cara memperbaiki speaker rusak
Photo by Josh Sorenson on Unsplash
in

6 Cara Memperbaiki Speaker Laptop Yang Mati

6 Cara Memperbaiki Speaker Laptop Yang Mati – Speaker menjadi salah satu perangkat hardware yang tidak bisa dipisahkan ketika kalian sedang menggunakan laptop. Ketika kalian membeli laptop baru, pasti speaker sudah terpasang sendiri. Karena speaker ini memiliki peran yang sangat penting. Terlebih lagi ketika kalian ingin memutar musik atau video, akan sangat terasa aneh jika kalian tidak menggunakan speaker.

Fungsi Dari Speaker

Speaker merupakan suatu hardware yang berfungsi untuk mengeluarkan pemrosesan yang dilakukan CPU dan mengeluarkan output berupa audio atau suara. Dalam ilmu komputer speaker memiliki fungsi sebagai alat pengubah gelombang listrik menjadi gelombang getaran yaitu berupa suara itu sendiri.

Masalah Ketika Speaker Laptop Mati

Tapi apakah kalian tahu apabila speaker laptop kalian mati ada beberapa masalah yang mungkin dapat merusak speaker laptop kalian. Antara lain:

1. Suara Speaker Terlalu tinggi

Apakah anda tahu menggunakan suara terlalu tinggi saat menggunakan speaker dapat merusak speaker loh. Karena dengan tingganya suara yang dihasilkan dapat merusak membran speaker. Dengan rusaknya membran ini dapat membuat suara speaker kalian terasa asing atau bahkan bisa terdengar cempreng. Jadi usahakan ketika kalian menonton video atau mendengarkan musik usahakan gunakan volume suara speaker kalian sesuai kebutuhan.

2. Ada Debu Di Speaker Kalian

Debu pada laptop kalian akan mempengaruhi kinerja membran pada speaker laptop kalian. Karena dengan banyaknya debu yang menumpuk di membran speaker dapat menghasilkan suara yang tidak bersih atau tidak halus. Jadi bersihkanlah laptop kalian secara berkala.

3. Terkena Benturan

Mungkin orang sudah tahu ketika laptop kalian terkena benturan. Bukan hanya speaker aja yang akan terkena dampak dari hasil benturan itu. Bahkan bisa merusak komponen yang lainnya. Jadi jagalah laptop anda dari benturan baik kecil atau besar.

Jadi berikut ketiga masalah ketika speaker laptop kalian mati. Ada banyak masalah yang dapat merusak speaker laptop kalian maka dari itu bijaklah ketika menggunakan speaker laptop kalian.

Cara Memperbaiki Speaker Laptop

Setelah kalian mengetahui masalah yang dapat merusak speaker laptop kalian. Kali ini Litetekno.com  memberikan 6 Cara Memperbaiki Speaker Laptop. Mungkin saja dengan artikel ini dapat menyelesaikan masalah pada speaker laptop kalian.

1. Instal atau Reinstall Driver Speaker

Solusinya yang pertama sangat simple kalian tinggal mencoba menginstal driver terbaru. Kalian bisa menginstalnya lewat DVD bawaan dari laptop atau situs resmi dari laptop yang kalian beli. Dengan cara ini mungkin saja dapat memperbaiki masalah kalian.

2. Cek Kondisi Default Speaker

Defaultnya speaker akan secara otomatis menyala. Akan berbeda lagi ketika kalian menyolokan perangkat luat seperti headset atau speaker eksternal. Karena biasanya speaker tidak akan kembali ke settingan defaultnya jadi untuk mengubahnya kalian hanya perlu ke Control Panel -> Hardware & Sound -> Sound terus pilihlah speaker yang berada di laptop kalian.

3. Cek Volume Speaker

Banyak orang yang mengira ketika suara kecil dari dalam speaker selalu diartikan bahwa speaker laptop rusak. Padahal kalian tinggal mengcek suara volume dan kalian hanya tinggal membesarkan suaranya itu. Jadi jangan lupa seringlah mengecek suara speaker agar tidak kesal sendiri.

4. Reinstall Driver Speaker Di Device Manager

Menginstall ulang biasanya dapat membuat speaker yang kalian mati bisa hidup lagi. Apabila masalah speaker kalian mati dan ketika kalian menginstall ulang driver speaker bearti speaker dalam laptop kalian memiliki driver lama. Dan dengan menginstall ulang driver ini dapat menghidupkan kembali speaker kalian. Jadi cobalah cara ini semoga bisa membantu kalian.

5. Service Laptop

Apabila dengan cara diatas speaker kalian masih saja tidak berfungsi semana mestinya. Alangkah bagusnya bawa laptop kalian ke tukang service laptop langganan kalian. Dan biarkan tukang service bekerja dengan semana mestinya dan kalian tinggal menggu jadinya saja. Mudah bukan?

6. Gunakan Speaker Eksternal

Apabila kalian malas membawa laptop kalian ke tukan service kalian bisa gunakan cara terakhir ini. Karena dengan cara ini terbilang mudah dan tidak mahal kalian bisa membeli speaker eksternal di toko komputer atau online shop.

Jadi berikut merupakan 6 Cara Memperbaiki Speaker Laptop Mati. Semoga saja dengan artikel ini dapat membuat speaker laptop kalian berjalan dengan semana mestinya. Dan jangan lupa untuk sering update konten-konten kita selanjutnya hanya di Litetekno.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0