cara memperbaiki google play store yang tidak bisa dibuka
in ,

7 Cara Memperbaiki Google Play Store yang Tidak Bisa Dibuka!

Google Play Store menjadi salah satu aplikasi wajib dimiliki bagi pengguna yang akan mengunduh berbagai aplikasi. Namun, ada saja problem yang menyebabkan Play Store tidak bisa dijalankan. Tidak usah bingung, banyak cara memperbaiki Google Play Store yang tidak bisa dibuka yang bisa dilakukan. Penasaran? Berikut ini ulasannya:

1. Menonaktifkan Sebagian Aplikasi

Adanya macam-macam aplikasi yang cache serta menelan ruang kapasitas penyimpanan berpengaruh pada sistem kerja Google Play Store. Hal ini menyebabkan Google Play Store bermasalah salah satunya tidak bisa dibuka.

Untuk mengatasinya, pengguna dapat menonaktifkan sebagian aplikasi dengan cara membuka pengaturan, klik management aplikasi. Kemudian, klik sebagian aplikasi yang memakan banyak RAM,  ketuk opsi paksa berhenti di aplikasi yang ingin  diberhentikan.

2. Hapuslah Google Account

Cara menghapuskan Google Account merupakan salah satu solusi pada Google Play Store yang tidak bisa dibuka caranya adalah membuka menu pengaturan, ketuk Akun dan Sinkronisasi. Pilihlah Google, selanjutnya , akan muncul akun Gmail yang dipakai pengguna. Hapuslah akun Gmail. Restart perangkat lalu bukalah lagi Google Play Store. Terakhir, mulailah login dengan Google Account kembali.

3. Menghentikan Semua Mode yang Dijalankan di Perangkat

Penggunaan Play Store harus membutuhkan sambungan internet. Hal ini justru berhubungan dengan kelancaran kinerja Play Store. Solusi alternatif yang dapat dilakukan adalah membuka pengaturan, klik manajemen aplikasi, ketuk semua, pilihlah Google Play Store.

Selanjutnya, pilih opsi paksa berhenti. Terakhir, klik bersihkan data dan Cache. Apabila terkoneksi WiFi, maka matikanlah WiFi sebentar, lalu nyalakan lagi. Airplane Mode juga  bisa diaktifkan dan matikanlah sebentar. Simpel dan mudah, bukan?

4. Menguninstall Pembaruan Play Store

Melakukan uninstal pembaruan Play Store merupakan langkah lain untuk mengatasi Play Store yang tidak bisa dibuka. Nantinya, tampilan Play Store akan berganti ke versi awal. Hal tersebut mampu dilakukan dengan cukup mudah yaitu membuka Settings, pilihlah Applications.

Setelah itu, klik Play Store serta ketuk Uninstall pembaruan. Apabila terdapat pemberitahuan untuk mengembalikan ke versi pabrik dapat di klik setuju. Terakhir, akseslah kembali Play Store, pastikan koneksi internet stabil, ya?

5. Membersihkan Data Smartphone

File berukuran besar pun berpengaruh pada kinerja Play Store tidak dapat diakses atau error. Cobalah untuk membersihkan data. Caranya  dengan melakukan pembersihan data di Smartphone. Pertama, bukalah tombol Settings, ketuk manage Apps, jangan lupa klik All

Cari opsi Clear Data di aplikasi. Apabila dianggap rumit, aplikasi Clean Master bisa menjadi salah satu alternatif. Bersihkanlah semua file yang tidak penting beserta file dokumen, foto, video, dan lain sebagainya.

6. Mematikan Proxy Atau VPN

Langkah lain cara memperbaiki Google Play Store yang tidak bisa dibuka dapat dicoba  dengan mematikan VPN atau Proxy. Pertama, pastikan apakah VPN atau Proxy aktif. Jika memang diaktifkan, maka lakukan cara pada poin keenam ini.

Untuk menonaktifkan VPN dengan mengikuti langkah ini, pertama-tama pergi ke Wireless dan Network Setting. Kemudian, ketuk more ataupun Other Wireless Connection. Selanjutnya, pilihlah VPN. Untuk menonaktifkan Proxy bisa diklik WiFi, kemudian klik Advanced.

7. Mereset Perangkat Smartphone

Cara ini mungkin tergolong beresiko karena akan melenyapkan semua data di Smartphone. Namun, tidak perlu cemas pengguna hanya perlu membackup data di di Flashdisk atau PC. Kemudian, lakukan Factory Reset.

Itulah 7 cara memperbaiki Google Play Store yang tidak bisa dibuka dengan mudah yang dapat dicoba dan dipraktekkan sendiri. Jadi tidak perlu resah, apabila terdapat masalah pada Play Store karena kejadian mengesalkan seperti ini bisa diatasi. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.