cara memperbaiki kartu sd yang rusak
in ,

Gak work!Gak work! Mantap!Mantap!

5 Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak dengan Mudah

Seringkali orang mengalami kartu SD yang rusak pada smartphone. Tapi sebaiknya jangan terburu-buru untuk menggantinya karena bisa saja kartu SD tersebut diperbaiki dengan mudah oleh sendiri. Seperti yang kalian tahu bahwa kartu SD merupakan perangkat external pada smartphone untuk menambah penyimpanan file pada perangkat. Meskipun kartu ini banyak manfaatnya, tapi bila penggunaannya yang kurang tepat bisa menyebabkan kartu SD tersebut cepat rusak. Oleh karena itu diharuskan untuk menjaganya agar tetap aman. Bilamana rusak, kamu bisa coba perbaiki sendiri sebelum menggantinya dengan 5 cara memperbaiki kartu SD yang rusak di bawah ini.

Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak

1. Dengan Merestart Smartphone

Kemungkinan pertama, alasan kartu SD rusak atau tidak terbaca adalah karena masalah pada sistem di smartphonenya. Hal ini bisa terjadi ketika pengguna melakukan pengisian daya pada smartphone terlalu lama yang menyebabkan ketika smartphone dinyalakan kartu SDnya tidak terdeteksi.

Cara mudah untuk mengatasi hal ini tentukamu coba untuk merestart kembali smartphonenya. Namun tips untuk merestartnya ialah mematikan smartphonenya terlebih dahulu dan mencabut kartu SD beberapa saat. Dan kemudian pasang kembali kartu SD lalu nyalakan smartphonenya.

2. Dengan Menggunakan Smartphone Lain

Cara memperbaiki kedua mungkin bisa dicoba dengan memasang kartu SD tersebut pada smartphone yang lain untuk mengetahui apa kerusakannya.

Dengan menggunakan smartphone lain, mungkin saja bisa diketahui penyebab alasan kartu SD tersebut rusak. Kemungkinan pertama adalah pada smartphone sendiri atau juga kartu SDnya sudah mengalami kerusakan kecil yang hanya bisa diakses melalui HP tipe lain karena tidak kompatibel.

Bila kartu SD bisa diakses pada smartphone lain, berarti kerusakannya adalah pada smartphone yang dipakai.

3. Dengan Menyambungkan pada PC atau Laptop

Cara ketiga ini mungkin sering dilakukan oleh kebanyakan pengguna. Alasannya karena proses deteksinya lebih efektif. Serta proses resolve pada kartu SD nya lebih mudah lagi. Langkah-langkah untuk memperbaiki kartu SD melalui PC adalah sebagai berikut.

  • Pasang kartu SD ke perangkat smartphone atau card reader lalu hubungkan pada PC.
  • Ubah mode dari Media Transfer Mode (MTP) menjadi mode Mass Storage Mode (MSC) bila menghubungkan menggunakan smartphone.
  • Kemudian buka aplikasi Explorer pada PC dan klik kanan pada drive kartu. Biasanya drive kartu SD bernama F atau G
  • Kemudian setelah klik kanan, pilih Properties > Tools > Error Checking dan tunggu prosesnya sampai selesai.
  • Apabila telah selesai pengecekan, silahkan cek pada smartphone apakah kartu SDnya sudah kembali normal tau belum.

4. Dengan Membersihkan Fisik Kartu SD

Cara keempat yakni dengan membersihkan fisik kartu. Kemungkinan kartu SD tidak dapat diakses adalah kartu SD yang telah kotor pada lempengan emasnya sehingga sulit untuk dibaca pada smartphone. Hal ini bisa terjadi apabila keseringan mencabut pasang kartu SD.

Kamu bisa membersihkan fisik kartu dengan kain kering yang bersih ataupun bisa menggunakan tisu kering. Ada pula dengan alat lain seperti penghapus karet yang bersih untuk mengangkat debu dan kotoran pada lempengan emas pada kartu.

5. Dengan Memformat Kartu SD

Cara terakhir adalah dengan memformat kartu SD bila keempat cara di atas masih tidak bekerja. Ini adalah jalan satu-satunya untuk bisa memperbaiki kartu SD. Penyebabnya adalah karena terdapat virus pada kartu SD yang menyebabkan kartu SD menjadi tidak terdeteksi di File Manager.

Cara memformat kartu SD sebagai berikut:

  • Pasang kartu SD pada smartphone.
  • Buka menu Setting > Storage/Penyimpanan > Portable Storage
  • Pilih kartu SD kemudian pilih opsi Storage Settings > Format > Erase & Format
  • Tunggu hingga proses selesai kemudian cek apakah kartu SD sudah kembali normal atau belum.

Hal yang terjadi pada kartu SD yang menyebabkan rusak sebenarnya sudah menjadi hal biasa. Karena produk elektronik memiliki jangka waktunya. Jadi bilamana kartu SD tersebut sudah aktif bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun, tentu tidak heran bila kartu SD tersebut terjadi kerusakan.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0