Cara Memperbaiki Changer HP Yang Lama Mengisi Daya
in

5 Cara Memperbaiki Changer HP Yang Lama Mengisi Daya Serta Alasan Kerusakannya

Keberadaan alat elektronik, terutama ponsel kini semakin menjamur.  Agar alat elektronik, termasuk HP bisa bekerja, sudah pasti sejumlah daya dibutuhkan. Oleh karena itu ketika baterai sudah terkuras maka dengan segera pengguna harus melakukan pengisian daya. Namun, banyak kasus dimana charger HP sangat lambat dalam pengisian daya. Lalu bagaimana cara memperbaiki changer HP yang lama mengisi daya serta alasan kerusakannya? Simak ulasan berikut :

1. Cek Segera Tegangan Listrik

Changer HP yang lama mengisi daya bisa jadi dikarenakan adanya tegangan yang menurun pada listrik rumah. Walaupun penurunan tegangan mungkin merupakan hal biasa dan wajar jika terjadi. Namun jika sudah melebihi batas normal atau sekitar dibawah 10% maka hal ini bisa berpengaruh pada lambatnya pengisian daya di HP. Apabila permasalahan karena sumber tersebut, maka cara memperbaiki changer HP yang lama mengisi yaitu dengan pengguna menambahkan Stabilizer Voltage yang dipasang pada stop kontak yang digunakan untuk mengisi daya HP tadi.

2. Coba Untuk Memperbaiki Kabel Charger

Salah satu yang bisa menjadi indikasi kerusakan charger HP sehingga lama dalam pengisian daya adalah adanya kerusakan pada kabel charger. Ada banyak penyebab kerusakan tersebut misalnya saat kabel mengalami patah dimana letak patahnya ada dibagian dalam. Selain itu bisa juga USB ataupun colokan pada kabel charger putus maupun kendur. Hal tersebut sangat berpotensi mengurangi kecepatan dalam pengisian daya.

Untuk itu pengguna bisa mengatasinya dengan cara memeriksa dibagian tersebut secara langsung, sehingga bisa dengan mudah dipastikan apakah kabel terputus, tertekuk hingga longgar. Jika sudah ditemukan akar permasalahannya dan ternyata memang terjadi kerusakan maka bisa dengan menggantinya dengan kabel baru  Namun, jika kondisi masih bagus maka bisa disiasati dengan memodifikasi kabel dengan cara menambah kabel bagian dalamnya.

3. Memeriksa Bagian Adaptor

Berkurangnya tegangan yang terjadi pada adaptor bisa menjadi salah satu penyebab charger lambat dalam pengisian. Secara normal adaptor akan memiliki tegangan keluaran yang jauh lebih besar dari pada baterai. Apabila terjadi sebaliknya, performa charger HP ketika pengisian berlangsung bisa terganggu.

Untuk itu cara mengatasinya bisa dengan memastikan tegangan pada adaptor tersebut. Pengguna bisa mengeceknya degan menggunakan volt meter DC. Usahakan pengecekan dilakukan saat HP tengah diisi dayanya. Hal tersebut dilakukan mengingat saat HP tidak di-charge tegangan terlihat normal dan tidak mengalami kendala.

4. Membersihkan Port Charger Pada Ponsel Secara Berkala

Adakalanya berkurangnya kecepatan pengisian daya karena lubang charger pada HP yang kotor. Kondisi port charger ini tidak bisa disepelekan. Para pengguna harus mengecek dan membersihakannya secara rutin, misalnya 2 minggu sekali. Untuk membersihkannya cukup dengan kain kering ataupun sikat kering yang lembut. Selain itu pastikan juga tidak mengecas HP dalam keadaan sambil digunakan. Hal ini juga akan memperlambat proses pengisian daya.

5. Fitur Fast Charging Yang Tidak Tersedia

Lambatnya proses pengisian daya pada HP juga bisa disebabkan  karena HP yang digunakan tidak memiliki fitur fast charging. Walaupun demikian kebanyakan HP keluaran terbaru telah dilengkapi dengan fitur ini, Namun, hal ini sebenarnya tidak terlalu bermasalah, pasalnya keberadaan fitur ini juga akan sangat bergantung pada beberapa komponen lain seperti adaptor maupun kabel data.

Demikian itu beberapa cara memperbaiki changer HP yang lama mengisi daya. Selain itu juga dipaparkan berbagai alasan ataupun faktor pemicu kerusakan tersebt. Sehingga diharapkan pembaca juga akan menghindari penyebab kerusakan  dan bisa menggunakan charger HP dengan baik. Jadi, tidak perlu panik saat charger HP terkendala.

Leave a Reply