cara cek imei
in , ,

Cara Cek IMEI di Android dan Iphone dengan Mudah!

Saat ini pemerintah telah menerapkan sistem pemblokiran IMEI pada perangkat-perangkat ilegal sejak tahun 2020 kemarin. Bukan hanya itu, IMEI ini bisa juga membantu kamu dalam pencarian ponsel yang hilang.

Dengan memasukkan nomor IMEI ke blacklist atau daftar hitam, maka ponsel tersebut takkan bisa digunakan lagi terutama dalam koneksi internet. Sebab ketika IMEI di blokir, ponsel tersebut takkan bisa menggunakan semua layanan yang tersedia di Indonesia.

Lantas, bagaimana cara kita mengecek IMEI yang ada pada ponsel agar ponsel tersebut tidak masuk ke daftar hitam? Berikut adalah langkah-langkahnya.

Cara Cek IMEI di Android

Untuk mengecek IMEI pada ponsel android, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka menu Pengaturan atau Settings
  • Pilih About Phone atau Tentang Ponsel
  • Lalu pilih Status atau Umum
  • Kemudian pilih About Devices atau Tentang Perangkat

Apabila kamu menggunakan ponsel Iphone yang berbasis iOS, maka ikuti langkah berikut.

Cara Cek IMEI di Iphone

  • Buka menu Pengaturan atau Settings
  • Pilih menu Umum > About
  • Setelah itu scroll ke bawah dan cari menu IMEI

Setelah kamu mendapatkan IMEI tersebut, silahkan cek IMEI ponsel kamu pada https://imei.kemenperin.go.id/ untuk memastikan apakah IMEI pada ponsel kamu masuk ke dalam daftar hitam atau tidak.

Bila ponsel kamu terdaftar di kemenperin, maka IMEI tidak terdaftar di daftar hitam dan ponsel kamu aman dan legal. Dan apabila IMEInya tidak terdaftar di kemenperin, maka ponsel yang kamu pakai itu didapat secara ilegal dan termasuk ke dalam daftar hitam.

Oleh karena itu disarankan bagi kalian untuk membeli ponsel dari toko resmi saja, daripada beli dari pihak ketiga dan bahkan dari Black Market. Itu sangat tidak direkomendasikan karena tempat itu pasti menjual barang ilegal dan tentunya harga di bawah pasar.

Satu lagi, untuk mengecek IMEI juga bisa melalui dial telephone dengan mengetik *#06#. Maka akan muncul IMEI ponsel kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.