artificial intelligence
in

Jarang Disadari! 10 Artificial Intelligence dalam Kehidupan Sehari-hari

Saat ini, kecerdasan buatan atau yang juga dikenal dengan istilah Artificial Intelligence (AI) tengah menjadi pusat perhatian banyak orang. Hal ini bermula sejak sebuah komputer berhasil mengalahkan Garry Kasparov dalam permainan catur pro pada tahun 1990 lalu. Hal ini kemudian dikembangkan untuk membantu pekerjaan manusia agar menjadi lebih efisien. 

Pada hakikatnya, AI memiliki dua kategori yaitu AI lemah (Weak AI) dan AI kuat (Strong AI). AI dibuat untuk melakukan tugas tertentu seperti menjawab pertanyaan berdasarkan apa yang telah diinput. Sementara itu AI kuat dirancang menggunakan sistem kognitif layaknya manusia. Penasaran dengan informasi selengkapnya? Mari simak artikel ini secara saksama.

10 Artificial Intelligence yang Kita Gunakan dalam Kehidupan Sehari-hari

Disadari atau tidak, kini teknologi kecerdasan buatan ini sudah sangat dekat dengan kita. Bahkan, tanpa disadari kita telah bergantung pada teknologi tersebut. Di bawah ini ada beberapa contoh Artificial Intelligence

1. Streaming Video/Musik 

Saat ini, streaming sudah menjadi salah satu hiburan favorit masyarakat. Bagaimana tidak? Layanan ini memungkinkan kita untuk mengakses semua video atau musik dengan mudah dan cepat. Pada saat kita streaming video, layanan tersebut akan menampilkan video sesuai dengan kualitas jaringan yang dimiliki.

Umumnya, ketika membuka aplikasi streaming kita akan disuguhkan berbagai konten terbaru atau yang sedang trend yang sedang berlangsung saat ini. Rekomendasi yang diberikan biasanya akan berdasarkan riwayat penelusuran streaming video atau musik yang Anda lakukan. 

2. Search Engine 

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan Bing, Yahoo, apalagi Google. Web ini sangat terkenal karena kemampuannya yang bisa memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan. Tahukah Anda? Jika sebenarnya kepintaran tersebut dihasilkan dari kontribusi dari masyarakat dunia yang saling berbagi pengetahuannya melalui artikel.

Umumnya, search engine akan berlomba-lomba untuk memberikan aksesibilitas yang tinggi agar pengguna lebih nyaman ketika berselancar melalui internet. Artificial Intelligence pada search engine ini terletak pada kebiasaannya dalam mempelajari kebiasaan pengguna dalam mencari informasi.

3. Fitur Selfie

Pada saat Anda berfoto ria menggunakan kamera smartphone, biasanya akan menambahkan fitur-fitur kamera untuk mendukung hasil jepretan yang cantik. Baik itu berupa filter, editing, beauty, dan fitur lainnya. 

Selain itu, ada juga beberapa fitur kamera yang dapat mendeteksi wajah sehingga mampu mengubah wajah kita menjadi lebih muda. Ternyata, fitur tersebut memanfaatkan AI berupa deteksi wajah, warna, dan kualitas. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot untuk mengedit gambar menjadi lebih kece. 

4. GPS 

Global Positioning System atau lebih akrab dengan sebutan GPS. Artificial Intelligence yang satu ini mengandalkan big data dalam proses pembuatannya. Bayangkan saja, kini Anda bisa mengakses rute di seluruh dunia secara detail hanya dengan mengakses GPS. 

Layanan ini juga bisa mengetahui jalanan yang sedang macet atau lancar menggunakan simbol berwarna. Anda juga akan mendapatkan berbagai pilihan rute tercepat agar terhindar dari kemacetan tersebut. 

Selain itu, layanan GPS lainnya yang mengandalkan kecerdasan buatan yaitu fitur untuk melihat posisi dunia secara real 3 dimensi. Pembuatan rute GPS ini dilakukan menggunakan mobil yang mengelilingi dunia untuk mengambil gambar 360 derajat. Keren, ya?

5. Pemesanan Ojek Online 

Ketika Anda memesan ojek online, biasanya Anda akan mendapatkan petunjuk dimana saja letak ojek online terdekat di sekitar Anda. Selanjutnya, saat mulai memesan aplikasi akan memilih driver secara acak sesuai dengan kriteria tertentu yang Anda butuhkan.

Selain sebagai transportasi umum, ojek online ini juga banyak dimanfaatkan untuk pengantaran barang atau makanan ke tempat tertentu. Tentunya ini sangat membantu, terutama saat Anda membutuhkan layanan logistik secara mendadak. 

Kecerdasan buatan dari layanan ini selalu diperbarui dari masa ke masa. Tujuannya yaitu agar tidak dapat disalahgunakan oleh driver ataupun pengguna. Driver juga bebas menentukan jam kerjanya sendiri tanpa ditekan oleh jadwal kerja. Hal ini membuat banyak orang tertarik untuk menjadi driver online

6. Video Game 

Apakah Anda seorang gamers? Mungkin Anda tidak menyadari jika video game yang selalu Anda mainkan merupakan salah satu bentuk nyata dari Artificial Intelligence. Video game memanfaatkan kecerdasan buatan dalam membuat simulasi dan struktur pembuatannya. 

Hal ini membuat video game mampu berkembang menjadi 3 dimensi dan menyerupai kehidupan nyata. Dalam proses pengembangannya, mayoritas game developer akan memanfaatkan kecerdasan buatan berupa program yang bisa membaca teknik permainan user. Selanjutnya, Artificial Intelligence akan melawan user sesuai dengan tingkatan levelnya.  

7. Internet Marketing

Bagi para pelaku bisnis online shop, pastinya istilah internet marketing sudah tidak asing lagi di telinganya. Proses pemasaran produk melalui jaringan internet ini sangat memudahkan para pengusaha untuk menjangkau pelanggan sehingga terjual lebih cepat. Selain itu, pelaku usaha juga tidak perlu mengeluarkan dana untuk membayar karyawan dalam pemasaran produk. 

Sudah bukan rahasia lagi jika kini media periklanan terbesar bukanlah televisi lagi melainkan internet yang kini telah digunakan oleh mayoritas masyarakat luas. Melalui internet marketing, iklan akan tersebar secara otomatis ke user yang sesuai dengan target pasar. Artificial Intelligence akan merekomendasikan iklan tersebut pada pengguna berdasarkan riwayat pencarian. 

8. Media Sosial

Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa kini kita sudah tidak dapat terlepas dari media sosial. Pasalnya, media ini menjadi sarana untuk share and care masyarakat luas. Disana Anda bisa menemukan teman-teman yang sudah lama tidak bertemu, mendapat teman baru, saling berbagi foto, video, dan aktivitas sosial lainnya.

Kemudahan dan kecepatan yang kita dapatkan dari media sosial ini merupakan salah satu bentuk pemanfaatan dari AI. Salah satu contohnya yaitu Anda bisa menemukan teman di sosial media berdasarkan nomor kontak yang Anda simpan. 

9. Translator 

Translator atau penerjemah bahasa juga memanfaatkan kecerdasan buatan untuk mengoperasikan layanannya. Kini, translator sudah dilengkapi dengan teknologi berupa voice record. Anda hanya perlu merekam suara, lalu translator akan menerjemahkannya ke bahasa yang diinginkan. 

Tidak hanya itu, saat ini Anda juga bisa memanfaatkan kamera untuk menerjemahkan sederet kalimat dalam bahasa asing dengan mudah. Anda tinggal mengarahkan kamera tersebut di atas tulisan tanpa harus memotretnya. Secara otomatis tulisan-tulisan tersebut akan berubah dengan sendirinya. 

10. Belanja Online 

Belanja secara online menjadi sebuah aktivitas yang kerap kali dilakukan oleh masyarakat pada saat ini. Tidak heran mengapa, karena kita bisa belanja berbagai keperluan dengan mudah, murah, dan praktis tentunya. 

Layanan belanja online biasanya akan memiliki ribuan hingga jutaan produk dalam berbagai kategori. Saat masuk ke beranda, Anda akan menemukan berbagai produk yang bisa dipilih berdasarkan kategori tertentu. 

Penerapan kecerdasan buatan pada online shop biasanya terdapat pada rekomendasi produk yang ditampilkan di beranda. Rekomendasi ini akan berasal dari program yang selalu mempelajari kebiasaan Anda dalam mencari atau membeli suatu produk tertentu.

Berbicara tentang Artificial Intelligence, pastinya tidak akan luput dari campur tangan seorang programmer. Selain beberapa contoh yang sudah disebutkan di atas, apalagi hal di sekitar kita yang juga memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan ini? 

Leave a Reply

Your email address will not be published.