnya bukan juga memberi informasi tentang spesifikasi dari Samsung J1 Ace? Selain untuk menarik keinginanmu agar membeli, kamu juga bisa mendapatkan informasi yang berguna ini.

Dari informasi yang kamu ketahui ini, kamu bisa merokomendasikan Samsung ini ke saudara, keponakan atau teman dekatmu sekalipun. Berikut ini spesifikasi yang tidak wajib kamu ketahui tetapi berguna untuk menambah informasi kamu.

  • Sinyal GSM/HSPA/LTE
  • Single SIM (Micro-SIM) or Dual SIM (Micro SIM, dual Stand by)
  • Android 4.4.4 (Kitkat), upgrade
  • CPU Quadcore 1.5 GHz

Cara Cek Ram Samsung J1 Ace

Setelah mengetahui spesifikasinya, buat kamu sudah mempunyai Samsung J1 Ace ini pasti sudah tidak sabar ingin mengetahui cara cek ram hp kamu tersebut. Tenang saja karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mengecek berapa sih ram dari Samsung J1 Ace itu?

Dengan cara ini kamu sendiri akan mengetahui besarnya kapasitas ram yang dimilik oleh hpmu itu. Ketika sudah mengetahui, secara naluriyah kamu akan membatasi aplikasi-aplikasi yang membuat android kamu penuh. Nah untuk itu berikut cara cek ram Samsung J1 Ace:

1. Menggunakan Pengaturan di Hp

Cara pertama yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan pengaturan yang ada di hp kamu. Di pengaturan ini kamu bisa menggunakan dua cara yakni dengan melihat perawatan perangkat dan tentantg ponsel. Dari kedua cara tersebut, kamu akan mengetahui ram hp kamu yang merk Samsung J1 Ace itu berapa.

Perhatikan beberapa langkah ini agar kamu tidak keliru. Karena bisa saja ketika kamu salah pencet, kamu malah mereset penyimpanan milik kamu sendiri. Ketika kamu meriset tanpa sepengetahuan kamu, semua data yang kamu simpan hilang seketika.

Nah berikut cara mengecek ram Samsung J1 Ace menggunakan pengaturan HP:

  • Buka pengaturan atau setting di hp kamu
  • Ada menu pengaturan di sana, kamu pilih Pemeliharaan Perangkat atau Device Maintenance
  • Ketika kamu klik tombol tersebut, kamu akan disajikkan informasi tentang memory dan penyimpanan. Kamu ingat memory sama saja dengan ram jika di sebelahnya tertulis penyimpanan.
  • Klik saja tombol memory yang ada lambangnya,
  • Kamu bisa melihat keseluruhan kapasitas ram dan ram yang masih tersedia
  • Selain itu kamu juga bisa menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang yang memenuhi ram padahal tidak kamu gunakan. Pilih tombol hentikan aplikasi di latar belakang.

Selain itu kamu bisa melihat ram dari pengaturan dengan cara yang ada di bawah. Cara ini adalah cara mengetahui ram dari menu tentang ponsel:

  • Buka aplikasi pengaturan di hp kamu
  • Jika tadi memilih pemeliharaan perangkat, kali ini kamu pilih Tentang Ponsel yang ada di bawah sendiri.
  • Klik saja tombol itu dan secara otomatis informasi tentang ponsel muncul. Mulai dari ram, internal, hingga baterai sekalipun akan muncul.

2. Menggunakan Aplikasi CPU-Z

Selain aplikasi pengaturan bawaan yang ada di hp kamu, kamu bisa menggunakan aplikasi lain untuk mengetahui kapasitas ram dari hp Samsung J1 Ace yang kamu miliki itu. Tidak ada salahnya apabila kamu menggunakan aplikasi tersebut untuk mengecek ram kamu ketika kamu belum yakin seratus persen.

Nah berikut ini cara mengecek ram hp Samsung J1 Ace menggunakan Aplikasi CPU-Z:

  • Unduh dan pasang aplikasi CPU-Z melalui google play atau browser internet.
  • Pasang aplikasi tersebut dengan mengaktifkan sumber yang tidak dikenal apabila kamu mendownload menggunakan internet
  • Setelah berhasil terpasang, jalankan aplikasi tersebut
  • Klik menu Device
  • Di sana ada banyak informasi mulai dari ram, penyimpanan hingga akselerasi cpu android yang kamu miliki.

3. Menggunakan  Aida 64

Cara mengecek ram menggunakan aplikasi kedua ini bisa kamu lakukan dengan aplikasi Aida 64. Hal ini sah-sah saja kamu pilih karena merasa aplikasi ini lebih akurat ketimbang aplikasi sebelumnya. Untuk itu inilah cara mengecek ram menggunakan aplikasi Aida 64:

  • Download aplikasi melalui google play atau internet
  • Pasang aplikasi tersebut dengan mengaktifkan sumber dari tidak dikenal apabila kamu mendownload aplikasi tersebut dari internet
  • Buka aplikasi yang sudah terpasang dan klik menu sistem setelah kamu berhasil membukanya
  • Informasi tentang ram, penyimpanan dan perangkat lainnya akan muncul pada menu tersebut apabila kamu mengkliknya.

Itulah beberapa cara cek ram Samsung J1 Ace yang bisa kamu coba. Setelah mengetahui ram dari hp kamu tersebut. berbijaklah dalam memasang aplikasi. Jangan sampai aplikasi yang tidak diperlukan ikutan dipasang di hp kamu itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.