Cara Menggunakan Google Adwords
in

6 Langkah Cara Menggunakan Google Adwords Agar Iklan Berada di Posisi Pencarian Teratas Google

Dunia digital marketing semakin berkembang. Bahkan kini memasarkan produk atau jasa dapat dilihat melalui smartphone, laptop, dan lain-lain. Hadirnya Google Adwords, yaitu fitur periklanan berbayar yang memaksimalkan kinerja mesin pencarian Google, membuat banyak usaha dari berbagai kalangan lebih dikenal. Namun, tidak semua orang tahu cara menggunakan Google Adwords.

Agar situs iklan berada di peringkat atas Google, maka dibutuhkan keyword atau kata kunci yang relevan dengan pencarian. Berikut cara menggunakan Google Adwords yang dapat membantu mengenalkan produk atau jasa hingga dapat menaikkan omset dari tahapan awal hingga akhir:

1. Masuk ke Akun Google

Jika ingin memakai Google Adwords, maka diperlukan akun Google. Selanjutnya, dibutuhkan login untuk melanjutkan proses beriklan di Google Adwords. Lalu, akan muncul tampilan Google Adwords sehingga pengguna bisa memulai proses pembuatan iklan.

Nantinya, akan ada pertanyaan “Bisnis apa yang ingin Anda iklankan?”. Pilihlah menu bisnis baru serta member nama pada bisnis atau website toko yang akan dijalankan. Pengguna juga dapat menggunakan email khusus untuk Google Adwords.

2. Memilih Goal

Langkah selanjutnya adalah pilih goal yang ditawarkan Adwords. Biasanya ada tiga opsi yang ditawarkan dan pengguna bisa memilih sesuai dengan kebutuhan bisnis yang dijalankan.

Pertama, Adwords menyediakan penawaran “dapat dihubungi via telepon”. Kedua, “toko” missal restoran, apotek, dan berbagai jenis bisnis lain. Ketiga, “melihat website langsung”. Apabila kebanyakan transaksi dilakukan via website, maka opsi ketiga ini bisa dipilih.

3. Memilih Sasaran Audience

Adwords juga mempermudah penggunanya untuk memilih sasaran atau target audience sendiri. Penawaran target audience ini terdiri dari dua macam.

Target pertama hanya terbatas untuk kalangan tedekat di tempat bisnis yang dijalankan menurut alamat dan radius yang dimasukkan. Target kedua yakni memusatkan pada area yang ditentukan. Misal, jika pengguna hanya menargetkan area di Semarang, Yogyakarta, Solo, maka iklan hanya tampil di tempat tersebut.

4. Tentukan Keywords Iklan

Langkah penting cara menggunakan Google Adwords yang tak boleh terlewat adalah menuliskan keywords atau kata kunci. Adwords menawarkan kata kunci yang bisa ditulis hingga 30 karakter. Namun, isi iklan dapat dituliskan hingga 80 karakter.

Dengan terbatasnya karakter yang tersedia, maka iklan yang dibuat harus memakai bahasa yang singkat, mudah dipahami, dan menarik perhatian. Gunakan kata kunci yang paling banyak dicari pelanggan. Pengguna juga disediakan pilihan untuk memasukkan foto untuk mendeskripsikan bisnis serta promo yang tersedia di usaha yang dijalankan.

5. Menentukan Anggaran

Banyak yang berpikir bahwa mewujudkan iklan berada di peringkat atas membutuhkan budget tinggi. Nyatanya, mengiklankan bisnis di Adwords bisa gratis jika memilih opsi Pay Per Click.

Agar bisa memastikan budget iklan, pengguna sebaiknya menganalisa kompetitor dulu. Sebaiknya tentukan estimasi budget paling sedikit., lalu tingkatkan budget secara perlahan demi mendapatkan banyak konsumen.

6. Memilih Transaksi Pembayaran

Cara menggunakan Google Adwords yang terakhir adalah memilih transaksi pembayaran. Beberapa data yang perlu diisi adalah negara dari alamat tagihan, tax information, hingga nama dan alamatnya.

Metode pembayaran yang ditawarkan berupa pembayaran otomatis melalui kredit card dan pembayaran manual via transfer bank. Di Indonesia rata-rata pembayaran masih menggunakan transfer bank. Apabila pembayaran sudah selesai dilakukan, maka iklan bisa tayang di pencarian Google.

Itulah 6 cara menggunakan Google Adwords yang bisa dipraktikkan. Banyak keuntungan memakai Adwords untuk mengiklankan produk atau jasa. Pengguna dapat menggaet banyak konsumen hingga omset bertambah dengan memanfaatkan fasilitas dari Google yang satu ini, lakukan strategi pemasaran yang tepat sasaran agar bisnis dapat berkemban pesat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.