aplikasi untuk membatasi penggunaan hp
in ,

6 Aplikasi untuk Membatasi Penggunaan HP agar Tetap Fokus!

Banyaknya aplikasi menyenangkan seperti aplikasi game dan sosial media, seringkali membuat penggunanya lupa waktu. Terlalu asyik berselancar hingga menelantarkan hal lainnya. Sehingga, aplikasi untuk membatasi penggunaan hp terkadang dibutuhkan.  Berikut beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa membantu membatasi penggunaan smartphone:

1. Offtime

Offtime bekerja dengan memblokir aplikasi-aplikasi yang membuat pengguna lupa waktu, seperti sosial media atau game. Pengguna dapat mengaktifkannya pada waktu-waktu tertentu ketika tidak ingin terganggu. Misalnya ketika sedang fokus untuk bekerja atau ketika sedang beristirahat.

Pengguna cukup menyetel waktu pemblokiran serta durasinya. Misalkan pada pukul 8 pagi hingga pukul 10 siang. Kemudian tentukan pula aplikasi apa saja yang akan di blokir. Pengguna bisa melakukan penyetelan otomatis untuk waktu-waktu pemblokiran yang rutin diperlukan.

Aplikasi dari mlNdCUBEd ini juga memungkinkan pengguna untuk melakukan pembatasan penggunaan aplikasi tertentu dalam satu hari. Serta tersedia catatan progress off time yang berhasil dilakukan.

2. Flipd

Dengan Flipd, pengguna bisa mengubah ponsel menjadi pengatur waktu serta pelacak produktivitas. FLipd akan ‘memaksa’ pengguna untuk tetap fokus melakukan kegiatan harian yang sudah ditentukan. MIsalnya waktu untuk bekerja atau belajar, waktu untuk tidur, refreshing, atau berolahraga.

Flipd akan mencatat progress pemanfaatan waktu yang berhasil dicapai oleh pengguna setiap harinya. Selain itu, pengguna Flipd bisa saling terhubung dengan pengguna lainnya. Antar pengguna dapat saling bersaing atau berbagi tantangan untuk mendapatkan peringkat ‘stay focus’ terbaik.

3. Morph

Aplikasi Morph dapat membuat smartphone terbagi beberapa mode yang pengguna buat. Misalnya mode home, mode work, berlibur, berolahraga, dan sebagainya. Pengguna dapat melakukan kustomisasi pembatasan aplikasi sesuai keperluan, atau membiarkan Morph melakukan pemilihan secara otomatis.

Morph hanya akan menampilkan satu mode yang pengguna pilih diwaktu tersebut. Dengan demikian aplikasi yang ditawarkan oleh Digital Wellbeing Experiments ini akan ‘memaksa’ pengguna untuk fokus, hanya melakukan kegiatan yang dijadwalkan saat itu.

4. Post Box

Post Box merupakan aplikasi untuk membatasi penggunaan hp, yang bekerja dengan menahan pengiriman notifikasi hingga waktu yang ditentukan. Pengguna dapat membuat pembagian waktu pengiriman notifikasi dengan durasi tertentu dalam satu hari.

Aplikasi dari Lab Materi ini membantu pengguna tetap fokus dengan hanya memunculkan notifikasi yang tepat di waktu tertentu. Misalkan pengguna menentukan post Sosial Media selama 3 kali sehari. Maka semua notifikasi aplikasi terkait akan ditahan dan hanya akan dikirimkan ketika waktu untuk bersosial media telah tiba.

5. Forest: Stay Focused

Sedikit berbeda, aplikasi Forest menawarkan cara yang unik dan lucu untuk membantu pengguna membatasi penggunaan ponsel. Ketika memasang aplikasi ini, pengguna dapat menanam benih pohon. Pohon ini akan bertumbuh semakin besar ketika pengguna berhasil untuk tetap fokus melakukan hal yang telah ditentukan.

Jadi misalkan pengguna sedang berusaha untuk tetap fokus bekerja, jalankan aplikasi ini dan tanamlah benih. Semakin lama pengguna membiarkan ponsel dan hanya mengakses aplikasi yang diperlukan, pohon akan bertumbuh semakin subur dan lebat. Jika gagal, pohon bisa mati.

6. Cheky

Terakhir dalam List ini, aplikasi Cheky dari Calm.com. Aplikasi ini membantu pengguna untuk melakukan pemantauan penggunaan ponsel. Cheky akan menghitung berapa kali pengguna mengecek HP dalam satu hari. Jadi pengguna bisa menyadari seberapa banyak waktu yang sudah dihabiskan dan menghentikannya.

Pengguna bisa menemukan banyak aplikasi untuk membatasi penggunaan hp di Google Play atau app store lainnya. Selain keenam aplikasi rekomendasi diatas, pengguna juga bisa mencoba aplikasi moment, Quality Time, atau StayOnTask yang juga bisa membantu pembatasan penggunaan ponsel dengan cara yang unik.

Leave a Reply