Aplikasi Translate Bahasa Lampung
in

7 Aplikasi Translate Bahasa Lampung, Kosakata Lengkap dan Gratis!

Indonesia merupakan negara yang kaya akan suku, budaya, dan bahasa. Setiap daerah memiliki bahasanya masing-masing, salah satunya Lampung. Aplikasi translate bahasa Lampung bisa membantu Anda untuk mempelajari bahasa tersebut dengan lebih mudah, baik itu secara offline atau online

Lampung merupakan salah satu provinsi yang ada di Pulau Sumatera, Indonesia. Seperti daerah lainnya, Lampung juga memiliki bahasa daerahnya sendiri yang biasa kita kenal dengan Bahasa Lampung. Untuk berkenalan lebih jauh dengan bahasa Lampung, mari simak informasi ini dengan saksama.

Mengenal Bahasa Lampung

Bahasa Lampung merupakan salah satu rumpun Austronesia dan menjadi bahasa yang banyak digunakan. Bahasa ini terbagi menjadi 3 ragam, yaitu Lampung Api, Lampung Nyo, dan Komering. Berikut masing-masing penjelasannya.

  • Lampung Api, biasa juga dikenal dengan dialek A. Rumpun ini banyak digunakan oleh masyarakat Lampung Barat, Tengah, juga Selatan.
  • Lampung Nyo atau yang juga dikenal dengan dialek O, lebih banyak digunakan oleh masyarakat Lampung Selatan dan Timur. Adapun logat yang digunakan yaitu Manggala.
  • Komering atau juga dikenal dengan rumpun Jalma Daya. Bahasa Lampung ini banyak dituturkan di wilayah Muara Daya, Ranau, Kayu Agung, dan Martapura Lampung Selatan. 

7 Rekomendasi Aplikasi Translate Bahasa Lampung

Jika saat ini Anda sedang tertarik untuk belajar bahasa Lampung, aplikasi translate bahasa Lampung bisa jadi pilihan yang tepat. Untuk itu, di bawah ini kami telah menyiapkan sederet aplikasi bahasa Lampung terbaik yang bisa Anda gunakan. 

1. Kamus Bahasa Lampung Lengkap

Kamus Bahasa Lampung Lengkap merupakan aplikasi bahasa Lampung yang dikembangkan oleh Developer GuruAndroid. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 50 ribu pengguna di Google Store. Disini terdapat beberapa pilihan fitur yang cukup menarik untuk mendukung proses belajar bahasa Lampung.

Selain itu, tampilan user interface dari aplikasi ini pun cukup sederhana sehingga akan memudahkan Anda saat menggunakan aplikasi ini. Ukuran dari aplikasi ini sangat mini, yaitu hanya sekitar 3,5 MB. Jadi, tidak perlu takut memori Anda penuh saat menggunakan aplikasi ini. 

2. Kamus Bahasa Lampung

Berikutnya yaitu ada Kamus Bahasa Lampung yang dikembangkan oleh Developer ElStudios App. Aplikasi translator bahasa Lampung ini juga memiliki koleksi kosakata yang cukup lengkap. Anda bisa mempelajari bahasa Lampung dengan dua dialek yaitu dialek A dan dialek O. Selain itu, Anda juga bisa sekalian belajar menulis aksara Lampung. 

Meskipun ukurannya terbilang kecil yaitu 3,9 MB, tapi Anda bisa menjadikannya sebagai salah satu aplikasi favorit untuk belajar bahasa Lampung. Di Google Play Store sendiri, aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 100 ribu pengguna. 

3. Kamus Bahasa Lampung by Cimolet

Kamus Bahasa Lampung by Cimolet bisa Anda gunakan secara offline. Artinya, Anda tidak membutuhkan koneksi internet untuk belajar bahasa Lampung menggunakan aplikasi ini. Hal ini menjadi sebuah poin plus bagi aplikasi tersebut karena tidak semua aplikasi tersedia secara offline

Keunggulan lainnya dari aplikasi ini yaitu tampilan user interface yang elegan dan modern. Selain itu, terdapat mode dark mode yang sangat berguna untuk melindungi mata saat Anda menggunakan Kamus Bahasa Lampung by Cimolet pada malam hari.

4. Kamus Terjemahan Bahasa Lampung Dialek O & A

Seperti namanya, kamus bahasa Lampung yang satu ini mengusung bahasa Lampung dengan dialek O dan A. Dikembangkan oleh Pelandys, tampilan user interface yang cukup sederhana sehingga akan lebih mudah digunakan. 

Koleksi kosakatanya pun cukup lengkap sehingga bisa membantu proses belajar Anda menjadi lebih cepat. Selain itu, terdapat beberapa fitur pendukung lainnya yang bisa mempermudah Anda saat belajar, seperti aksara, tanda baca, dan angka Bahasa Lampung. Dengan lengkapnya fitur tersebut, tidak heran jika aplikasi ini berhasil menarik hingga 10 ribu pengguna Play Store.

5. Kamus Bahasa Lampung dan Terjemahan

Rekomendasi berikutnya yaitu Kamus Bahasa Lampung dan Terjemahan. Aplikasi ini dikembangkan oleh developer 145 STUDIO dan telah berhasil mendapat jumlah pengguna hingga 10 ribu orang di Google Play Store. 

Aplikasi translate bahasa Lampung ini juga bisa Anda gunakan secara offline. Jadi, proses belajar bahasa Lampung tidak akan terhalang oleh kuota internet yang Anda miliki. Selain itu, ukurannya pun hanya sekitar 4,5 MB.

6. Kamus Bahasa Lampung Dialek A & O

Jika Anda berniat untuk mempelajari bahasa Lampung, maka aplikasi yang satu ini tidak boleh sampai terlewatkan. Seperti judulnya, aplikasi ini akan mendukung Anda untuk belajar bahasa Lampung dalam dua dialek, yaitu dialek A dan O. Masing-masing aplikasi tersebut memiliki kosa kata dan cara penggunaan yang berbeda.

Tidak hanya itu, tampilan antar mukanya pun sangat sederhana sehingga memudahkan Anda dalam memahaminya. Aplikasi yang dikembangkan oleh Dhukiya ini kini sudah diunggah oleh lebih dari 50 ribu orang pengguna Play Store. 

7. Kamus Bahasa Lampung Terpopuler

Aplikasi translate bahasa Lampung terakhir yaitu Kamus Bahasa Lampung Terpopuler. Aplikasi ini dikembangkan oleh Emod Studio dan dibekali dengan beberapa fitur yang menarik. Ukurannya sendiri sedikit lebih besar dari beberapa aplikasi sebelumnya, walaupun masih termasuk kecil yaitu 7,5 MB.

Adapun jenis bahasa Lampung yang bisa Anda pelajari disini terdiri dari dua dialek, yaitu dialek A dan dialek O. Dialek A seringkali digunakan oleh masyarakat Maringgal dan beberapa daerah yang ada di pesisir Lampung. Sementara itu, dialek O digunakan oleh masyarakat Ulun Abung dan Menggala. 

Mengandalkan aplikasi translate bahasa Lampung bisa jadi cara terbaik untuk mempelajari keanekaragaman bahasa di Indonesia, yaitu bahasa Lampung. Anda bisa berlatih dengan menggunakan beberapa aplikasi di atas.  

Leave a Reply

Your email address will not be published.