Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Hasil Scan Di HP
in ,

5 Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Hasil Scan Di HP

Teknologi dapat membantu masyarakat dalam memudahkan kehidupan di zaman sekarang, tidak terkecuali untuk pengetikan dan pengiriman berkas penting dalam bentuk software. Dalam hal ini juga muncul masalah baru soal penyimpanan dari handphone itu sendiri, maka dari itu ada solusi cara mengecilkan ukuran file pdf hasil scan di Hp. Berikut adalah 5 langkahnya:

1. Download Aplikasi Untuk Mengecilkan Pdf

Langkah untuk pertama cara mengecilkan ukuran file pdf hasil scan di hp ini sangat disarankan untuk mendownload aplikasi tersebut terlebih dahulu agar semakin mudah. Dalam tutorial ini akan memakai aplikasi iLovePDF sebagai contohnya. Jangan lupa download menggunakan Play Store agar lebih memudahkan, namun kembali ke opsional masing-masing.

Cara downloadnya juga terbilang mudah. Silahkan buka Play Store terlebih dahulu untuk pengguna perangkat Android. Tulis nama aplikasi tersebut untuk mencari pada bagian pencarian. Tekan download dan tunggu beberapa saat sampai aplikasi berhasil ter-install secara otomatis.

2. Lakukan Pengompresan Pdf

Pastikan terlebih dahulu apakah aplikasi sudah ter-download dan ter-install pada perangkat handphone terlebih dahulu sebelum lanjut ke-step ini. Silahkan buka aplikasi tadi sudah di-download dan pilih menu kompres pdf untuk mengecilkan file. Nantinya akan muncul beberapa file tersimpan pada handphone.

Koneksi internet dapat mempengaruhi proses, maka dari itu alangkah baiknya sebelum melakukan pengompresan pastikan koneksi internet stabil. Biasanya cara melihat koneksi internet baik atau tidak nya akan terlihat dibagian atas menu handphone. Semakin tinggi angka per-kbps atau mbps maka semakin bagus.

3. Pilih File yang Akan Di Kompres

Sekarang lakukan pemilihan file yang akan di kompres terlebih dahulu. File di handphone keseluruhannya akan muncul mulai dari penyimpanan eksternal, internal maupun Google Drive. Pilih saja sesuai kebutuhan, semisal file ada di penyimpanan internal langsung pilih saja file ada di internal tersebut.

4. Pilih Opsi File Pdf

Apakah sudah memilih file akan di kompres? Jika iya, silahkan lanjut pada step ini. Alangkah baiknya jika pengguna memeriksa ulang untuk memastikan apakah file akan di kompres sudah sesuai atau belum. Semisal jika ada file salah silahkan cari file mana sesuai akan di kompres dan lakukan sesuai step sebelumnya.

Pada step ini silahkan tekan kata “selanjutnya” nantinya akan muncul opsi yaitu kompresi ektrem dan kompresi rendah. Kompresi ektrem adalah kompresi akan benar-benar membuat file tersebut berukuran kecil sedangkan kompresi rendah adalah kompresi tidak semaksimal ekstrem. Sangat disarankan menggunakan kompresi ekstrem, namun pilih sesuai kebutuhan saja.

5. Tunggu Beberapa Saat

Sekarang hanya tinggal menunggu beberapa saat setelah semua step diatas dilakukan. Pada saat menunggu proses ini sebaiknya pastikan kembali apakah koneksi internet stabil? Jika belum silahkan cari WiFi terdekat atau cari sinyal terlebih dahulu. Proses dapat dipengaruhi oleh koneksi internet pada saat step ini.

Dalam step ini tidak memakan waktu begitu lama tergantung dari sinyal atau koneksi internet. Setelah selesai menunggu beberapa saat, file sudah berhasil menjadi ukuran kecil. Silahkan kirim kepada tujuan file tersebut jika memang file harus dikirimkan atau disimpan untuk diri sendiri agar kapasitas tidak penuh.

Itulah 5 step cara mengecilkan ukuran file pdf hasil scan di hp. Sebenarnya bisa menggunakan websitenya langsung, namun akan memakan waktu lebih lama karena harus membuka aplikasi serupa browser terlebih dahulu. Alangkah baiknya bisa disesuaikan saja mana lebih nyaman dan kebutuhannya.

Leave a Reply