Penyebab Layar Laptop Mati Yang Wajib Diketahui
in

5 Penyebab Layar Laptop Mati yang Wajib Diketahui!

Laptop sering kali dipakai untuk menyelesaikan tugas – tugas penting dalam kuliah maupun kantor. Namun, ada kalanya saat sedang genting dan penting layar laptop tiba – tiba mendadak mati dan terpaksa harus me-restart ulang kembali dari awal. Pastinya file yang sudah terlanjur dibuat akan hilang tidak tersimpan. Penyebab dari matinya layar laptop pastinya bermacam – macam. Dibawah ini berikut 5 penyebab layar laptop mati dibawah ini :

1. Mainboard Bermasalah

mainboard

Hal utama yang sering dijumpai dari penyebab layar laptop mati terdapat pada mainboard-nya. Hal ini juga bisa disebabkan mainboard yang bermasalah, maka, upaya untuk melakukan perbaikannya pun sangat simple dan tidak harus dibawa ke tukang service. Dengan mengikuti langkah berikut, besar kemungkinan bisa teratasi dengan baik.

Langkah utama adalah melepas semua komponen yang terdapat didalam laptop yakni dvd, WiFi card, dan hardisk. Lalu, lap kotoran debu yang menempel pada semua komponen tadi termasuk mainboard. Setelah dibersihkan, pastikan untuk mengecek mainboard laptop adakah korsleting atau tidak.

2. RAM Bermasalah

ram

Hal semacam ini biasanya dilihat dari kondisi mesin yang terus menyala meski layar pada posisi blank. Biasanya, lampu indikator masih terlihat hidup, hanya saja layarnya yang mati. Jika demikian, maka segera cek kondisi RAM. Caranya adalah lepas RAM dan bersihkan. Setelah dibersihkan pasang kembali RAM. Pastikan posisi RAM terletak dengan benar. Jika sudah selesai dan layar tetap mati, sudah dipastikan RAM-nya rusak dan hendak diganti dengan yang baru.

3. Baterai Bermasalah

battery

Jika dilihat dari fungsinya, baterai laptop berfungsi sebagai penyimpan daya listrik yang mentransfer kekuatan untuk laptop agar tetap hidup. Bagaimana jika daya laptop kinerjanya sudah berkurang? Jalan satu-satunya yakni dengan menghubungkan laptop kepada adaptor.

Tunggu hingga baterai terisi dan setelah terisi nyalakan laptop. Bila semua itu sudah dilakukan tetapi layar masih saja mati, cobalah melepas baterai laptopnya dan pasang kembali lalu nyalakan laptop dengan syarat tetap menghubungkan adaptor ke listrik. Dan jika masih sama masalahnya dan tidak bisa dengan cara sendiri maka mau tidak mau untuk membeli baterai baru.

4. Adaptor Bermasalah

adaptor

Adaptor adalah perangkat pendukung yang sangat penting. Bilamana persediaan listrik kurang atau tidak ada sama sekali, sudah dipastikan laptop tidak bisa hidup. Dalam hal ini coba cek aliran listrik dari stop kontak yang digunakan. Bila memang aliran AVR tidak dapat terukur, cobalah untuk menyambungkan adaptor pada stop kontak  yang lainnya.

Hal utama yang perlu dilakukan adalah mengecek kabel adaptor. Biasanya ada kerusakan di kabel power dikarenakan kurang kehati-hatian pada saat menggunakan adaptor dan berakibat layar laptop mati.

5. Power Laptop Bermasalah

power

Penyebab lain yang menimbulkan layar menjadi hitam gelap yakni rusaknya salah satu komponen contohnya power laptop. Periksa tombol power laptop. Kemungkinan ada kerusakan laptop dikarenakan tegangan pada listrik yang tidak stabil  Saat melakukan charge laptop, biasanya terjadi input aliran daya listrik yang berbeda. Untuk membuatnya bisa menyala kembali, lepas charger laptop. Setelah itu, tekan tombol power sekitar 30 detik sampai daya laptop habis dan coba pasang  kembali charger laptop dan kemudian nyalakan.

Divatas adalah penjelasan dari penyebab layar laptop mati yang bisa dan mudah untuk dipraktikkan. Dengan mengetahui penyebab diatas perhatikan selalu komponen penting pada laptop dan jaga dengan baik agar terhindar dari kerusakan. Jika memang mengalami kerusakan, boleh dengan mengikuti cara diatas atau bawa langsung pada tukang service agar segera diperbaiki.

Leave a Reply