penyebab download lambat di playstore
in ,

5 Penyebab Download Lambat di Playstore yang Harus Diketahui

Play store adalah suatu aplikasi buatan Google yang disediakan untuk mengunduh aplikasi, buku, film, dan game. Google Play Store menjadi aplikasi bawaan hampir di semua hp dengan sistem operasi Android. Penyebab download lambat di Play Store sering menjadi misteri bagi pengguna, oleh karena itu artikel ini akan menjelaskannya dengan gamblang.

Mengunduh aplikasi adalah kegiatan menambah aplikasi yang dibutuhkan dan sebelumnya tidak ada di hp. Seiring berkembangnya zaman, aplikasi yang diciptakan oleh developer semakin beragam dan semakin memudahkan manusia dalam menjalankan aktivitas baik hiburan, pekerjaan, pendidikan, dan aktivitas lainnya. Berikut adalah penyebab lambatnya proses mengunduh di Play Store:

1. Koneksi Lambat

Seperti kegiatan online lainnya, koneksi adalah hal utama yang dibutuhkan ketika ingin mengunduh baik aplikasi, game, film, ataupun buku di Google Play Store. Saat ini banyak provider yang berlomba-lomba untuk menyediakan internet cepat untuk penggunanya. Namun, beberapa faktor menyebabkan koneksi internet lambat, diantaranya yaitu banyaknya pengguna, lokasi yang jauh dari tower pemancar, ataupun sedang hujan.

Selain provider ada juga wifi (wireless fidelity), wifi adalah teknologi yang menggunakan perangkat elektronik untuk proses pertukaran data tanpa kabel. Kelemahan wifi adalah hanya bisa digunakan di satu titik yang letaknya dekat dengan pemancar wifi.

Untuk mengatasi kelemahan wifi, saat ini telah tersedia mobile wifi atau sering disebut dengan mifi. Prinsip kerjanya juga sama dengan wifi. Namun mifi juga memiliki kekurangan, yaitu terbatas pada daya baterai yang harus diisi ulang ketika habis.

2. Internet Terputus

Saat ini internet menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Internet telah menjadi bagian erat bagi aktivitas manusia sehari-hari. Ketika internet terputus maka kegiatan mengunduh juga akan berhenti. Putusnya internet sendiri ada beberapa faktor.

Beberapa diantaranya adalah kuota habis jika menggunakan provider seperti Telkomsel, Three, IM3, ataupun XL. Jika menggunakan wifi maka yang dapat menyebabkan terputusnya internet adalah mati listrik. Faktor lain adalah error yang terjadi pada sistem penyedia layanan.

3. Fitur Auto Update

Google Play Store dilengkapi dengan fitur auto update atau pembaruan otomatis. Ketika hp dalam keadaan tersambung dengan wifi, maka aplikasi terpasang yang tersedia pembaruan akan secara otomatis melakukan pembaruan.

Ketika wifi terputus, maka proses update ini akan berhenti. Jika hp kembali tersambung dengan wifi, maka proses update akan kembali dilanjutkan. Kondisi ini menyebabkan proses download menjadi lambat atau bahkan tertunda. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menghentikan terlebih dahulu proses update aplikasi. Jika perlu, pengguna bisa mematikan fitur ini agar tidak mengganggu

4. Ukuran aplikasi besar

Penyebab download lambat di Play Store selanjutnya adalah ukuran file yang besar. Saat ini ukuran aplikasi yang tersedia di Google Play Store sangat beragam, mulai dari kecil hingga besar tergantung dengan fitur yang tersedia pada aplikasi dan grafik yang dibutuhkan.

Buku yang memiliki jumlah halaman yang banyak dan film dengan durasi lama juga pasti memiliki ukuran yang besar pula. Ukuran yang besar ini membutuhkan waktu unduh yang relatif lama pula. Apalagi jika koneksi internet yang dimiliki tidak stabil.

Aplikasi game yang membutuhkan grafik  yang tinggi bisa memiliki ukuran hingga beberapa GB. Beberapa game yang berukuran besar diantaranya adalah Life After, Republique, Honkai Impact, Ragnarok, dan PUBGM. Game-game ini juga biasanya terdapat file tambahan yang harus diunduh ketika proses install selesai.

5. RAM Hp Kecil

RAM (Random Access Memory) juga mempengaruhi kecepatan download. Apabila RAM kecil namun dipaksa untuk mengunduh aplikasi yang membutuhkan kapasitas besar, tentu kecepatannya akan lambat. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan clear cache.

Demikian adalah 5 penyebab download lambat di Play Store. Pengguna bisa menyesuaikan solusi dengan permasalahan yang dihadapi. Namun, perlu diketahui, selain kelima penyebab di atas, ada juga penyebab lain yang biasanya sering muncul. Untuk itu, pastikan memahaminya dengan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.