browser android paling ringan
in

5 Browser Android Paling Ringan 2021, Pasti Wuz Wuz Wuzzz

Saat berselancar banyak dari kita yang merasa jengkel jika halaman informasi yang dibuka leletnya seperti siput. Oleh karena itu, Kecepatan browsing menjadi pertimbangan banyak pengguna internet. Sehingga, mereka mencari browser android paling ringan untuk diunduh dan diinstal ke smartphone masing-masing.

Fitur yang begitu lengkap membuat beberapa browser seperti Edge, Chrome, FireFox , dan UC Browser. Akibatnya, browser mengkonsumsi cukup banyak ruang penyimpanan, kuota juga performa. Tentu saja, hal seperti ini tak akan menjadi masalah untuk ponsel yang memiliki spesifikasi lumayan. Akan tetapi, untuk ponsel ‘kentang’ terutama dengan RAM yang minimalis , akan menjadikan browser-browser tersebut tidak bersahabat.

5 Browser Android Paling Ringan

Namun jangan khawatir, Play Store tidak hanya ditempati oleh browser-browser yang berat saja. Akan tetapi, masih ada banyak browser yang ringan yang juga hanya memakan sedikit penyimpanan, kuota, dan performa dengan kata lain baik untuk ponsel kamu dengan spesifikasi yang terbatas. Berikut ini adalah daftar beberapa browser paling ringan.

1. UC Browser Mini

Telah diunduh sebanyak lebih dari 100 juta kali, UC Browser Mini yang termasuk dalam kategori browser android paling ringan ini menjadi browser versi Lite terlaris untuk Android pada Play Store.

UC Browser Mini ini juga merupakan versi ‘minimalis’ dari UC Browser yang tak hanya kecil ukuranya (di kisaran sekitar 30MB), akan tetapi UC Browser Mini juga sangat cepat dan dilengkapi dengan fitur yang lengkap seperti Ad-Block, Data Saving, dan masih banyak lagi.

Dibahas secara fungsinya, UC Browser Mini ini tak jauh berbeda dengan UC Browser yang biasa. Satu-satunya perbedaan yaitu pada faktanya bahwa UC Browser Mini dirancang secara khusus untuk dapat mengompres data hingga dapat menghemat kuota dan menjadi lebih cepat.

2. Firefox Lite

Salah satu browser paling populer di dunia dan termasuk browser android paling ringan juga selanjutnya adalah Firefox. Untuk menjangkau semakin banyak pengguna, browser hasil karya Mozilla ini memunculkan Firefox Lite. Firefox ini bisa dikenal karena peran dari teknologi Quantum-nya yang menggabungkan dua fungsi yaitu browsing terbaik dengan user-interface yang lebih intuitif.

Sama seperti namanya, Firefox Lite dibuat dengan fitur yang dapat menghemat data. Browser yang menyita 10MB tempat penyimpanan ini juga menjamin pengguna untuk dapat memblokir gambar dari beberapa situs yang tertentu, memanfaatkan mode Turbo untuk memblokir iklan dan mengambil gambal layar untuk dapat membaca offline.

3. Via Browser

Via browser merupakan salah satu browser yang lebih dari satu juta unduhan yang juga termasuk salah satu broer android paling ringan, ramah penyimpanan dan sederhana. Pada Play Store, Via Browser memiliki ukuran 509KB yang bisa menjadikan Via Browser ini menjadi browser Android terkecil sejauh ini.

Selain menjadi browser yang super ringan, Via Browser juga sangat ‘diam’ karena tidak akan menampilkan notifikasi apapun kepada ponsel pengguna. Desain yang cukup sederhana namun juga menjadi salah satu hal yang menyebabkan nilai jual utama dari browser ini. Selain itu, Via Browser ini juga memiliki ad-blocker bawaan, mode incognito, mode malam, QR code scanner, dan masih banyak lagi.

4. XBrowser

Xbrowser yang hampir sama seperti Via Browser juga browser android paling ringan yang juga telah diunduh sebanyak lebih dari satu juta kali. Salah satu fitur utama dari XBrowser ini yaitu desain user-interfacenya yang responsif dan juga sederhana. XBrowser ini juga dibekali dengan pemblokir iklan bawaan untuk menghilangkan redirect di browser android ulah adware yang tidak bertanggung jawab. Ada pula, tombol navigasi untuk akses situs cepat yang bisa dikustomisasi, mode gelap, dan penerjemah.

Lebihnya lagi, XBrowser ini juga mempunyai fitur hebat lainya yaitu memiliki kemampuan mengubah UA ke iPhone atau user-agent, Desktop, Android atau iPad. Khusus untuk ukuran, ketika terinstal, XBrowser hanya menghabiskan penyimpanan hanya sebesar 2,9MB.

5. Monument Browser

Monument Browser mungkin memang tak sepopuler Via Browser dan XBrowser, akan tetapi, secara fungsi Monument Browser yang juga merupakan salah satu browser android paling ringan ini menawarkan user-experience yang cukup sangat baik. Dilihat dari ukurannya yang kecil (kurang lebih sekitar 3MB), Monument Browser secara tiba-tiba hadir dengan banyak sekali fitur.

Beberapa fitur di antaranya seperti, mode gelap, mode privasi, mode baca, blok history. Serta, pemblokir iklan, dan satu fitur yang unik dengan nama “Floating Window”. Pada dasarnya, Floating Window ini cukup memungkinkan pengguna untuk membuka banyak sekali jendela halaman yang berfungsi sebagai pop-up, agar dapat mengerjakan lebih dari satu tugas dengan cara bersamaan.

Itulah daftar browser Android paling ringan yang bisa kamu unduh dan kamu pasang. Terlebih jika memang Handphone yang kamu gunakan kurang lega dalam penyimpanannya.

Leave a Reply