Aplikasi Zoom Meeting
in

Aplikasi Zoom Meeting: Fitur, Fungsi Dan Cara Pakainya

Aplikasi Zoom Meeting merupakan salah satu aplikasi komunikasi dengan menggunakan video. Aplikasi Zoom ini dapat digunakan dalam berbagai perangkat seluler, desktop, hingga telepon dan juga sistem ruang. 

Ketika mulai diberlakukan WFH dan juga kelas online pasca menyebarnya virus covid 19, tidak sedikit instansi yang beralih menggunakan konferensi berbentuk video agar terlaksananya berbagai kewajiban. Dengan video conference membuat setiap penggunanya bisa saling terhubung dan juga tatap muka. 

Fitur Aplikasi Zoom Meeting

Aplikasi Zoom Meeting

Pertama kali aplikasi ini dikembangkan pada tahun 2011 oleh Eric Yuan dan diluncurkan pada public tahun 2013. Aplikasi Zoom Meeting memberikan 2 pilihan pada penggunanya yaitu pertama tanpa bayar, yang diperuntukan untuk pertemuan dengan maksimal 100 anggota dan batas waktu 40 menit. Yang kedua berbayar dengan fasilitas yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Fitur yang dimiliki dari setiap program aplikasi maupun perangkat keras seperti handphone akan menjadi satu tolak ukur utama bagi pengguna untuk penentu menggunakan sebuah produk. Hal itulah alasan kenapa aplikasi zoom menjadi sangat familiar dan juga banyak dijadikan solusi oleh banyak orang di Indonesia. Berikut ini ada beberapa fitur unggulan dari aplikasi zoom tersebut.

1. Membuat Jadwal 

Sebelum akan berlangsungnya pertemuan, Anda dapat menggunakan fitur ini dengan membuat jadwal pertemuan terlebih dahulu. Nantinya pengguna aplikasi Zoom yang lain akan dapat mengetahui kapan konferensi video tersebut akan berlangsung. Anda dapat mengatur tanggal dan juga jam sesuai keinginan, lalu nantinya akan muncul sebuah notifikasi dari aplikasi Zoom.

2. Membagikan Layar

Aplikasi Zoom Meeting memang merupakan layanan video conference yang mendukung untuk melakukan kegiatan presentasi. Biasanya hal ini diikuti dengan menggunakan slide Power Point yang akan membantu mempermudah proses presentasi tersebut.

Hal yang telah disebutkan di atas menjadi alasan kenapa aplikasi zoom menyediakan fitur Share Screen, dimana nantinya para pengguna dapat dengan mudah berbagi layar computer. Jadi, Anda akan bisa mengakses dokumen, file yang diakses secara online maupun catatan yang sedang diketik dengan mudah. 

3. Fitur Obrolan

Ternyata Anda bisa melakukan diskusi melalui fitur chat, selain bisa berbicara satu sama lain pada forum online. Salah satu contohnya ketika sedang menjelaskan sebuah materi, maka pengguna lainnya bisa saling ngobrol melalui fitur chat. Namun, obrolannya asalkan masih berkaitan dengan apa yang sedang dijelaskan pada pertemuan.

Ketika Anda menggunakan fitur chat, riwayat percakapannya bisa disimpan di Cloud sehingga para pengguna lain dapat melihatnya. Selain itu, pengguna juga dapat mengirimkan file dokumen, foto dan juga hasil screenshot. File-file tersebut nantinya akan disimpan setidaknya selama 10 tahunan setelah dihapus oleh server.

4. Kualitas Audio Dan Video

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa aplikasi zoom merupakan aplikasi sebagai platform tatap muka online, kelebihan dari aplikasi ini adalah didukung oleh audio dan video berkualitas High Definition (HD). Hal ini dilakukan karena dalam sebuah pertemuan kebutuhan bicara dan juga bertatap muka dengan pengguna yang lainnya sangat dibutuhkan.

Tidak sedikit para pengguna yang mengubah audio dan juga videonya kedalam mode silent. Tujuannya adalah agar lebih maksimal dalam mendengarkan para pemimpin rapat ataupun pemberi materi. 

Selain itu, fitur kerennya adalah aplikasi Zoom ini merupakan salah satu perangkat yang dapat menampung 1000 peserta dan juga 49 video di layar. Itulah mengapa Anda bisa mengadakan pertemuan online dengan skala yang besar menggunaan aplikasi ini. 

5. Keamanan dan Reaksi

Aplikasi Zoom telah dilengkapi dengan sebuah teknologi yaitu keamanan dengan tingkat tinggi. Nantinya, setiap data yang masuk akan di enskripsi sehingga data akan lebih aman jika digunakan. Selain itu, agar suasana pertemuan menjadi lebih hidup, pengembang Zoom memberikan sebuah fitur reaksi sehingga penggunan bisa melakukan feedback kepada pembicara atau yang lainnya.

6. Rekaman

Ketika sedang melakukan sebuah pertemuan perlu direkam sebagai tanda bukti ataupun bisa juga untuk dilihat kembali untuk kepentingan tertentu. Karena itu, tidak heran jika aplikasi Zoom ini berkembang dengan menghadirkan fitur perekam agar segala sesuatu percakapan dan diskusi yang berlangsung dapat disimpan. 

Dengan begitu, ketika ada pengguna lain yang tidak bisa hadir pada pertemuan tersebut tetap  dapat menyaksikan pertemuannya melalui rekaman tersebut.

Fungsi Aplikasi Zoom Meeting

Aplikasi Zoom Meeting adalah sebuah aplikasi komunikasi video modern dengan patform Cloud yang cukup mudah digunakan serta cocok untuk konferensi video dan juga audio. Zoom Rooms merupakan sebuah solusi ruang konferensi online yang berbasis perangkat lunak yang digunakan di seluruh dunia dalam ruang dewan, konferensi, area ngerumpi, pelatihan dan sebagainya.

Fungsi dari penggunaan aplikasi Zoom Meeting secara garis besar adalah untuk berkomunikasi menggunakan video dan juga audio melalui jaringan internet. Aplikasi yang satu ini sangat berguna untuk membantu proses belajar mengajar secara online atau rapat-rapat penting sebuah perusahaan.

Cara Pakai Aplikasi Zoom Meeting

Aplikasi Zoom Meeting

Selain memiliki fungsi untuk melakukan video conference, aplikasi Zoom Meeting ini juga dibekali dengan fitur berbagi layar yang memuat 100 orang dengan mendapat dukungan dari Google Drive dan Dropbox untuk berbagi sebuah dokumen.

Pengguna yang menggunakan aplikasi Zoom ini bisa melakukan persentasi langsung dengan membuka file seperti Power Point, kemudian membagikan tampilan layar laptop ke partisipan yang lainnya. Bagaimana cara menggunakan aplikasi zoom untuk video conference? Berikut ini akan dijelaskan beberapa langkah-langkahnya.

1. Cara Pakai Aplikasi Zoom Di PC Atau Laptop

Bagi Anda yang akan melakukan rapat dengan menggunakan aplikasi Zoom melalui PC atau laptop tapi belum mengetahui bagaimana cara menggunakannya, di bawah ini akan dijelaskan beberapa langkah-langkahnya. 

  • Masuklah terlebih dahulu ke situs https://zoom.us/. Kemudian buatlah akun terlebih dahulu, dalam proses pembuatan akun dapat menggunakan akun email atau juga akun facebook.
  • Setelah melakukan registrasi, masuklah ke laman utama dan klik tombol dengan tulisan “My Profile”. Di sana carilah ada data Personal Meeting ID yang dapat digunakan untuk nantinya mengundang partisipan ke video conference.
  • Kemudian, copy Meeting ID dan kirim pada teman Anda yang nantinya akan diundang ke video conference yang Anda buat. Cara lainnya bisa dengan cara menggunakan link untuk di copy – paste di browser.
  • Partisipan yang Anda undang ke dalam sebuah meeting zoom tidak perlu memiliki akun. Cukup copy-paste link atau meeting ID untuk bergabung dalam sebuah meeting yang telah dibuat oleh host.
  • Ketika link tersebut di klik, maka partisipan akan secara otomatis bergabung.
  • Klik join a meeting, tunggu hingga ruangan virtual siap untuk digunakan.

2. Cara Pakai Aplikasi Zoom Di Hp Android Atau Iphone

Aplikasi yang digunakan untuk video conference ini bukan hanya digunakan pada laptop saja, tapi hp Android atau Iphone juga bisa menggunakannya. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa langkah-langkahnya.

  • Download terlebih dahulu aplikasi zoom pada HP Anda.
  • Sign up menggunakan akun email atau akun facebook.
  • Masuk ke pengaturan dan cari tombol Personal Meeting ID untuk menggundang pastisipan.
  • Kemudian, copy Meeting ID dan kirimkan link tersebut pada teman Anda.
  • Seperti di laptop, jika Anda adalah seorang partisipan yang diundang dalam sebuah meeting. Anda cukup copy-paste link tersebut.
  • Klik link tersebut dan nantinya akan bergabung secara otomatis bergabung.
  • Klik Join a Meeting, tunggu hingga ruangan virtual siap untuk digunakan.

Nah, itulah beberapa penjelasan seputar aplikasi Zoom Meeting tentang fitur, fungsi dan juga cara pakainya. Aplikasi Zoom ini memang banyak dibutuhkan dan sangat membantu, apalagi pada saat ada kebijakan work from home (WFH) bagi karyawan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.