Aplikasi Perkantoran yang Bisa Membantu Pekerjaan Lebih Mudah
in

Aplikasi Perkantoran adalah: Temukan Pengertian dan Jenisnya Disini!

Aplikasi perkantoran adalah kumpulan aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu tugas-tugas kantor agar dapat dikerjakan dengan lebih mudah. Aplikasi sendiri kini tidak hanya digunakan oleh kepentingan umum, tetapi juga ada beberapa aplikasi yang dilengkapi dengan fitur dan fungsi yang bisa memabntu pekerjaan kantor. 

Tentunya, masing-masing aplikasi tersebut memiliki fungsi dan fitur yang berbeda. Saat ini, ada banyak jenis aplikasi kantoran yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah pekerjaan. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai aplikasi perkantoran ini, mari simak informasi di bawah ini.

Aplikasi Perkantoran adalah

Aplikasi perkantoran adalah perangkat lunak atau software khusus yang digunakan untuk membantu pekerjaan kantor. Aplikasi ini umumnya terdiri atas beberapa aplikasi seperti pengolah kata, dan lembar kerja. 

Dalam dunia kerja, aplikasi perkantoran akan selalu dibutuhkan untuk membantu karyawan dalam mengelola data. Karena itu, pekerja harus memahami aplikasi-aplikasi ini dengan baik. Aplikasi ini biasanya akan terdiri dari aplikasi presentasi, basis, analisis data, grafis, komunikasi, hingga aplikasi untuk membantu absensi. 

10 Jenis Aplikasi Perkantoran yang Bisa Membantu Pekerjaan Lebih Mudah

Agar mengetahui lebih jauh mengenai aplikasi perkantoran, kami telah menyiapkan beberapa contohnya untuk Anda. Adapun beberapa aplikasi perkantoran adalah sebagai berikut.

1. Microsoft Word

Aplikasi Perkantoran yang Bisa Membantu Pekerjaan Lebih Mudah

Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi pengolah kata yang sudah sangat familiar digunakan. Aplikasi ini sering digunakan untuk menuliskan beberapa informasi penting yang berkaitan dengan pekerjaan. 

Secara umum, aplikasi ini sangat mudah digunakan. Anda hanya membutuhkan perangkat yang mumpuni untuk menjalankan Microsoft Word. Melalui aplikasi ini, Anda bisa mengetik berbagai informasi atau surat kantor dengan menggunakan keyboard laptop atau PC. Selain itu, kini aplikasi ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi untuk smartphone.

2. Microsoft Excel

Aplikasi Perkantoran yang Bisa Membantu Pekerjaan Lebih Mudah

Jenis berikutnya dari aplikasi perkantoran Microsoft Excel. Aplikasi ini berfungsi untuk membantu pekerja dalam mengolah berbagai data, baik itu berupa angka atau berupa teks. Disini, Anda bisa membuat tabel data dengan lebih praktis dan mudah. 

Memang benar, tabel bisa dibuat di Microsoft Word. Akan tetapi Microsoft Word tidak dilengkapi dengan tools untuk membantu mengolah data tersebut. Selain itu, Anda juga harus memasukan data satu per satu secara manual.

Sheet yang terdapat pada Microsoft Excel memiliki bentuk kotak-kotak dan bisa diisi untuk membuat tabel data. Tidak hanya itu, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan tools yang mendukung pengguna untuk mengolah berbagai data. Mulai dari data sederhana seperti penjumlahan hingga rata-rata dari data yang dimasukan. 

3. Microsoft PowerPoint

Aplikasi Perkantoran yang Bisa Membantu Pekerjaan Lebih Mudah

Microsoft PowerPoint juga tidak kalah penting bagi dunia perkantoran. Pasalnya, aplikasi ini dapat membantu presentasi kita agar lebih menarik. Seperti yang kita tahu, dalam dunia perkantoran tidak jarang kita diminta untuk melakukan presentasi, baik itu pada atasan, rekan kerja, atau mungkin klien. 

Dengan PowerPoint, kita bisa mempresentasikan materi apapun dengan lebih estetik. Anda bisa membuat perubahan slide, mengubah background slide, membuat tabel, menambah backsound, insert gambar, hingga menyematkan link menuju website tertentu. Tidak hanya untuk untuk Fungsi ini juga sangat bermanfaat bagi kalangan pelajar dan mahasiswa.

4. Google Docs

Aplikasi Perkantoran yang Bisa Membantu Pekerjaan Lebih Mudah

Jenis berikutnya aplikasi perkantoran adalah Google Docs. Aplikasi ini sering digunakan apabila kita akan membuat dokumen secara online dengan fitur yang lengkap. Memang benar, kita bisa membuat dokumen menggunakan Microsoft Word. Namun, ada fitur dari Google Docs yang tidak dimiliki oleh Microsoft Word. 

Fitur tersebut diantaranya koreksi tulisan yang typo, serta voice typing yang bisa memudahkan pengguna untuk membuat dokumen melalui suara. Fitur koreksi tulisan akan membantu meminimalisir terjadinya kesalahan tulisan. 

Google Docs akan memberikan tanda pada tulisan yang typo sehingga kita bisa mengoreksinya dengan mudah tanpa harus membaca satu persatu dari awal. Sementara itu fitur voice typing memungkinkan kita untuk menulis dokumen dengan cara mendiktenya saja tanpa harus mengetik secara manual. 

5. Google Spreadsheet

Aplikasi Perkantoran yang Bisa Membantu Pekerjaan Lebih Mudah

Selanjutnya, aplikasi perkantoran yang juga banyak digunakan adalah Google Spreadsheet. Aplikasi ini sebenarnya bisa digunakan sebagai reminder atau catatan bagi tim agar tidak lupa mengerjakan pekerjaan tertentu. 

Namun, umumnya Google Spreadsheet justru dimanfaatkan untuk membagikan jobdesk. Nantinya, link dari dokumen tersebut akan dibagikan kepada semua anggota tim sehingga mereka bisa mengisi dan mengedit dokumen tersebut. 

Bentuknya hampir mirip dengan Microsoft Excel. Hanya saja, Microsoft Excel tidak mendukung akses tim seperti Google Spreadsheet. Karenanya, Spreadsheet akan lebih cocok digunakan untuk membagikan dokumen atau data yang harus diakses oleh semua orang.

6. Google Slides

Aplikasi Perkantoran yang Bisa Membantu Pekerjaan Lebih Mudah

Google Slide bisa diibaratkan PowerPoint-nya Google. Pasalnya, Google Slides juga berfungsi untuk membuat tampilan presentasi yang cantik dan menarik. Melalui aplikasi ini, Anda bisa menuliskan berbagai poin penting agar lebih mudah dipahami oleh audiens saat materi dipresentasikan. Kelebihan dari Google Slides ialah Anda bisa mengaksesnya secara online.  

7. Jurnal by Mekari

Aplikasi Perkantoran yang Bisa Membantu Pekerjaan Lebih Mudah

Jurnal merupakan sebuah aplikasi keuangan yang menyediakan berbagai fitur pendukung, termasuk untuk mencatat transaksi penjualan. Kini, aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan fitur cash register untuk mempermudah pengguna melakukan transaksi penjualan dari mana saja dan kapan saja tanpa harus terhubung ke internet. 

Jurnal Touch merupakan sebuah program aplikasi akuntansi jurnal yang diprogram khusus sebagai pengganti mesin kasir konvensional. Dengan program ini Anda bisa mencatat seluruh transaksi bisnis dengan lebih mudah dan praktis.

Tidak hanya itu, Jurnal Touch juga mendukung Anda untuk melihat daftar produk yang telah dimasukan sebelumnya dengan detail. Mulai dari nama produk, harga jual, deskripsi produk, ketersediaan stok, kategori produk, dan informasi terkait lainnya.

Program aplikasi ini tersedia dalam bentuk web Jurnal dan telah dipercaya oleh banyak pelaku bisnis di Indonesia. Karena itu, menjadikan Jurnal sebagai bagian dari salah satu aplikasi perkantoran adalah yang terbaik. 

8. Notepad++

Aplikasi Perkantoran yang Bisa Membantu Pekerjaan Lebih Mudah

Notepad++ merupakan aplikasi pengolah kata yang bisa digunakan sebagai alternatif dari Microsoft Word. Aplikasi ini memiliki user interface yang sangat mudah untuk digunakan. Karenanya, sangat cocok bagi pemula yang masih awam dengan berbagai aplikasi perkantoran. 

Di samping itu, Aplikasi Notepad++ juga memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga tidak membuat perangkat berat saat menjalankannya. 

9. Apache OpenOffice Math

Aplikasi Perkantoran yang Bisa Membantu Pekerjaan Lebih Mudah

Apache OpenOffice Math merupakan sebuah aplikasi perhitungan yang memungkinkan pengguna untuk mengetikan rumus matematika dengan lebih mudah. Jika Anda sering menjumpai angka-angka dalam pekerjaan yang ditulis sedemikian rupa, maka Apache OpenOffice Math adalah salah satu aplikasi yang berperan di belakangnya.

Untuk membuat sebuah rumus yang ada dalam matematika, Anda perlu menuliskannya pada aplikasi ini. Selanjutnya, tulisan tersebut disalin ke Microsoft Word untuk ditambahkan pada kalimat sesuai dengan kebutuhan. 

10. Slack

Aplikasi Perkantoran yang Bisa Membantu Pekerjaan Lebih Mudah

Slack merupakan sebuah aplikasi chatting yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk menunjang kebutuhan interaksi antar pegawai yang satu dengan pegawai yang lainnya. Salah satu kelebihan Slack sebagai aplikasi perkantoran adalah bisa diakses secara online maupun offline

Umumnya, masyarakat sering menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi chatting. Namun, rasanya akan kurang efektif jika menggunakan aplikasi yang sama untuk kebutuhan kantor dan kebutuhan sehari-hari. Karena itu, Anda bisa menggunakan Slack sebagai solusinya.

Demikian beberapa aplikasi perkantoran yang bisa digunakan. Pada dasarnya, fungsi dari aplikasi perkantoran adalah untuk membantu semua kegiatan kantor. Mulai dari pembuatan dokumen, pengolahan data, hingga komunikasi. 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.