aplikasi edit video bawaan windows 10
in

Aplikasi Edit Video Bawaan Windows 10 yang Menggantikan Movie Maker

Semenjak Windows XP, penanaman editor video seperti Movie Maker telah dihentikan oleh Microsoft. Tetapi sepertinya pengguna Windows 10 perlu berbangga hati karena fitur ini telah dikembalikan melalui aplikasi edit video bawaan windows 10. Aplikasi edit video bawaan merupakan pengganti dari Movie Maker pada windows 10.

Adanya editor video bawaan pada Windows 10 tentunya memberikan udara segar bagi para editor video terutama yang masih belajar. Ini karena kemudahan aksesnya dibandingkan aplikasi edit video yang profesional. Berikut adalah informasi tentang edit video bawaan pada windows 10 dan fitur yang dimiliki:

Edit Video Bawaan Windows 10 Tidak Memiliki Aplikasi Khusus

Movie Maker sempat populer pada zamannya. Tetapi sejak 10 Januari 2017, pihak Microsoft mulai merasakan ketidak efektifan Movie Maker ketika aplikasi Windows Photo diluncurkan. Maka dari itu, Microsoft memilih untuk menjadikan aplikasi edit video ini bagian dari Windows Photo saja.

Berbeda dengan halnya Movie Maker pada Windows XP, pada Windows 10 aplikasi khusus edit video seperti demikian tidak ada. Pada Windows 10, aplikasi edit video ini hanyalah bagian dari fitur yang dimiliki oleh aplikasi Windows Photo. Jadi, fitur ini hanya bisa diakses melalui Windows Photo.

Meskipun begitu, pengeditan video ini tidak hanya dikhususkan untuk foto saja. Pengeditan video ini tetap dapat berjalan seperti edit video lainya seperti memotong video, menyisipkan video, atau menambahkan tulisan pada video.

Fitur Pada Edit Video Bawaan Windows 10

Meskipun hanya bagian dari aplikasi Windows Photo, tetapi aplikasi edit video bawaan windows 10 ini tetap memiliki fitur yang baik. Fitur-fitur ini bahkan bisa dibilang lebih baik dibandingkan yang ada pada Movie Maker. Berikut adalah fitur dari edit video bawaan pada windows 10:

1. Insert Video

Pengguna dapat memanfaatkan fitur ini untuk memasukan sejumlah video. Video yang dapat dimasukan bahkan bisa lebih dari satu. Selain untuk menyisipkan video, fitur ini juga dapat digunakan untuk menggabungkan beberapa video. Sangat mudah dipahami terutama bagi pemula.

2. Insert Photo

Sebagai bagian dari aplikasi Windows Photo, tentunya fitur Insert Photo ini pastilah ada. Fitur ini sama seperti Insert Video, hanya saja berupa foto. Adanya fitur Insert Photo pastinya akan membuat story line menjadi lebih menarik dan tidak terkesan monoton.

3. Text

Pada fitur ini, pengguna dapat dengan mudah menyisipkan teks pada video. Fitur ini sangat berguna bagi kebutuhan presentasi. Dalam fitur ini pun disediakan berbagai macam karakter teks yang dapat digunakan. Selain itu juga ada berbagai macam layout yang dapat dimanfaatkan.

4. 3D Effect

Di fitur ini pengguna dapat menyisipkan animasi 3D yang dapat mempercantik tampilan video. Fitur ini merupakan efek yang bisa bergerak dan bersuara sehingga pastinya dapat membuat video lebih menarik. Ada beberapa efek yang bisa digunakan, mulai dari bubble, autumn leaves, hingga atomic motion.

5. Background Music

Pada fitur ini pengguna dapat menyisipkan musik pada video yang diedit. Musik ini tentunya akan memberi kesan dramatis pada video. Ada sejumlah musik yang sudah disiapkan, misalnya Amplified, Anodized, ataupun Blossoming.

Hilangnya Movie Maker pada Windows 7 dan 8 tentunya sangat disayangkan. Tetapi untungnya pada Windows 10, aplikasi seperti ini dapat kembali dinikmati. Dengan adanya artikel aplikasi edit video bawaan windows 10, diharapkan mulai banyak yang mengenal dan mengetahui aplikasi editing video ini. Terutama bagi editor baru yang membutuhkan sarana belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.