Aplikasi Pencari Kerja
in ,

10 Aplikasi Pencari Kerja yang Wajib Diketahui oleh Job Seekers

Hadirnya aplikasi pencari kerja seolah menjadi sebuah penemuan emas bagi para jobseekers. Pasalnya, kini mereka tidak perlu lagi menghabiskan banyak uang untuk membuat surat lamaran yang akhirnya belum tentu diterima bekerja. Belum lagi waktu yang kita habiskan untuk mengantar-antar surat tersebut. 

Namun, dengan hadirnya aplikasi lowongan kerja ini kita bisa menemukan dan melamar pekerjaan dengan lebih mudah. Jobseekers tidak perlu lagi pergi kemana-mana untuk melamar pekerjaan, karena prosesnya akan dilakukan secara online. Apakah Anda juga sedang mencari lowongan pekerjaan? Mari simak informasi berikut.

10 Aplikasi Pencari Kerja untuk Para Job Seekers

Saat ini, ada banyak aplikasi hingga situs lowongan kerja yang bisa kita akses untuk mendapatkan pekerjaan. Namun, pada kesempatan kali ini yang akan kami bahas adalah aplikasi lowongan kerja terlebih dahulu. Beberapa aplikasi tersebut diantaranya sebagai berikut. 

1. JobStreet

Aplikasi Pencari Kerja

JobStreet bisa dikatakan sebagai salah satu aplikasi pencari kerja terbaik di Indonesia. Saat ini, Anda bisa melamar lebih dari 230 pekerjaan melalui aplikasi ini. Tidak hanya pekerjaan dalam negeri, disini Anda juga bisa menemukan lowongan pekerjaan dari luar negeri. 

Diketahui, JobStreet tidak hanya menyediakan lowongan dari Indonesia saja. Akan tetapi, juga dari beberapa negara lainnya seperti Singapura, Malaysia, Vietnam, hingga Filipina. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur yang akan memudahkan para job seekers. Salah satunya yaitu fitur notifikasi pemberitahuan.

LiNa JobStreet akan selalu memberikan notifikasi pada pengguna mengenai pekerjaan terbaru setiap harinya melalui email. Jika diklik email tersebut akan mengarah langsung ke halaman lowongan pekerjaan dan pengguna bisa langsung mengajukan lamaran. 

2. LinkedIn

Aplikasi Pencari Kerja

Aplikasi lowongan pekerjaan lainnya yang tidak kalah populer yaitu LinkedIn. Tidak hanya berfungsi sebagai media sosial saja, aplikasi ini juga menyediakan ribuan lowongan pekerjaan, lho!

Perlu Anda ketahui jika ribuan hingga jutaan orang-orang profesional menggunakan LinkedIn untuk bermedia sosial. Selain itu, mereka juga menggunakan aplikasi ini untuk mencari kandidat karyawan atau menemukan pekerjaan sesuai dengan skill yang mereka miliki. 

LinkedIn juga memiliki fitur notifikasi yang akan memberikan pemberitahuan kepada pengguna jika ada lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keterampilan pengguna tersebut. Selain itu, disini pengguna juga bisa menulis dan membagikan artikel untuk dibaca oleh pengguna lainnya.

3. Indeed Job Search

Aplikasi Pencari Kerja

Selain JobStreet, Aplikasi lainnya yang menyediakan lowongan pekerjaan lintas negara ialah Indeed Job Search. Anda yang bermimpi bisa bekerja di perusahaan luar negeri wajib menginstal aplikasi ini. Indeed Job Search telah dilengkapi dengan berbagai macam fitur untuk memudahkan penggunanya dalam menemukan pekerjaan. 

Telah tersedia lebih dari 200 juta pekerjaan di aplikasi ini. Selain itu, lebih dari 60 negara dan 28 bahasa yang berbeda terdapat dalam aplikasi pencari kerja ini, lho

Untuk Anda yang kurang berminat dengan pekerjaan yang terlalu jauh, maka Anda bisa memanfaatkan GPS untuk menemukan pekerjaan terdekat di sekitar tempat Anda tinggal. Nantinya, aplikasi akan merekomendasikan beberapa lowongan pekerjaan yang ada di area tersebut.

Tidak hanya menampilkan lowongan pekerjaan tetap saja, tetapi juga lowongan pekerjaan sampingan, hingga lowongan magang pun bisa Anda temukan di aplikasi ini. karena itu, banyak mahasiswa yang juga menggunakan Indeed Job Search untuk menemukan pekerjaan sampingan.

4. TopKarir

Aplikasi Pencari Kerja

Siapa yang tidak tahu dengan TopKarir? Aplikasi lowongan kerja ini cukup populer di kalangan jobseekers. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 orang di Play Store. Aplikasi ini hadir dengan membawa sejumlah fitur yang mendukung pencari kerja untuk menemukan pekerjaan yang cocok untuk mereka. 

Disini Anda bisa menemukan berbagai lowongan kerja. Mulai dari untuk kalangan berpengalaman ataupun fresh graduate, lowongan dari perusahaan startup ataupun perusahaan besar, hingga lowongan pekerjaan tetap ataupun magang.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menemukan lowongan kerja paruh waktu di aplikasi ini. Bahkan, adapula fitur yang memungkinkan Anda untuk melakukan tes minat dan bakat serta fitur informasi beasiswa terbaru yang bisa Anda dapatkan. 

5. Kormo Jobs

Aplikasi Pencari Kerja

Kormo Jobs merupakan sebuah aplikasi pencari kerja luncuran dari Google. Hingga saat ini, sudah lebih dari 10 juta orang mengunduh aplikasi ini di Play Store. Banyak orang mengunduhnya untuk menemukan pekerjaan atau membuka lapangan pekerjaan.

Di aplikasi Kormo Jobs, Anda akan menemukan jutaan pekerjaan dari berbagai bidang yang bisa dilamar dengan mudah. Kormo Jobs sendiri memiliki lowongan pekerjaan dalam bidang ritel, logistik, layanan IT, admin, hingga perhotelan. 

Selain itu, disini juga tersedia tawaran untuk bermitra penjualan ritel, pengiriman operasi gudang, hingga perwakilan layanan pelanggan. 

6. Kalibrr Job Search

Aplikasi Pencari Kerja

Jika Anda mencari aplikasi pencari kerja yang bisa memberikan rekomendasi lowongan pekerjaan sesuai keterampilan, pengalaman, dan minat Anda, maka aplikasi mesti ada di smartphone Anda. Anda juga bisa menemukan lowongan pekerjaan dari perusahaan-perusahaan besar melalui aplikasi ini. 

Tidak hanya menawarkan banyak lowongan pekerjaan, aplikasi ini juga menyediakan fitur yang bisa Anda gunakan untuk membuat CV lamaran pekerjaan yang apik. Anda bisa membuat CV yang bagus dalam hitungan menit saja. Jadi, tidak perlu susah payah membuatnya di aplikasi lain.

7. Glints

Aplikasi Pencari Kerja

Siapa yang tidak kenal dengan Glints? Ini merupakan salah satu aplikasi lowongan kerja yang sudah sangat familiar di telinga kita. Saat membuka aplikasi ini, Anda akan menemukan tampilan antar muka yang menarik dikombinasi oleh warna putih yang nyaman di mata.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang sangat menunjang para job seekers untuk mencari lowongan pekerjaan yang tepat. Fitur pertama, yaitu komunitas. Fitur ini memberikan kesempatan pada pengguna untuk mengajukan pertanyaan, hingga berdiskusi tentang bidang pekerjaan yang mereka tekuni.

Fitur berikutnya, yaitu expert class. Fitur yang satu ini memungkinkan para pengguna untuk memilih kelas-kelas yang relevan dan dapat mendukung pengembangan diri dalam profesionalisme kerja. 

Kelas tersebut diantaranya seperti marketing, data & analisis, human resource, design, dan berbagai bidang lainnya. Tidak hanya itu, Glints juga menyediakan upgrade di academy-nya. Disini Anda bisa mempelajari berbagai hal baru yang lebih realistis tentang dunia pekerjaan. 

8. Job2Go

Aplikasi Pencari Kerja

Job2Go merupakan aplikasi yang menyediakan pelayanan rekrutmen pekerja, finansial pekerja, perniagaan, hingga pendidikan dalam satu paket lengkap. Aplikasi ini memang sengaja dibuat untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelaku UMKM di Indonesia agar bisa menemukan pekerjaan yang sesuai dengan bisnis tersebut.

Di Play Store, aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 100 ribu orang. Salah satu fitur unggulan dari aplikasi ini ialah Anda bisa melamar pekerjaan tanpa harus menggunakan CV pada umumnya. Cukup dengan mengisi formulir secara lengkap, Anda sudah bisa mengajukan lamaran pada lowongan tersebut.

9. KitaLulus

Aplikasi Pencari Kerja

KitaLulus bisa dikatakan sebagai aplikasi yang wajib Anda coba untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Pasalnya, aplikasi ini bisa merekomendasikan pekerjaan berdasarkan lokasi, kata kunci, latar belakang pendidikan, hingga kategori bidang pekerjaan tertentu yang dicari oleh pelamar kerja.

Aplikasi ini memiliki salah satu fitur unggulan yang membuatnya terlihat berbeda dibanding aplikasi lainnya, yaitu Anda bisa menghubungi HRD secara langsung untuk mengirim lamaran tersebut. Dengan fitur ini, Anda memiliki peluang yang lebih besar agar lamaran tersebut dibuka oleh HRD dan terpilih menjadi kandidat yang cocok. 

Tidak hanya itu, lowongan kerja yang ditampilkan oleh KitaLulus sudah melalui tahap verifikasi terlebih dahulu. Tentunya ini akan menghindarkan para pengguna melamar pada pekerjaan bodong yang sifatnya menipu. Di samping itu, employer bisa memasang iklan lowongan kerja secara gratis di aplikasi KitaLulus.

10. Freelancer

Aplikasi Pencari Kerja

Freelancer merupakan sahabat bagi para pencari pekerjaan sampingan. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini akan menghadirkan berbagai jenis lowongan pekerjaan paruh waktu. Biasanya lowongan ini banyak dicari oleh kaum mahasiswa. 

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mendaftarkan data diri untuk Sign Up. Selanjutnya. Anda bisa mengajukan proposal agar perusahaan tersebut lebih percaya untuk merekrut Anda. Melalui proposal tersebut, Anda bisa menunjukan profesionalitas yang dimiliki. 

Nah, itu dia beberapa aplikasi pencari kerja yang memudahkan para job seekers untuk mendapatkan pekerjaan. Mulai dari pekerjaan tetap, hingga pekerjaan paruh waktu bisa Anda temukan dengan lebih mudah secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published.