cara memperbaiki panel lcd toshiba
in

5 Cara Memperbaiki Panel LCD Toshiba Sendiri di Rumah

Peralihan dari TV tabung ke LCD yang terlihat lebih modern membuat TV jenis ini jadi pilihan. Merk Toshiba adalah salah satu yang jadi favorit. Namun, ternyata dengan segala kecanggihan yang ditawarkan, kerusakan pada panel LCD juga masih jadi kendala. Sedangkan tidak semua orang akan tahu cara memperbaiki panel LCD Toshiba sendiri.

Hal seperti inilah yang pada akhirnya menyebabkan banyak orang lebih memilih untuk langsung mengganti LCD pada televisi yang mengalami kendala. Padahal perbaikan seperti ini masih bisa dilakukan secara mandiri dengan hati-hati dan mengikuti prosedur yang ada. Lalu bagaimana cara memperbaiki panel LCD dengan merk Toshiba yang rusak? Berikut ulasannya:

1. Matikan Aliran Listrik pada Televisi

Memastikan keadaan televisi dalam keadaan sudah mati dan tidak terhubung dengan aliran listrik adalah cara pertama yang harus dilakukan. Hal seperti ini selain untuk menjaga keselamatan juga bisa mengurangi terjadi konsleting pada saat televisi akan diperbaiki.

2. Periksa Keadaan LCD dan Panel

Tahap selanjutnya setelah semua aliran listrik pada televisi dimatikan adalah cek keadaan LCD dan panel penghubung yang ada pada komponen dalam televisi. Pastikan apakah ada komponen pada LCD yang menjadi kendala dan perlu diperbaiki, jangan lupa pastikan juga jalur panel yang menghubungkan dengan LCD. Perhatikan serta pastikan juga bahwa FCP dan column tidak terbakar saat panel LCD akan dibuka.

3. Lakukan Pemotongan Jalur

Langkah selanjutnya untuk bisa memperbaiki TV LCD Toshiba adalah melakukan pemeriksaan pada tegangan IC Power Tcon. Pastikan tegangan ini berada pada batas normalnya. Apabila tegangan pada IC sudah diperiksa maka, selanjutnya adalah melakukan pemotongan jalur yang terhubung pada FCP atau panel.

Pengguna bisa melakukan pengujian kembali pada LCD setelah pemotongan jalur selesai dilakukan. Pengujian ini bisa dilakukan dengan cara mengukur daya tegangan yang terjadi pada saat TV menyala. Hasil antara 21 atau kurang lebih 24V adalah hasil yang konstan. Jangan sampai melebihi atau kurang dari waktu yang sudah ditentukan sebab akan berisiko tinggi.

4. Lakukan Jumper

Apabila setelah diperiksa dan ternyata garis masih muncul maka, cara memperbaiki panel LCD Toshiba selanjutnya adalah melakukan jumper r 10 ohm pada out IC power serta pada panel yang sebelumnya telah dipotong. Hal ini bisa dilakukan setelah pengguna melakukan pengecekan pada layar LCD setelah sebelumnya dilakukan pemotongan jalur panel.

5. Kembali Uji Coba

Melakukan uji coba setiap kali selesai melakukan proses perbaikan adalah satu hal yang wajib dilakukan saat memperbaiki barang elektronik, tidak terkecuali pada LCD bermerk Toshiba TV. Lakukan pengecekan kembali pada layar LCD yang telah diperbaiki dan telah melakukan jumper pada out Ic power dan panel.  pastikan benar-benar aman.

Hal ini dilakukan supaya pengguna tahu apakah keadaan LCD yang sebelumnya bergaris, sudah kembali normal atau belum. Cara memastikan LCD sudah kembali normal lainnya adalah melakukan pengecekan pada FCP. Pastikan bahwa panel tidak ada yang terbakar saat jumper dilakukan. Apabila panel terbakar saat jumper dilakukan maka, sudah bisa dipastikan bahwa kerusakan pada LCD sudah parah.

Nah, begitulah cara memperbaiki panel LCD Toshiba saat muncul garis pada layar televisi. Proses perbaikan tersebut terbilang merupakan satu solusi yang bisa dilakukan saat LCD mengalami kerusakan pada jalur FCP. Catatan yang harus diingat saat pengguna ingin memperbaiki kerusakan pada televisi adalah pastikan terlebih dahulu komponen yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published.