aplikasi peta karang laut
in ,

6 Rekomendasi Aplikasi Peta Karang Laut!

Teknologi senantiasa diterapkan dalam berbagai sektor kehidupan. Salah satunya dalam sektor kelautan. Beragam akses kemaritiman bisa dilakukan secara mudah melalui aplikasi peta karang laut. Kemudahan tersebut mencakup proses menangkap ikan, penentuan cuaca, hingga keselamatan dalam berlayar. Inilah rekomendasi aplikasinya!

1. Fishing Point

Aplikasi yang berasal dari Austria ini banyak dimanfaatkan para nelayan atau pun pengguna yang hobinya melaut. Melalui aplikasi tersebut, pengguna bisa mengetahui cuaca yang diperkirakan, navigasi arah, hingga peta untuk nelayan.

Berbagi fitur menarik lainnya bisa ditemukan para pengguna. Untuk fitur yang lebih eksklusif bisa menggunakan versi premium yang berbayar. Hingga kini respon pengguna sangatlah positif. Tidak heran pengunduhnya mencapai satu juta lebih.

2. GPS Fishing Points

Selanjutnya, aplikasi GPS Fishing Points yang siap memandu berbagai rute perjalanan di laut. Hal ini mencakup kegiatan memancing, berperahu atau pun kegiatan kelautan lainnya. Perjalanan akan dimulai dengan guide yang tepat. Selain memandu, aplikasi ini memiliki GPS lacak yang akan memberikan rute secara real time.

Untuk kegiatan memancing pun akan lebih seru dilakukan. Aplikasi ini akan membantu menemukan lokasi yang tepat untuk memancing. Selanjutnya, dukungan radiasi sonar akan membantu menangkap ikan yang ditargetkan. Banyak fitur yang bisa dinikmati pengguna. Fitur tersebut, mencakup perkiraan cuaca ter-update, prediksi hujan, berbagai rute, dan sebagainya.

3. Laut Nusantara

Selanjutnya, aplikasi peta karang laut lainnya yang bisa dicoba yaitu Laut Nusantara. Salah satu bentuk dukungan dari PT XL Axiata untuk para nelayan Nusantara. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa melihat secara terperinci ikan yang berada di perairan Nusantara.

Tidak hanya ikan, pengguna juga akan menemukan informasi terperinci terkait terumbu karang, biota laut yang bisa dilestarikan. Didukung pula dengan perkiraan cuaca terupdate. Hal ini mencakup arah hingga kecepatan angin.

4. Nelayan Aruna

Sesuai namanya, aplikasi ini merupakan terobosan dari PT Aruna Jaya Nusantara. Aplikasi yang sempat populer di mata dunia ini berhasil memasuki komoditas lautan secara internasional. Aruna terfokus pada data hasil penangkapan ikan. Hal ini mencakup pendataan terperinci hingga tingkat penjualan ikan.

Kabarnya, aplikasi ini sedang berusaha mengembangkan berbagai fitur terbaru yang akan melengkapi aplikasi. Hal ini sebagai salah satu upaya untuk bisa menunjang berbagai kebutuhan pengguna. Ketika berbagai fiturnya dilengkapi, maka kebutuhan setiap pengguna pun akan terpenuhi.

5. Nelayan Pintar

Alternatif lainnya yaitu Nelayan Pintar. Salah satu aplikasi yang pertama dirilis tahun 2016 silam. Aplikasi yang dikembangkan langsung Kementerian Perikanan serta kerjasama BMKG menyajikan aplikasi dengan fitur beragam. Setiap pengguna bisa mengetahui cuaca terbaru.

Tidak hanya itu, titik yang berpotensi tersebarnya ikan bisa diketahui secara mudah. Selanjutnya, pengguna juga bisa mengetahui pelabuhan yang akan dilalui selama pelayaran. Untuk menikmati fiturnya secara lengkap, pengguna diharuskan login menggunakan KTP, SIM ataupun tanda pengenal lainnya.

6. TREKFish

Aplikasi lainnya yaitu TREKFish yang bisa dimanfaatkan dalam penangkapan ikan. Selain itu, pengguna bisa melakukan perekaman terkait perjalanan kapal. Piranti ini dikembangkan oleh Fakultas Perikanan di Institut Pertanian Bogor.

Aplikasi ini sangat cocok untuk melakukan penangkapan ikan berskala kecil hingga industri besar. Untuk menggunakannya, pengguna tidak membutuhkan satelit pada umumnya. Didukung dengan baterai, solar, GPS, hingga alat kedap air.

Demikianlah ulasan singkat terkait rekomendasi aplikasi peta karang laut yang bisa dicoba. Kemajuan teknologi yang canggih mempermudah berbagai aspek dalam kehidupan. Nikmati manfaatnya dengan mengunduh aplikasi terbaik yang dipilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.