youtube
Photo by Alexander Shatov on Unsplash
in

Cara Agar Terhindar Dari Copyright Youtube

Bagi kalian yang akan membuat channel YouTube, atau sebagai pemula yang akan mengupload beberapa video ke YouTube. Maka harus ketahui terlebih dahulu peraturannya. Di ketahui YouTube memiliki sekumpulan aturan main yang cukup ketat, salah satunya adalah copyright. Pada kali ini LiteTekno akan membagikan cara agar terhindar dari copyright YouTube.

Copyright sendiri adalah suatu kondisi dimana sautu video yang terdeteksi menggunakan konten orang lain atau memiliki hak cipta. Biasanya terjadi kepada para Reuploader yang kurang menaati aturannya tersebut.

Akibat dari copyright ini ternyata sangat merugikan bagi para youtuber, yakni video yang sudah di upload tidak akan menghasilkan uang dan biasanya di tandai dengan logo huruf C pada dashboard video yang sudah di unggah.

Dan Inilah dampak-dampak lainnya yang akan terjadi apabila video terkena Copyright :

  • Video akan di blokir oleh semua Negara dan berdampak terjadinya suspend pada channel Youtube.
  • Video akan di mute pihak Youtube, jadi video yang di unggah akan tetap ada namun tidak akan terdengar suara.
  • Tidak mendapatkan uang penghasilan dari video tersebut sekalipun banyak yang menonton. 100% penghasilan akan di berikan kepada pemilik video asli. Namun beberapa kasus juga terjadi penghasilannya akan di bagi 2.

Cara Agar Terhindar Dari Copyright YouTube

Maka sangat di peruntukkan untuk para calon youtuber memperhatikan aturan copyright ini. Berikut cara menghindari video youtube agar tidak terkena copyright :

  1. Cari backsound audio yang tidak memiliki hak cipta. Seperti contoh lagu remix atau cover. Jika ingin tetap memakai lagu yang original, maka harus meghubungi pemilik untuk meminta izin. Kalau di setujui, kamu bisa menggunakanya asal cantumkan link pemilik lagu di dekskripsi video.
  1. Jangan meng-upload ulang konten yang memiliki hak cipta. Terkecuali hanya cuplikan saja, itu pun dengan durasi sekitar 5 sampai 13 detik.
  1. Dilarang untuk meng-upload tayangan televisi, hal tersebut akan di anggap melanggar hak cipta jika pihak dari stasiun TV mengetahuinya dan melapor ke Youtube. Dengan begitu channel kamu kan terjebak dalam dua aturan sehingga bisa saja berlanjut ke ranah hukum.
  1. Perhatikan video/audio yang akan di re-upload. Jika di dekskripsi video tercantum judul, lagu (apabila konten musik), artist dan lisensinya, kemungkinan video tersebut memiliki hak cipta. Maka kamu dilarang mengupload ulang karean tidak akan di monetisasi.
  1. Cari situs-situs penyedia video/audio bebas hak cipta. Seperti Pixabay, Mixkit, dan banyak lainnya agar video kamu bisa tetap di monetisasi dan tidak melanggar aturan Youtube.

Nah itulah ulasan terkait cara agar terhindar dari copyright YouTube beserta dampaknya. Pelajari kembali sebelum mulai membuat channel agar tidak melanggar ketentuannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.