Cara Memperbaiki Port Charger yang Rusak
in

5 Cara Memperbaiki Port Charger HP Yang Rusak

Handphone menjadi sangat dibutuhkan, baik untuk hal komunikasi maupun pekerjaan. Semakin lama serta seringnya penggunaan ponsel, menjadikan beberapa komponen pada HP memiliki kerusakan, terutama port pengisi di ponsel. Adapun cara memperbaiki port charger HP yang rusak juga beragam. Setiap cara pun bisa beragam tergantung di tingkat kerusakan port pengisi daya yang dipakai.

Masalah di konektor pengisi daya dapat diketahui saat gampang terlepasnya kabel serta pengisian daya begitu lama. Rusaknya port pengisi daya bisa terjadi ketika memakai charger yang bukan asli, usia pemakaian, maupun port HP yang kotor. Apabila port charger sudah mengalami kerusakan, beberapa cara ini dapat membantu memperbaikinya:

1. Atur Posisi Port Charger

Pengisian daya menggunakan charger tidak maksimal jika kabel mudah terlepas. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh posisi port charger yang tidak sesuai. Cara memperbaiki port charger HP yang rusak karena posisi yang tidak sesuai dapat dilakukan dengan mengatur ulang posisi port.

Pengguna dapat memakai jarum atau pun benda kecil lainnya. Geser konektor menggunakan jarum ke atas dan ke bawah. Lakukan hal tersebut sampai port charger kembali ke posisi yang tepat. Namun, harus dilakukan perlahan, karena port charger mudah patah.

2. Membersihkan Port Charger

Penyebab lainnya yang dapat membuat port charger bermasalah adalah kondisi port yang kotor. Port charger yang kotor dapat menghambat pengisian daya pada ponsel. Untuk mengatasi masalah ini, cukup bersihkan port charger menggunakan jarum kecil, kapas, atau pun benda lainnya yang dapat digunakan.

3. Mengganti IC Charger

Jika port charger diatur ulang dan dibersihkan, tetapi masih terjadi kendala pada port. Coba ganti IC charging yang terdapat pada HP. IC charging merupakan penghantar daya dari port charger menuju baterai.

Apabila komponen tersebut bermasalah, pengguna bisa mengganti IC charging saja. Untuk harga IC charger berkisar 50.000 sampai 200.000 rupiah. Adapun harga IC charger dengan biaya pemasangan berkisar 100.000 sampai 300.000 rupiah. Biaya tersebut dapat berbeda, sesuai dengan tipe ponsel yang akan diganti.

4. Mengganti Konektor

Selain IC pengisi daya, konektor pengisian daya juga dapat mengalami kerusakan, seperti patah. Port pengisi daya bisa patah karena HP terjatuh, tersenggol ketika pengisian daya berlangsung, serta penyebab lainnya. Jika sudah patah, konektor harus langsung diganti agar pengguna tetap bisa melakukan pengisian daya.

Apabila pengguna akan mengganti konektor langsungnya saja, kisaran harganya hanya 3.000 sampai 15.000 rupiah. Mengganti konektor lebih baik dilakukan oleh penyedia layanan servis ponsel, untuk menghindari kerusakan konektor maupun komponen lainnya.

5. Ganti PCB

Sama halnya seperti port pengisi daya, apabila PCB mengalami kerusakan, maka PCB bisa dicek terlebih dahulu oleh ahlinya. Jika PCB mengalami kerusakan parah, seperti ada bagian hangus, besar kemungkinan PCB perlu diganti.

Untuk harga mengganti PCB masih lebih murah daripada mengganti IC pengisi daya, yaitu berkisar 10.000 sampai 75.000 rupiah. Tentu saja harga tersebut berbeda pada setiap tipe ponsel yang akan diganti. Silahkan cari di toko online, bisa di Tokopedia, Lazada, atau pun Shopee.

Nah, itulah tadi cara memperbaiki port charger HP yang rusak. Pada dasarnya perbaikan port charger dapat dilakukan sendiri ataupun oleh orang ahli, seperti penyedia jasa servis HP. Biaya perbaikan pun beragam, mulai dari yang mudah dan murah, sampai membutuhkan biaya cukup menguras kantong. Oleh karena itu, gunakan aksesoris HP asli dan rawat ponsel dengan baik, sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu lama serta HP tidak mudah rusak.

Leave a Reply