penyebab vpn tidak bisa connect
in ,

6 Penyebab VPN Tidak Bisa Connect yang Tidak Disadari

Pernah menggunakan VPN atau Virtual Private Network tapi tidak bisa bekerja maksimal atau bahkan sekedar terhubung? Sebelum menyerah, coba cari tahu dahulu apa gerangan sebab VPN tidak bisa terkoneksi. Berikut ini adalah ulasan mengenai 7 penyebab VPN tidak bisa connect:

 1. VPN Tidak Kompatibel dengan Perangkat

Penyebab VPN tidak bisa connect di Android yang pertama pada umumnya disebabkan oleh aplikasi VPN yang dipakai itu tidak kompatibel dengan fitur Android yang dipergunakan. Maka dari itu cobalah cek terlebih dahulu deskripsi aplikasi sebelum meng-installnya, sehingga dapat diketahui apakah aplikasi VPN ini cocok atau tidak dengan fitur di ponsel.

Cobalah untuk memperhatikan OS apa yang digunakan, serta Android tipe berapa, sehingga dapat menjalankan aplikasi VPN tersebut. Hal ini kerap terjadi, terutama untuk model ponsel Android lama yang masih memakai model OS yang telah ketinggalan atau memang tidak sempat diperbarui.

2. Tipe VPN

Biasanya masalah yang terjadi ialah adanya ketidaksesuaian mengenai tipe VPN yang dipasang. Ketahuilah bahwa VPN terbagi ke dalam 2 tipe, VPN gratisan serta VPN berbayar. Bila memakai VPN tipe pertama, memang umumnya penggunaannya dibatasi oleh penyedia VPN tersebut.

Biasanya ada batasan pemakaian per harinya, dan umumnya untuk bisa memakai lagi diwajibkan untuk memperbarui ke tipe premium. Tidak hanya itu, untuk VPN tipe kedua pun kerap hadapi kesalahan pada sistem koneksi serta server VPN yang sangat penuh. Oleh sebab itu, kesalahan yang ditimbulakan itu pada akhirnya menyebabkan tidak berfungsinya VPN dengan normal.

3. Koneksi Internet

Pemicu yang lain ialah adanya permasalahan pada koneksi internet yang dipakai. Jeleknya sinyal internet ini dapat membatasi pemakaian VPN.

Sebab secara konsep, kebutuhan internet antara memakai VPN ini tidak sangatlah berbeda. Di mana bila memakai VPN, aliran dari koneksi seharusnya melewati server dari VPN terlebih dulu, setelah itu baru ke server web yang diakses. Sebaliknya bila membuka web tersebut tanpa VPN pastilah jauh lebih ringan.

Jadi, kecepatan internet ini sangat pengaruhi kestabilan VPN. Apalagi bila koneksi internet sedang kurang baik, jelas jika VPN tidak dapat terhubung.

4. Posisi Server VPN

Permasalahan VPN tidak terkoneksi dapat diakibatkan dari permasalahan yang terjadi pada server VPN itu sendiri. Pada umumnya VPN tipe free memang didesain dengan kapasitas server yang kecil. Jadi, bila banyak pengguna yang mengakses, kemungkinan menimbulkan bermacam permasalahan, salah satunya tidak dapat terhubung.

Tak hanya posisi, lokasi asal server VPN pun dapat memengaruhi koneksi. Misalnya jika memilih lokasi yang terlalu jauh seperti di Amerika, wajar saja jika VPN tidak terhubung. Untuk wilayah Indonesia, sebaiknya menggunakan lokasi Singapura.

5. Antivirus ataupun Firewall

VPN tidak dapat connect dapat diakibatkan lantaran terdapatnya kegiatan dari antivirus ataupun firewall pada fitur Android. Umumnya antivirus serta firewall ini akan secara otomatis memblokir akses dari VPN. Jika begitu, pastikan untuk menonaktifkan antivirus. Dengan begitu, VPN dapat berjalan sebagaimana mestinya.

6. Salah Memilah Aplikasi VPN

Barangkali lantaran salah memilah jenis aplikasi VPN yang menjadi sebab kendala koneksi. Mungkin saja VPN yang terpasang itu ialah VPN khusus untuk perangkat yang telah melakukan root.

Bila begitu dapat dipastikan bahwa VPN tersebut memanglah tidak dapat dipakai kecuali fitur ponsel yang digunakan sudah dalam kondisi root. Namun, mengingat bahayanya saat melakukan root, maka pikirkan dahulu dengan matang sebelum melakukan itu. Atau bisa juga mengganti aplikasi VPN yang tanpa root.

Barangkali 7 penyebab VPN tidak bisa connect di atas, bisa membantu menyadari apa gerangan yang menjadikan VPN tidak dapat terkoneksi. Bisa jadi salah satunya adalah hal-hal di atas.

Leave a Reply