Aplikasi Translate Bahasa Bugis
in

7 Aplikasi Translate Bahasa Bugis Gratis 2022

Menggunakan aplikasi translate bahasa Inggris pasti sudah biasa. Namun, aplikasi translate bahasa Bugis mungkin masih terasa asing di telinga kita. Memangnya ada? Ada, dong! Hanya saja aplikasi ini memang kurang familiar di masyarakat. 

Aplikasi ini biasanya dibutuhkan oleh mereka yang ingin belajar bahasa Bugis, baik itu untuk menambah keterampilan berbahasa, kebutuhan travelling, tuntutan pendidikan, atau kebutuhan yang lainnya. Jika Anda sedang membutuhkan rekomendasi aplikasi Bugis terbaik, mari simak informasinya di bawah ini.

7 Aplikasi Translate Bahasa Bugis Online dan Offline Gratis

Bahasa Bugis adalah salah satu rumpun bahasa Austronesia yang digunakan oleh suku Bugis untuk berkomunikasi secara verbal sehari-hari. Bahasa ini banyak dituturkan di Sulawesi Selatan, termasuk Makassar. Jika Anda tertarik untuk mempelajari bahasa ini, mari simak sederet rekomendasi aplikasi translate bahasa Bugis di bawah ini.

1. Kamus Bugis

Aplikasi yang pertama akan kita bahas yaitu Kamus Bugis. Aplikasi ini dikembangkan oleh Douglas Laskowske. Di dalamnya terdapat bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Bugis sehingga aplikasi ini juga bisa digunakan secara internasional. 

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki kosakata yang cukup lengkap. Berbagai kata dan frasa akan ditampilkan secara terurut sesuai susunan abjad. Hal ini membuat pengguna menjadi lebih mudah dalam mencari terjemah dari kata tertentu yang diinginkan. 

Di samping itu, aplikasi ini memiliki tampilan interface yang cukup sederhana sehingga tidak akan membuat fokus Anda terganggu pada saat belajar bahasa Bugis. Karena itu, aplikasi ini sangat recommended untuk Anda yang masih belajar bahasa Bugis dari nol. 

2. Kamus Bugis Offline 

Rekomendasi berikutnya yaitu aplikasi Kamus Bugis Offline. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini bisa diakses secara offline. Jadi, sangat cocok bagi Anda yang memiliki keterbatasan jaringan atau sedang irit kuota internet. 

Meskipun offline, kamus ini memiliki cukup banyak kelebihan diantaranya yaitu fitur zoom halaman, koleksi kosakata yang lengkap, fitur pencarian, desainnya sederhana, hingga bisa menyalin dan tempel teks. 

Selain itu, aplikasi translate bahasa Bugis ini menyediakan terjemahan bahasa Indonesia yang diurutkan sesuai abjad sehingga Anda bisa memahami bahasa tersebut dengan mudah. Aplikasi ini bisa Anda unduh dengan mudah di Play Store.

3. Kamus Bahasa Bugis Lengkap

Kamus Bahasa Bugis Lengkap merupakan aplikasi belajar bahasa Bugis yang dikembangkan oleh Arcus Studio. Aplikasi ini tersedia dalam versi offline sehingga Anda tidak membutuhkan jaringan internet untuk mengaksesnya. Anda bisa langsung menerjemahkan percakapan bahasa bugis walaupun tidak memiliki paket internet. 

Salah satu fitur yang menarik dari aplikasi ini yaitu adanya halaman Belajar Aksara Lontara. Aksara Lontara merupakan huruf khusus bahasa Bugis layaknya aksara Sunda dan aksara Jawa. Pada halaman ini, Anda bisa mempelajari asal-usul aksara Lontara hingga makna dari aksara tersebut.

Selain tersedia dalam versi offline, aplikasi ini juga bisa Anda gunakan secara gratis. Inilah yang membuat lebih dari 10.000 orang tertarik dan mengunduhnya di Play Store. Ukuran aplikasi ini pun sangat kecil, yaitu hanya 3,9 MB saja.

4. Kamus Bahasa Bugis Offline 

Kamus Bahasa Bugis Offline merupakan aplikasi belajar bahasa Bugis yang dapat kita akses secara online maupun offline. Aplikasi ini dikembangkan oleh Parchus Studio dan bisa diakses oleh OS minimal Android 4.1. 

Uniknya, aplikasi translate bahasa Bugis ini bisa memberikan Anda saran pencarian frasa tertentu. Misalnya, ketika Anda mengetik “saya” maka akan muncul berbagai frasa, seperti diri saya, sayalah, atau buatkan saya.

Karena berbasis gratis dan bisa diakses secara online, maka tidak heran jika Anda menemukan iklan saat menggunakan aplikasi ini. Namun, iklan-iklan tersebut masih dalam kapasitas yang wajar sehingga tidak akan mengganggu.

5. Kamus Bahasa Bugis 

Aplikasi translate bahasa Bugis berikutnya yang bisa Anda unduh yaitu Kamus Bahasa Bugis. Aplikasi ini dikembangkan oleh RasaBaik dan telah mendapat jumlah unduhan lebih dari 5000 pengguna di Play Store. Jika tertarik, Anda bisa jadi orang berikutnya yang mengunduh aplikasi ini.

Kamus Bahasa Bugis memiliki fitur pencarian kata yang didominasi oleh warna hijau. Fitur ini akan membantu Anda lebih mudah dalam menemukan kata atau frasa dengan cepat. Dengan begitu, Anda bisa belajar dan mencari kata apa saja dalam bahasa Bugis untuk diterjemahkan pada bahasa Indonesia.

6. Kamus Lengkap Bahasa Bugis

Aplikasi terjemah yang satu ini memiliki tampilan utama yang mirip dengan cover buku kamu yang biasa kita temukan di toko buku. Kata lengkap yang dituliskan pada judulnya juga bukan sekadar embel-embel belaka. 

Pasalnya, disini Anda bisa menemukan berbagai terjemah dari bahasa Bugis. Mulai dari bahasa Indonesia, jenis-jenis bilangan, warna, hari, arah, jam, hingga panggilan untuk keluarga. Jika penasaran, Anda bisa langsung mengunduh aplikasi tersebut di Play Store. 

7. Kamus Daerah Indonesia

Rekomendasi terakhir yang bisa Anda gunakan untuk mempelajari bahasa Bugis yaitu Kamus Daerah Indonesia. Dalam aplikasi ini, Anda tidak hanya bisa menerjemahkan bahasa Bugis saja, tetapi berbagai bahasa daerah lainnya di Nusantara seperti Aceh, Bali, Betawi, Madura, Nias, dan sebagainya.

Kamus Daerah Indonesia dilengkapi dengan berbagai fitur yang menarik dan bisa diakses secara online. Anda bahkan bisa request kata yang belum tersedia pada aplikasi tersebut dan bisa berkontribusi menjadi penerjemah. 

Itu dia 7 aplikasi translate bahasa Bugis yang bisa Anda manfaatkan untuk menambah wawasan mengenai bahasa Bugis. Dengan begitu, Anda tidak akan kelimpungan saat mengobrol dengan kerabat, teman, atau berlibur ke daerah berbahasa Bugis. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.