aplikasi untuk mengedit video pembelajaran
in , ,

7 Rekomendasi Aplikasi untuk Mengedit Video Pembelajaran Terbaru

Terganggunya proses belajar-mengajar di masa pandemi Covid-19 ini, seringkali merepotkan para siswanya karena harus belajar daring. Dengan pelaksanaan pengajaran sistem daring tersebut, pembelajaran menggunakan video sudah menjadi kebutuhan. Jadi, dibutuhkan aplikasi untuk mengedit video pembelajaran, agar dalam pelaksanaannya berjalan dengan lancar.

Rekomendasi Aplikasi Pilihan Terbaik

Tuntutan memberikan video belajar mengajar yang menarik menjadikan para guru untuk terus berinovasi. Hingga beragam aplikasi pun dicoba untuk membuat dan mengedit video materi pembelajaran tersebut. Inilah pilihan aplikasi untuk mengedit video pembelajaran terbaik 2021 yang dapat dijadikan rekomendasi:

1. Kinemaster

Aplikasi untuk mengedit video pembelajaran yang paling populer digunakan adalah Kinemaster. Bahkan Kinemaster ini sering dimanfaatkan para youtuber dan editor video lainnya untuk membuat materi pembelajaran. Apalagi dengan kemudahan dalam penggunaan serta pengunduhan aplikasi ini lewat playstore.

2. FilmoraGo

Tidak berbeda jauh dengan Kinemaster, FilmoraGo juga merupakan aplikasi untuk mengedit video pembelajaran yang cukup populer. Tutorial penggunaan aplikasi gratis yang dapat diunduh di playstore ini cukup mudah untuk diikuti bahkan oleh pengguna baru sekalipun. Apalagi dengan berbagai fitur editnya yang menarik, sehingga memudahkan saat membuat video materi pembelajaran.

3. InShot

InShot, merupakan aplikasi yang biasa dimanfaatkan untuk mengedit video. Praktisnya, aplikasi pembuat video materi pembelajaran ini dapat dilakukan dengan smartphone Android. Jadi, cukup memudahkan para guru dalam melakukan pengajaran sistem daring.

4. Video.Guru

Video Guru merupakan aplikasi untuk membuat dan editing materi pembelajaran yang dikenal mudah dan cukup menarik. Didukung dengan fitur editing video all-in-one, sehingga hasil editingnya tetap berkualitas. Hebatnya lagi pengguna aplikasi ini dapat mengekspor videonya tanpa watermark.

5. PowerDirector

Aplikasi untuk membuat dan mengedit video dengan gaya sinematik adalah Powerdirector. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat menyisipkan beberapa slide menarik ke  video pembelajaran tersebut. Jadi, video untuk materi pembelajarannya menjadi lebih menarik para siswanya.

6. Editor-Video- Glitch

Editor-Video-Glitch merupakan aplikasi yang menawarkan kelengkapan fitur pengeditan, sehingga menghasilkan tampilan video yang unik dan menarik. Aplikasi ini layak jadi salah satu pilihan yang terbaik dan tepat, guna membuat video materi pembelajaran. Jadi, lebih memunculkan minat para siswanya dalam menyimak video pembelajaran.

7. VivaVideo

Aplikasi lain yang dapat dijadikan rekomendasi untuk editor dan membuat video dengan memanfaatkan smartphone adalah VivaVideo. Apalagi dengan didukung kelengkapan fungsi dan fitur pengeditannya. Tentunya akan memudahkan kinerja penggunanya saat menyiapkan video pembelajarannya.

Pilihan yang Unik dan Interaktif

Selain ketujuh aplikasi diatas, pengguna juga dapat membuat video materi pembelajaran yang unik dan interaktif. Jadi, para siswa pembelajaran pun semakin tertarik untuk mengikuti proses penyampain materi dengan nyaman. Aplikasi yang unik dan interaktif tersebut antara lain:

  • Tellagami yang dapat digunakan membuat video dalam bentuk gambar sebagaimana story-telling.
  • Explain-Everything-Whiteboard yang sering digunakan dalam membuat presentasi sekaligus meeting-room.
  • Live Board-Interactive-Whiteboard App yang dapat merekam dan membuat video materi pembelajaran, seperti memakai papan tulis di ruang kelas.
  • Powtoon yang dilengkapi dengan berbagai fitur, mulai dari animasi, latar, tautan dan lain sebagainya.
  • Sparkol-VideoScribe dengan tampilan berupa papan tulis dan menggunakan tulisan tangan dalam bentuk animasi.
  • Prezi yang merupakan aplikasi presentasi dan dapat dimanfaatkan untuk membuat video materi pembelajaran interaktif dan menarik.

Demikianlah rekomendasi pilihan aplikasi untuk mengedit video pembelajaran terbaik 2021. Tentunya akan memudahkan para guru dalam menyampaikan materi pembelajarannya lewat video yang telah diedit atau dibuat sebelumnya.

Leave a Reply