aplikasi untuk menghafal al quran
in ,

6 Aplikasi untuk Menghafal Al-Quran secara Gratis!

Anjuran untuk menghafal Al-Quran bukanlah hal yang tabu untuk umat muslim. Kini, proses menghafal bisa dilakukan dengan bantuan teknologi. Terdapat aplikasi untuk menghafal Al Quran yang bisa didapatkan secara gratis. Di antara aplikasi tersebut yaitu sebagai berikut:

1. Al Quran Al Karim

Pertama, pengguna bisa menghafal Al-Quran melalui aplikasi Al Quran Al Karim. Salah satu aplikasi Android dengan suguhan berbagai fitur yang akan memudahkan pengguna. Fitur tersebut, mencakup ayat Al-Quran yang diterjemahkan ke berbagai macam bahasa. Tersedia fitur audio untuk tilawah.

Selain itu, dilengkapi dengan pengingat jadwal sholat, sehingga akan lebih tepat waktu. Penentuan arah kiblat pun bisa dilakukan secara mudah melalui aplikasi ini. Aplikasi Al Quran Al Karim memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Kapasitas memori pun tidak akan mudah terpenuhi.

2.  Al Quran Indonesia

Selanjutnya, aplikasi yang tidak kalah menarik untuk dicoba yaitu Al Quran Indonesia. Berbagai fitur yang disuguhkan akan memudahkan pengguna untuk bisa menghafal Al-Quran. Dukungan audio murottal akan membantu pengguna melafalkan ayat secara benar.

Selain itu, aplikasi untuk menghafal Al-Quran yang satu ini bisa menandai bacaan yang terakhir kali dibaca. Hal ini tentunya akan memudahkan pengguna menemukan ayat yang sebelumnya sudah dibaca.

3. Al-Quran al-Hadi

Untuk menghafal Al-Quran, pengguna juga bisa menggunakan aplikasi Al-Quran al-Hadi. Salah satu aplikasi yang didesain khusus untuk umat muslim. Melalui aplikasi tersebut, semua pengguna bisa membaca, mengkaji hingga menghafal Al-Quran.

Ayat-ayat Al-Quran disajikan dengan terjemahan yang lengkap. Artinya, setiap pengguna tidak hanya membaca ayat, tetapi juga memahami kandungan di dalam ayat tersebut. Penyajiannya yang tematik semakin mempermudah pengguna dalam mengaplikasikannya.

4.  iQuran Lite

Aplikasi untuk menghafal Al Quran lainnya yaitu iQuran Lite. Setiap pengguna akan disuguhkan fitur yang beragam guna membantu dalam menghafal Al-Quran. Dilengkapi dengan fitur tajwid berwarna yang disertai dengan cara pengucapannya yang tepat.

Selain itu, aplikasi iQuran Lite juga mendukung penerjemahan dalam bahasa Inggris. Aplikasi ini bisa didapatkan melalui Play Store. Ukurannya pun relatif kecil, sehingga tidak akan memenuhi kapasitas penyimpanan internal.

5. Quran for Android

Sesuai namanya, aplikasi ini didesain khusus untuk menyajikan Al-Quran secara digital. Aplikasi yang dikembangkan oleh Quran.com ini menyajikan beragam fitur menarik. Setiap fitur akan memudahkan pengguna dalam menghafal Al-Quran. Terdapat 15 tilawah yang bisa dipilih sesuai Qori yang diinginkan.

Setiap audio tilawah yang terdapat pada aplikasi bisa disimpan. Selanjutnya, pengguna bisa memutarnya melalui pemutar musik MP3 yang tersedia. Selain bisa mengenal tilawah yang beragam, maka secara perlahan ayat yang didengar pun akan dihafal secara benar.

6.  Qurán Kemenag

Kementerian Agama juga ingin mengikuti perkembangan teknologi. Salah satunya dengan menerbitkan aplikasi Qurán Kemenag. Salah satu aplikasi mushaf yang berstandar Rasm usmani. Aplikasi ini dilengkapi dengan teknik untuk menghafal Al-Quran. Inilah salah satu poin  dari kelebihan yang dimiliki Qurán Kemenag.

Melalui keenam aplikasi di atas, pengguna bisa belajar membaca, mengkaji hingga menghafal Al-Quran secara gratis. Setiap aplikasi pada dasarnya memiliki kelebihan tersendiri. Selanjutnya, pengguna memilihnya sesuai selera dan kebutuhan masing-masing.

Demikianlah ulasan terkait aplikasi untuk menghafal Al Quran. Mari senantiasa manfaatkan kecanggihan teknologi untuk hal-hal yang bermanfaat. Selanjutnya, proses menghafal Al-Quran harus dilakukan secara konsisten, sehingga hasilnya pun akan lebih maksimal. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.