Apa itu Insight Instagram
in

Apa itu Insight Instagram? Ternyata ini Manfaatnya! 

Apa itu insight Instagram? Mungkin jadi pertanyaan bagi sebagian orang yang masih asing dengan Instagram bisnis. Saat ini, hampir semua brand di era digital sudah mempunyai akun sosial media, salah satu yang paling populer ialah Instagram. 

Media sosial ini memang memiliki fitur yang cukup lengkap, salah satunya yaitu insight Instagram. Bagi para pengguna akun reguler mungkin istilah ini kurang familiar. Namun, bagi para pengguna akun bisnis, istilah insight pasti sudah sangat akrab di telinganya. Lalu, apa itu insight?

Apa itu Insight Instagram

Apa itu Insight Instagram

Pertanyaan mengenai apa itu Instagram mungkin masih jadi teka-teki untuk Anda. Sebenarnya, insight Instagram adalah suatu fitur yang disediakan oleh Instagram untuk memberikan penjelasan mengenai performa post dan akun pengguna.

Namun, untuk mendapatkan fitur ini pengguna harus mengalihkan akunnya pada mode business. Dengan begitu, Anda bisa memonitor insight untuk membantu mengembangkan strategi pemasaran dengan mudah melalui Instagram. Anda bisa menjangkau para pengguna Instagram untuk melakukan promosi bisnis berdasarkan jenis postingan feed ataupun postingan story.

Dengan adanya insight Instagram, Anda akan lebih mudah untuk membandingkan konten, mengukur kampanye, dan melihat bagaimana performa dari setiap postingan. Tidak hanya itu, fitur ini juga mampu menampilkan sederet data yang bisa dimanfaatkan untuk mengetahui informasi dari pengguna Instagram agar bisa digunakan dalam mengoptimasi akun. 

Data yang akan Anda dapatkan dari insight Instagram ini berisi informasi tentang konten yang Anda posting, mengetahui jumlah interaksi yang terjadi pada akun Instagram, serta mengetahui data diri pengguna seperti jenis kelamin, usia, serta geografi dari followers.

Fitur Insight Instagram 

Apa itu Insight Instagram

Setelah memahami apa itu insight Instagram, Anda juga perlu memahami fitur-fitur yang disediakan oleh insight itu sendiri. Di bawah ini telah kami siapkan beberapa fitur dari insight Instagram yang bisa Anda manfaatkan. 

1. Content

Fitur pertama dari insight Instagram adalah content. Pada menu ini, Anda akan menemukan berbagai informasi dari konten yang telah diunggah. Content biasanya akan memuat informasi berupa jumlah akun yang melihat postingan tersebut sejak diunggah.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi jumlah orang yang membagikan feed atau story yang Anda bagikan. Begitupun dengan jumlah pengguna yang menyimpan postingan tersebut.

Pada menu ini, ada pula informasi yang menampilkan jumlah frekuensi postingan Anda dalam kurun sepekan. Lalu, Anda bisa membandingkannya dengan jumlah postingan pada pekan sebelumnya.

2. Feed Post 

Dalam fitur ini, Anda akan melihat insight konten Instagram sejak diubah menjadi akun bisnis. Rentang waktu yang dapat terjangkau dari data ini mencapai dua tahun. Meskipun begitu, Anda tidak dapat menjangkau insight dari postingan yang diunggah saat menggunakan akun personal. 

Data yang diberikan biasanya akan terurut dari konten yang performanya paling baik ke yang paling buruk. Sebaiknya, pada insight Instagram Anda menerapkan filter informasi tersebut melalui foto, video, carousel, hingga keseluruhan postingan. Dengan begitu, Anda bisa menemukan informasi yang diinginkan dengan lebih mudah.

Tidak hanya itu, feed post juga akan memberikan informasi berupa data-data yang cukup spesifik seperti:

    • Comments, jumlah komentar yang Anda terima. 
    • Follow, jumlah pengguna yang mengikuti akun Anda setelah melihat konten yang Anda unggah.
    • Saved, jumlah akun yang menyimpan postingan Anda.
    • Engagement, jumlah akumulasi dari komentar, like, hingga pengguna yang menyimpan postingan Anda.
    • Calls, jumlah akun yang menghubungi Anda melalui tombol telepon pada profil setelah melihat postingan yang dibagikan.  
    • Emails, jumlah akun yang menekan tombol email pada profil setelah melihat konten yang diposting atau berkunjung ke profil Anda.
    • Get direction, jumlah pengguna yang menekan tombol get direction setelah melihat konten yang Anda bagikan.
  • Impressions dan View, jumlah penayangan konten Anda. 
  • Profile visit atau jumlah kunjungan pada profil Anda setelah melihat postingan.
  • Reach, jumlah jangkauan pengguna yang melihat postingan yang dibagikan.
  • Texts, jumlah para pengguna yang mengirim Anda SMS setelah melihat konten yang diposting.
  • Website clicks, jumlah pengguna yang mengunjungi link website pada profil setelah melihat postingan.

3. Stories

Tidak hanya pada feed dan content, Anda juga bisa menemukan insight pada story yang dibagikan. Namun, insight ini hanya tersedia dalam waktu 24 jam, 7 hari, dan 14 hari. Detailnya tidak terlalu berbeda dengan feed. Agar lebih jelas, Anda bisa melihatnya di bawah ini.

  • Back, jumlah pengunjung yang mengetuk layar untuk kembali melihat unggahan story Anda.  
  • Excited, jumlah klik sebelum pengguna keluar dari story yang Anda unggah.
  • Forwards, jumlah klik layar yang dilakukan pengguna untuk melihat story selanjutnya. 
  • Link opens, banyaknya pengguna yang mengunjungi link yang disematkan pada story tersebut.
  • Next story, banyaknya pengguna yang langsung berpindah ke story dari akun lain. 
  • Replies, jumlah balasan yang diterima dari story yang dibagikan. 

4. Promotion

Menu promotion bisa Anda gunakan untuk melihat performa dari postingan feed atau story yang dijadikan sebagai konten iklan. Akan tetapi, detail data yang disajikan tidak akan sebanyak feed post atau stories. Data tersebut bisa Anda lihat di bawah ini.

  • Audience demographic, berisi data gender, usia, dan lokasi pengguna yang mengakses iklan. 
  • Engagement, yaitu akumulasi dari jumlah komentar, like, serta pengguna yang menyimpan postingan iklan tersebut.
  • Impression, total jumlah tayangan pada konten iklan.
  • Reach, jumlah akun yang melihat postingan Anda.
  • Profile visit, jumlah pengguna yang mengunjungi akun Anda setelah melihat postingan. 

5. Activity

Pada menu activity ini, Anda bisa melihat berapa jumlah interaksi yang terjadi pada akun tersebut. Selain itu, Anda juga bisa melihat angka pengguna yang telah berhasil dijangkau oleh postingan tersebut. Disini, Anda akan mendapatkan dua sub menu yaitu interactions dan discovery. Penjelasan lengkapnya kami paparkan di bawah ini.

  • Interactions

Interactions akan menampilkan jumlah interaksi yang dilakukan oleh followers pada akun Anda dalam jangka waktu satu minggu terakhir. Disini, Anda bisa membuat perbandingan data-data yang terkumpul selama tujuh hari.

Adapun fungsi dari sub menu ini yaitu agar Anda bisa mengetahui grafik engagement pada akun Instagram yang digunakan. Jadi, Anda bisa mengevaluasi engagement paling tinggi dan paling rendah dalam waktu satu minggu tersebut. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan solusi konten dan mengetahui waktu terbaik untuk membuat iklan.

  • Discover

Pada menu ini, Anda bisa menampilkan kinerja akun menggunakan matriks marketing yang tersedia yaitu reach dan impression. Fungsinya yaitu untuk melihat perbandingan dari jumlah pengunjung serta jumlah impresi yang didapatkan. 

Reach adalah jumlah akun yang mengunjungi atau melihat postingan Anda. Sementara itu, impression adalah jumlah postingan tersebut dilihat oleh audiens.  

6. Audienc

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana caranya menyesuaikan konten dengan followers, maka menu inilah yang Anda butuhkan. Disini, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai jenis kelamin, usia, hingga letak geografis dari followers. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengetahui rata-rata waktu kunjungan followers tersebut di profil Anda. 

Data tersebut akan ditampilkan secara otomatis pada grafik. Jika ingin mengetahui informasinya lebih detail, Anda bisa menekan grafik yang ingin diketahui saja. Informasi ini akan sangat berguna agar bisa menyesuaikan konten berdasarkan minat followers.

Manfaat Insight Instagram

Setelah memahami apa itu insight instagram beserta fitur-fiturnya, tentu kita telah mendapat gambaran bahwa insight ini memberikan banyak manfaat diantaranya untuk menganalisis, evaluasi, dan perencanaan strategi. Berikut telah kami rangkum beberapa manfaatnya.

1. Karakteristik Followers

Mengenal karakteristik followers merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya, Anda harus membuat konten yang mereka sukai, produk yang cocok dengan minat mereka, hingga strategi marketing seperti apa yang harus digunakan. 

2. Efektivitas Konten

Perlu kita sadari, bahwa tidak semua konten akan disukai oleh audiens. Karena itu, cobalah untuk lebih jeli dalam memperhatikan konten seperti apa yang memiliki performa paling oke dan mendapat engagement paling tinggi. 

3. Sebagai Bahan Evaluasi Instagram

Dengan mengontrol insight Instagram, Anda bisa mengukur efektivitas dari suatu konten. Mulai dari skala mingguan hingga bulanan. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui sejauh mana target pemasaran yang telah tercapai. Jika hasil yang didapatkan kurang memuaskan, artinya Anda harus melakukan evaluasi yang cukup besar agar mengetahui dimana letak kesalahannya. 

Demikianlah penjabaran lengkap mengenai insight Instagram, mulai dari apa itu insight Instagram, fitur insight Instagram, hingga manfaatnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.