Cara Memindahkan WA ke HP Baru
in ,

7 Cara Memindahkan WA ke HP Baru Tanpa Verifikasi

Ingin ganti HP tetapi takut chat Whatsapp di HP lama hilang? Jangan khawatir, selagi nomor yang digunakan sama, chat Whatsapp masih dapat diselamatkan. Whatsapp dapat dipindahkan ke HP baru dengan atau tanpa verifikasi. Namun, yang banyak tidak diketahui orang adalah cara memindahkan WA ke HP baru tanpa verifikasi.

Selain dengan melakukan verifikasi, chat Whatsapp juga dapat dipindahkan dengan melakukan backup pada HP lama dan memulihkannya di HP baru. Cara ini hanya dapat dilakukan apabila nomor yang digunakan adalah nomor yang sama. Penasaran bagaimana caranya? Perhatikan dengan baik langkah-langkahnya di bawah ini :

1. Backup Pesan di HP Lama

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencadangkan pesan Whatsapp di HP lama. Caranya adalah dengan menekan ikon titik tiga yang ada di sudut kanan atas. Setelah itu, tekan opsi settings atau setelan. Selanjutnya pilih menu chats atau chatting yang biasanya ada di baris kedua.

Nah, setelah itu, akan ada opsi chat backup atau cadangan chat di barisan bawah. Tekan opsi tersebut. Setelah masuk ke ruang cadangan chat, atur terlebih dahulu akun google yang akan digunakan untuk melakukan pencadangan dengan menekan opsi Google Account atau akun Google. Pilih akun mana yang akan digunakan untuk melakukan backup, dan ingat-ingat alamat email serta password nya.

Terakhir, tekan kotak berwarna hijau dengan tulisan back up atau cadangkan untuk memulai proses pencadangan. Tunggu beberapa saat hingga proses pencadangan selesai untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Hapus Aplikasi Whatsapp di HP Lama

Setelah proses pencadangan selesai, segera hapus aplikasi Whatsapp di HP lama tersebut. Jangan lupa untuk mengambil kartu SIMnya juga. Tinggalkan sejenak HP tersebut dan beralih ke HP baru.

3. Pindah Kartu SIM ke HP Baru

Sebelum menyalakan HP baru, pasangkan dahulu kartu SIM yang sebelumnya dipakai di HP lama ke HP baru. Baru setelah itu nyalakan dan mulai pemindahan data.

4. Unduh Aplikasi Whatsapp di HP Baru

Langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa HP baru memiliki aplikasi Whatsapp. Biasanya, HP baru memang sudah dilengkapi oleh aplikasi Whatsapp. Jika sudah ada, lihat di Play Store atau App Store apakah versi Whatsapp tersebut adalah versi terbaru atau bukan. Jika iya, lanjutkan ke langkah berikutnya. Namun, jika tidak, lakukan perbaruan aplikasi terlebih dahulu.

Selanjutnya, apabila aplikasi Whatsapp belum ter-install di HP baru, segera unduh aplikasi tersebut di Google Play Store ataupun App Store. Tunggu prosesnya selesai untuk dapat buka aplikasi.

5. Tambahkan Akun Google di HP Baru

Sebelum membuka Whatsapp untuk melakukan pemulihan, pastikan akun Google yang tadi dipakai untuk mencadangkan juga dipindah ke HP baru. Oleh karena itu, selagi menunggu unduhan, tambahkan dulu akun Google dengan email yang sama seperti yang digunakan di HP lama.

6. Buka Whatsapp dan Masukkan Nomor

Saat aplikasi terbuka, pengguna akan diminta untuk memasukkan nomor telepon. Masukkan nomor yang sama dengan nomor yang digunakan di HP lama.

7. Pulihkan Chat dari HP Lama

Cara memindahkan WA ke HP baru tanpa verifikasi yang terakhir adalah dengan melakukan pemulihan. Setelah memasukkan kode dari Whatsapp, pengguna akan diberikan opsi ‘pemulihan chatting‘. Tekan saja opsi tersebut. Jika diminta untuk memasukkan akun Google tempat back up, pilih saja akun yang tadi dipakai untuk back up atau masukkan alamat email nya. Tunggu prosesnya selesai sampai Whatsapp berhasil dipindahkan.

Itulah cara memindahkan WA ke HP baru tanpa verifikasi. Bagaimana? Mudah, bukan? Sekarang, tidak perlu khawatir lagi ketika ingin membeli HP baru. Semoga dapat membantu.

Leave a Reply