Aplikasi Desain Rumah
in

12 Aplikasi Desain Rumah untuk Bangun Hunian Impian

Aplikasi desain rumah menjadi sebuah tool yang bisa membantu ketika Anda berniat merenovasi atau membangun sebuah hunian yang nyaman. Beberapa orang seringkali merasa bosan dengan penataan rumahnya. 

Karena itu, tidak sedikit diantara mereka yang memutuskan untuk mendekorasi ulang rumah tersebut. Mulai dari penataan kamar, ruang tamu, ruang keluarga, hingga ruang kerja. Sayangnya, terkadang kita justru sering kebingungan memilih desain yang cocok. Sebagai solusi, Anda bisa coba menggunakan aplikasi ini.

12 Pilihan Aplikasi Desain Rumah untuk Hunian yang Nyaman

Memiliki hunian yang nyaman dengan desain impian tentu adalah keinginan setiap orang. Dengan menggunakan aplikasi desain rumah, Anda bisa mendapat berbagai pilihan desain seperti minimalis, scandinavian, hingga desain yang mewah. Lalu, aplikasi apa saja yang bisa digunakan? Mari simak pilihannya di bawah ini.

1. Home Design 3D

Aplikasi Desain Rumah

Aplikasi desain rumah pertama yang bisa dijadikan pilihan yaitu Home Design 3D. aplikasi ini menawarkan fitur untuk membuat desain hunian yang lebih detail. Mulai dari denah ruangan, aksesoris interior, pola lantai, hingga warna dan motif pada dinding hunian tersebut. 

Selain itu, aplikasi ini juga mendukung Anda untuk membuat desain dalam bentuk 2 dimensi dan 3 dimensi. Aplikasi ini bisa Anda gunakan secara gratis. Namun, jika ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap, diharuskan untuk berlangganan menggunakan akun premium.

2. Design Home

Aplikasi Desain Rumah

Design Home memungkinkan kita untuk membuat dekorasi rumah dengan lebih mudah. Anda bisa menata berbagai furnitur dan membuat dekorasi yang apik pada setiap sudut ruangan. Selain itu, katalog furniture pada aplikasi ini juga tersedia dalam berbagai pilihan brand. Dengan begitu, Anda bisa membuat dekorasi rumah dengan kelas high-end.

3. Floor Plan Creator

Aplikasi Desain Rumah

Jika Anda lebih menyukai aplikasi desain rumah yang menyajikan desain interior lebih realistik, Floor Plan Creator seperti akan cocok untuk Anda. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang lengkap, tentunya ini akan memudahkan Anda dalam membuat desain agar lebih sesuai. 

Misalnya, Anda akan membuat desain lantai yang ukurannya bisa disesuaikan dengan luas hunian atau luas ruangan. Selain itu, disini juga terdapat fitur 3D Tour Mode yang akan mempermudah proses pembuatan desain. Dengan fitur ini, Anda bisa melihat tampilan rumah dengan lebih mudah.  

4. Magicplan

Aplikasi Desain Rumah

Aplikasi desain lainnya yang bisa digunakan untuk membuat desain rumah ialah Magicplan. Aplikasi ini bisa Anda nikmati secara gratis dan sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki keterbatasan budget saat ingin renovasi ruangan. Pasalnya, aplikasi ini akan memberikan estimasi biaya yang dibutuhkan untuk mewujudkan desain tersebut.

Misalnya, Anda ingin mengecat ulang dinding ruang kamar. Maka, aplikasi ini bisa memberikan estimasi biaya yang diperlukan untuk pengecatan tersebut melalui luas ukuran dinding kamar.  

Selain itu, melalui Magicplan Anda bisa menggabungkan beberapa desain ruangan agar menjadi satu hunian yang utuh. Lalu, mengubahnya ke dalam bentuk format XLS, SVG, dan PDF. Anda juga bisa melihat desain sketsa yang baru saja dibuat dalam bentuk 3D.

5. Planner 5D – Interior Design

Aplikasi Desain Rumah

Aplikasi desain rumah yang satu ini menawarkan tampilan desain dalam 2 dimensi dan 3 dimensi. Karenanya, Anda bisa membuat desain ruangan dengan lebih detail dan real seperti pada aslinya. Salah satu fitur unggulan dari aplikasi ini ialah editor. Fitur tersebut mendukung Anda untuk membuat dekorasi dengan kreativitas tanpa batas. 

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur katalog yang berisi inspirasi desain hunian yang menarik lengkap dengan furnitur yang digunakannya. Karena itu, aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh desainer pemula yang ingin membuat hunian homie. 

6. Houzz Interior Design Ideas

Aplikasi Desain Rumah

Sedikit berbeda dengan beberapa desain sebelumnya, aplikasi desain rumah ini tidak menawarkan fitur untuk merancang atau membuat sketsa desain rumah. Namun, Houzz Interior Design Ideas ini lebih mirip dengan Pinterest. Disana Anda akan menemukan berbagai inspirasi desain hunian yang nyaman.

Anda tinggal memilih dan melihat semua inspirasi desain tersebut tanpa harus repot-repot merancangnya sendiri. Selain itu, Anda juga dapat melihatnya berdasarkan kategori desain atau ruangan tertentu. 

Sebagai pengguna, Anda bisa melihat ide, cerita, foto, hingga gambar yang berkaitan dengan desain dari pengguna lain. Anda juga bisa melihat katalog berisi desain interior yang lengkap dengan harganya.

7. Homestyler – Interior Design & Decorating Ideas

Aplikasi Desain Rumah

Apakah Anda baru saja pindah rumah dan harus menata kembali ruangan yang masih kosong? Tenang, dengan bantuan aplikasi ini semuanya akan jadi lebih mudah. Anda tinggal memotret ruangan yang ingin didekorasi, lalu cocokan angle-nya untuk mendapatkan hasil yang lebih sesuai. 

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengatur sendiri penataan furnitur dan perabotan yang ingin digunakan. Misalnya di kamar tidur, Anda bisa mengatur sendiri model kasur yang ingin digunakan, cat dinding, lemari, dan komponen dekorasi yang lainnya.

Jika tidak menggunakan foto sendiri, Anda tetap bisa membuat desain dengan memilih kategori ruangan yang akan didekorasi menggunakan fitur pre-made. Mulai dari desain dapur, kamar mandi, ruang keluarga, dan desain ruang lainnya bisa Anda temukan dalam fitur ini. tampilannya yang berbentuk 3D memberikan kesan desain terasa lebih realistis.

8. Room Creator Interior Design

Aplikasi Desain Rumah

Seiring berkembangnya teknologi, membuat segalanya menjadi lebih mudah termasuk dalam menata dan membuat desain rumah. Dengan aplikasi Room Creator Interior Design, kita bisa menata ruangan hanya dengan cara drag and drop

Disini, Anda akan mendapat gambaran desain secara 3 dimensi yang lebih jelas dan terperinci. Untuk menambahkan item tertentu, Anda tinggal drag and drop item tersebut untuk ditata pada ruangan yang diinginkan. Tentunya, ini membuat proses penataan ruangan menjadi lebih praktis. 

9. Room Planner: Home Interior & Floorplan Design 3D

Aplikasi Desain Rumah

Untuk bisa menggunakan aplikasi Room Planner: Home Interior & Floorplan Design 3D, Anda membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar. Pasalnya, aplikasi ini akan memakan ruang yang cukup besar yakni sekitar 400 MB. 

Dalam aplikasi desain rumah ini, Anda bisa membuat desain dengan pilihan furnitur yang lebih real. Pasalnya, pilihan furnitur tersebut rata-rata mengambil model dari IKEA asli. Karena itu, tidak heran jika bentuk furniturnya akan terasa lebih familiar. 

Selain itu, Anda bisa mencocokan nuansa ruangan dengan ukuran furnitur yang dipilih. Mulai dari pemilihan warna cat dinding, keramik, hingga berbagai ornamen pendukung lainnya untuk menciptakan desain yang apik. Tersedia pula tampilan 3D dan 2D untuk memberikan gambaran yang lebih jelas dari desain yang Anda buat. 

10. HomeAdvisor: Contractors for Home Improvement

Aplikasi Desain Rumah

Aplikasi desain rumah yang satu ini bisa Anda gunakan secara gratis. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk membangun proyek saat menggunakan HomeAdvisor: Contractors for Home Improvement. 

Tidak hanya itu, Anda bahkan bisa mendatangkan seseorang yang ahli ke hunian Anda untuk berkonsultasi langsung mengenai perbaikan rumah. Jika belum memungkinkan, Anda bisa melakukan panggilan video call terlebih dahulu dengan mereka. Jadi, tim akan memiliki gambaran sebelum memutuskan datang ke hunian Anda. 

11. Home Design 3D Outdoor/Garden

Aplikasi Desain Rumah

Untuk Anda yang mencari aplikasi desain outdoor, maka aplikasi ini bisa jadi pilihan yang tepat. Disini tersedia lebih dari 100 item yang bisa Anda gunakan untuk membuat desain outdoor yang cantik. 

Anda bisa menambahkan beberapa ornamen seperti kolam renang, gazebo, taman, dan lain sebagainya. dengan mengusung tampilan 3D, pastinya akan mempermudah Anda dalam melihat gambaran desain tersebut secara nyata.

12. Kitchen Planner 3D

Aplikasi Desain Rumah

Apakah Anda ingin membuat dekorasi dapur yang lebih estetik tapi fungsional? Cobalah untuk mengandalkan Kitchen Planner 3D. Aplikasi ini sengaja dirancang untuk membuat dekorasi ruang dapur yang apik dengan tampilan 3D. 

Disini, Anda bisa memilih berbagai perabotan dapur, warna, hingga menata berbagai furnitur agar dapur terlihat lebih estetik. Selain itu, Anda juga bisa membuat dekorasi langit-langit dan lantai dapur agar terlihat lebih berbeda. 

Untuk menyimpan hasil desain yang sudah dibuat, Anda harus menggunakan versi pro terlebih dahulu. Dalam versi pro ini, Anda juga akan mendapatkan fitur undo, save, dan memilih size gambar desain tersebut.

Nah, itu dia beberapa pilihan aplikasi desain rumah yang bisa Anda gunakan untuk membuat rancangan hunian yang nyaman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.