Aplikasi Edit Suara Jadi Merdu
in

16 Aplikasi Edit Suara Jadi Merdu, Makin PD Dengerin Rekaman!

Aplikasi edit suara jadi merdu seringkali dibutuhkan oleh para content creator, terutama mereka yang senang cover lagu. Pasalnya, untuk menghasilkan suara rekaman yang bagus diperlukan tools tambahan untuk mengeditnya. 

Dengan aplikasi tersebut, pengguna dapat mengedit suara, memotong, menggabungkan, menyesuaikan nada, dan melakukan berbagai editing suara lainnya. Selain itu, aplikasi edit suara ini umumnya memiliki ukuran yang kecil sehingga tidak akan memakan banyak ruang di perangkat Anda.

16 Edit Aplikasi Suara Jadi Merdu Terbaik untuk Berbagai Perangkat

Untuk membantu Anda agar bisa menghasilkan rekaman suara yang merdu, kami ada beberapa rekomendasi aplikasi edit suara yang bisa Anda gunakan. Berikut rekomendasinya!

1. GarageBand

Aplikasi Edit Suara Jadi Merdu

Bagi para pengguna iPhone, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. GarageBand memang telah banyak digunakan oleh para musisi dan content creator yang ingin mengunggah cover-nya Soundcloud. 

Aplikasi yang satu ini tidak hanya bisa digunakan untuk merekam, tapi Anda juga bisa menghapus noise dan menambahkan berbagai instrumental yang keren pada audio tersebut. Karena itu, aplikasi ini sangat cocok dijadikan sebagai media belajar untuk membuat musik sendiri. 

Dengan tampilan interface yang cukup sederhana, membuat aplikasi ini sangat bersahabat dengan para pemula. Selain itu, Aplikasi GarageBand juga bisa unduh di Macbook dan iPad.

2. Hokusai Audio Editor

Aplikasi Edit Suara Jadi Merdu

Umumnya, hasil rekaman menggunakan aplikasi bawaan biasanya kurang maksimal. Akan ada banyak noise yang mengganggu sehingga rekaman terdengar kurang jernih. Tentunya, ini membuat audio tersebut terdengar kurang ramah di telinga. 

Hokusai Audio Editor bisa membantu menghilangkan noise tersebut agar audio terdengar lebih bersih. Bukan hanya itu, aplikasi ini juga bisa menambahkan silence, white noise, hingga berbagai efek suara yang Anda inginkan. 

Aplikasi Hokusai Audio Editor bisa Anda gunakan secara gratis. Namun, dalam versi gratis ini fitur yang diberikan masih terbatas, meskipun sebenarnya masih terbilang cukup untuk melakukan editing ringan. Karena itu, jika ingin menggunakan versi full-nya Anda bisa berlangganan versi berbayarnya. 

3. Opinion

Aplikasi Edit Suara Jadi Merdu

Apakah Anda sedang mencari aplikasi edit suara untuk mengedit hasil podcast? Mungkin aplikasi Opinion ini dapat membantu Anda. Dalam membuat sebuah podcast, biasanya akan ada banyak obrolan-obrolan yang ingin dipotong. 

Nah, dengan aplikasi Opinion ini Anda bisa memotong bagian-bagian yang tidak diinginkan dengan tap-tap saja pada audio yang ingin dipotong. Aplikasi ini secara memotong dan menyambungkan kembali audio yang telah terpotong tersebut. Sayangnya, aplikasi ini tidak dilengkapi dengan fitur untuk menambahkan backsound atau audio.

4. WaveEditor for Android

Aplikasi Edit Suara Jadi Merdu

Aplikasi edit suara jadi merdu berikutnya yaitu WaveEditor for Android. Aplikasi memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai opsi editing sesuai kebutuhan. Pasalnya, fitur-fitur yang ditawarkan cukup lengkap. 

Dengan menggunakan Aplikasi WaveEditor for Android, Anda bisa memotong, menambahkan, hingga menyatukan berbagai audio dalam satu projek yang sama dengan mudah. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur rekaman secara langsung. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot berganti aplikasi untuk membuat rekaman audio.

Adapun beberapa fitur yang bisa Anda gunakan dalam aplikasi ini yaitu zooming, panning, dan selection. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan macro processes seperti face, reverse, dan invert.

5. FL Studio Mobile

Aplikasi Edit Suara Jadi Merdu

FL Studio Mobile merupakan salah satu aplikasi edit suara jadi merdu yang banyak diandalkan oleh para musisi untuk mengedit audio rekaman mereka. Aplikasi ini mereka gunakan untuk menambahkan efek-efek seperti high-quality synthesizers, sampler, drum kits, dan sliced-loop beats pada musiknya.

Bukan hanya itu, dengan aplikasi ini pengguna juga bisa mengubah pitch pada sampel dan preset sambil mendengarkan audio tersebut. Pilihan format export yang ditawarkan juga cukup bervariasi sehingga Anda bisa menyimpan hasil editan menggunakan format yang sesuai dengan kebutuhan. 

Akan tetapi, aplikasi ini memiliki tampilan dan cara penggunaan yang cukup kompleks sehingga mungkin akan sedikit membingungkan bagi para pemula. Namun, jika sudah terbiasa aplikasi ini akan sangat membantu untuk mengedit audio yang Anda miliki.

6. Adobe Audition

Aplikasi Edit Suara Jadi Merdu

Adobe Audition adalah aplikasi edit suara jadi merdu yang hanya tersedia dalam versi untuk PC saja, baik itu yang berbasis Windows ataupun Macintosh. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur editing yang cukup mumpuni.

Anda bisa melakukan berbagai aktivitas editing audio profesional, mulai dari mixing, auto ducking, multi-track editing, hingga Adobe Sensei yang sangat mumpuni. Aplikasi ini bisa Anda gunakan secara gratis. Namun, untuk mendapatkan fitur-fitur tambahan Anda perlu berlanggan versi premium berbayar setiap bulannya.

7. Timbre

Aplikasi Edit Suara Jadi Merdu

Jika saat ini Anda sedang menjadi aplikasi edit suara yang serbaguna, maka Timbre bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda. Software yang satu ini dikembangkan oleh developer Timbre Inc yang terkenal dengan proses penyuntingan yang mulus dan mampu menghasilkan audio dengan kualitas terbaik.

Selain itu, Timbre dilengkapi dengan fitur-fitur yang cukup beragam. Anda bisa converting, mixing, cut audio, hingga mengubah bitrate menggunakan aplikasi ini. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan beberapa fitur penyuntingan video, seperti menambahkan watermark dan membuat animasi GIF. 

8. Ashampoo Music Studio

Aplikasi Edit Suara Jadi Merdu

Jika Anda merupakan seorang editor pemula, Ashampoo Music Studio sepertinya bisa jadi rekomendasi aplikasi edit suara jadi merdu yang tepat. Pasalnya, software ini memungkinkan pengguna untuk bisa membuat playlist yang kompatibel pada perangkat yang mereka miliki, baik itu pada Windows ataupun Macintosh.

Aplikasi juga bisa membantu pengguna untuk membuat audio mixer hanya dengan melakukan beberapa langkah mudah. Setelah selesai, Anda bisa menyimpan hasil editan tersebut dalam format file M3U, XSPF, WPL, dan PLS. 

9. BandLab

Aplikasi Edit Suara Jadi Merdu

BandLab merupakan salah satu software edit suara terbaik yang memungkinkan penggunanya bisa membuat satu buah rekaman lagu yang lengkap, mulai dari vokal, gitar, bass, serta drum. Aplikasi yang hanya bisa digunakan pada Android ini telah dilengkapi dengan fitur AutoPitch yang bisa menyesuaikan nada suara dengan elemen audio lainnya.  

Selain itu, sama seperti aplikasi edit audio lainnya, BandLab juga memiliki beberapa fitur editing audio lainnya seperti mixing, cut audio, panning, dan converting

10. Audacity

Aplikasi Edit Suara Jadi Merdu

Dalam dunia audio editing, Audacity sudah dikenal sebagai salah satu aplikasi edit suara jadi merdu terbaik yang cocok digunakan oleh pemula ataupun profesional. Dilansir dari sebuah sumber, software yang hanya tersedia dalam versi PC ini memiliki sifat open source sehingga bisa digunakan dan dimodifikasi oleh pengguna secara free.

Tidak hanya itu, fitur-fitur yang tersedia pun cukup lengkap dengan tampilan UI dan cara penggunaan yang sederhana. Audacity juga dianggap sebagai aplikasi edit audio unggulan karena memiliki fitur-fitur tambahan seperti plugin dan mixing efek yang tidak bisa kita temukan pada aplikasi atau software yang lain.

11. Lexis Audio Editor

Aplikasi Edit Suara Jadi Merdu

Lexis Audio Editor merupakan salah satu aplikasi edit suara terbaik saat ini yang tersedia dalam berbagai versi, mulai dari PC, Android, hingga iOS. Selain itu, fitur-fitur yang ditawarkan pun cukup lengkap. 

Anda bisa menggunakan fitur tersebut untuk memotong, menyalin, hingga menempelkan suara dengan praktis. Selain itu, tampilan user interface di dalamnya pun cukup sederhana sehingga kita bisa memahami fitur-fiturnya dengan lebih mudah.

12. Soundop

Aplikasi Edit Suara Jadi Merdu

Software yang satu ini bisa sangat terkenal dengan kumpulan tools edit audit yang profesional. Selain itu, Soundop juga menawarkan alur kerja produksi yang begitu mulus, baik itu pada android ataupun pada PC. 

Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk mengedit metadata dalam seluruh format file yang tersedia. Selain itu, disini juga terdapat banyak fitur pendukung untuk proses rekaman dan penggabungan multitrack.

13. Music Maker Jam

Aplikasi Edit Suara Jadi Merdu

Ketika mencari aplikasi edit suara yang memiliki tampilan seru dan unik, Music Maker Jam sepertinya akan cocok untuk Anda. Ini merupakan sebuah aplikasi pembuatan musik canggih yang memungkinkan kita untuk berbagi dan menemukan trek dalam berbagai genre lagu.

Selain itu, pengguna bisa memanfaatkan fitur lainnya seperti beat, loop, atau melodi pada saat mixing audio yang dimiliki. Semua fitur tersebut merupakan kelebihan dari Music Maker Jam yang tidak bisa kita temukan pada semua aplikasi edit audio.

14. VirtualDJ

Aplikasi Edit Suara Jadi Merdu

Siapa disini yang merupakan penggemar musik EDM? Anda wajib punya aplikasi VirtualDJ ini. pasalnya, software ini cukup terkenal dengan fitur mixing yang keren lengkap dengan pilihan effect library yang beragam. 

VirtualDJ juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur hebat. Buktinya, aplikasi ini telah digunakan oleh lebih dari 117 juta pengguna di seluruh dunia. Untuk versi gratisnya, Anda bisa mengunduhnya pada perangkat Windows atau Macintosh. Sementara itu, untuk versi berbayar Anda harus mengunduh VirtualDJ PRO atau VirtualDJ Business. 

15. Super Sound

Aplikasi Edit Suara Jadi Merdu

Rekomendasi aplikasi edit suara jadi merdu lainnya yaitu Super Sound. Meskipun memiliki ukuran file yang terbilang kecil, aplikasi ini terbilang sangat mumpuni untuk melakukan keperluan editing audio profesional dengan hasil efek suara terbaik. 

Bukan hanya itu, aplikasi ini juga menawarkan berbagai fitur editing audio yang cukup populer seperti mixing, converting, splicing, cutting, voice changing, hingga mengubah format file audio tersebut. Hebatnya, semua fitur tersebut bisa kita nikmati secara cuma-cuma dari Super Sound. 

16. Descript

Aplikasi Edit Suara Jadi Merdu

Rekomendasi Aplikasi edit suara jadi merdu terakhir yang bisa kami rekomendasikan yaitu Descript. Ini merupakan sebuah aplikasi editor yang serba lengkap dan mampu membuat proses editing menjadi lebih mudah. 

Disini Anda bisa mengunggah media atau merekam langsung pada Descript untuk menyalin file ke dalam teks. Selanjutnya, aplikasi tersebut akan mengubahkan menjadi klip media. Aplikasi ini memiliki transkripsi yang cepat dan akurat. Descript ini bisa Anda gunakan secara gratis pada perangkat iOS, PC, serta Android. 

 

Itulah beberapa rekomendasi 16 aplikasi edit suara jadi merdu yang bisa kami berikan. Sebaiknya, pilihlah aplikasi yang dilengkapi oleh fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.